December 29, 2012


Cara Menggunakan Moderasi Komentar Di Blog, itulah beberapa pertanyaan yang sering kita temukan atau muncul saat pertama kali kita membuat blog. Ya itu sudah tentu pasti karena di dalam menggunakan sebagian fitur yang telah disediakan oleh blogger pada menu setelan dashbor kadang membingungkan kita bagaimana menggunakannya. Oleh sebab itu tidak salah apabila pertanyaan itu muncul disebagian kalangan pengguna platform blogspot, terutama bagi teman-teman yang belum tahu dalam hal ini. Walaupun demikian perlu anda ketahui KF bukan master di dalam dunia blogging tetapi semua yang KF ketahui lebih dulu akan KF sampaikan kepada anda dengan senang hati.


Sebelum anda melakukan pengaturan lebih lanjut pada tab setelan komentar, perlu juga anda ketahui kenapa sebagian pengguna blog selalu mengaktifkan moderasi pada komentar bahkan tidak sama sekali di blog?. Sebagian pengguna blogspot menerapkan cara ini, dimana jika anda berkunjung sewaktu anda memberikan komentar atau tanggapan pada artikel yang anda baca setelah itu komentar anda akan diterbitkan melalui menunggu persetujuan dari pemilik blog itu sendiri. Tetapi kadang pada blog tertentu tidak menggunakan cara ini untuk mempermudahkan pengunjung memberikan komentar, karena ada pengunjung yang lebih suka memberi komentar pada blog yang tidak menggunakan moderasi komentar dan itu tergantung setelan yang dilakukan oleh admin karena mereka punya alasan tersendiri


Alasan kenapa perlu menggunakan moderasi komentar di blog?


Menurut saya alasan yang sangat masuk di akal atau dalam arti logis pemilik blog menggunakan moderasi komentar untuk mempermudah melakukan control apabila pemilik blog menemukan komentar spam, kritikan dan lain sebagianya. Sehingga apabila anda menggunakan moderasi komentar, anda berhak menolak semua komentar untuk tidak diterbitkan jika menurut anda komentar tersebut hanya akan merugikan anda sebagai pemilik blog. Bukankah begitu?


Untuk menggunakan setelan moderasi komentar di blog, anda dapat mengikuti menyelesaikan langkah-langah dibawah ini secara berurutan :


1.  Pastikan anda sudah masuk terlebih dulu pada blog blogger.


2.  Klik menu tab setelan/pengaturan pada halaman dashbor.


3. Klik pos dan komentar, lalu pilih moderasi komentar pada opsi tersebut terdapat 3 pilihan yaitu Selalu, Kadang-kadang dan Tidak Penah


4. Dengan memilih opsi Selalu, anda akan diberi pilihan untuk memasukkan email maksudnya disini, setelah memasukkan email anda dapat moderasi komentar melalui email. Namun demikian apabila tidak mengisi email dalam kotak, apapun setelan yang anda pilih anda dapat selalu memoderasi komentar melalui antar muka blogger. Pilih opsi Kadang-kadang untuk entri yang lebih lawas selama jangka waktu yang ditentukan selama 14 hari. Anda dapat merubah 14 hari sesuai keinginan dengan tetap memasukkan email atau tidak. Memilih opsi Tidak pernah setiap komentar oleh pengunjung blog tidak selalu dimoderasi oleh anda tanpa menunggu persetujuan di terbitkan komentar tersebut, dengan menggunakan cara ini berarti setiap komentar yang masuk akan sebebasnya bisa melakukan komentar spam dan lain sebagainya.


5. Klik tombol simpan yang berada sebelah atasnya. Selesai.


Jika anda memilih opsi Selalu dan Kadang-kadang untuk moderasi komentar, seluruh proses bisa menggunakan email jika anda telah memasukkan email pada kotak isian (Kirim email permintaan moderasi ke). Jadi di setiap email tujuan pemberitahuan komentar masuk sudah terdapat atau berisi tautan “Publikasikan dan Tolak”, serta tautan moderasi komentar ke laman moderasi utama blog. Dengan demikian pada laman tautan komentar utama blog disitu anda akan menemukan seluruh komentar pada laman menunggu moderasi mulai dari nama pemberi komentar dan waktu pembuatnya. Setelah itu anda tinggal mengklik atau memberi ceklis pada kotak untuk setiap komentar disampingnya, lalu tinggal menentukan komentar yang mahu di publikasi, hapus atau menandai sebagi spam.


Perlu anda ketahui pada daftar laman menunggu moderasi, tidak termasuk nama komentar yang di buat oleh Admin atau pengguna blog itu sendiri atau daftar anggota yang termasuk dalam menggunakan blog anda sebagai admin. Misalnya pada satu blog terdapat 2 (dua) pengguna atau lebih. Untuk itu sebagai keperluan jika anda ingin menambahkan admin sebagai pengguna dalam satu blog anda bisa membaca artikel yang pernah saya terbitkan dengan judul Cara Mengganti Akun Blogger


Selamat Mencoba. Sekian dan Terima Kasih.
Salam...

Posted by : Kraeng Francisco | Tuturial Blog | Tips and Trik Komputer | Tips and Trik Internet | SEO

Artikel Cara Menggunakan Moderasi Komentar Di Blog diposting oleh Kraeng Francisco pada December 29, 2012. Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar.. Jika diperlukan Artikel ini bisa disebarluaskan melalui blog sobat, dan atau mohon sebutkan sumbernya dengan tautan link aktif ke postingan ini atau letekkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Terima Kasih. Salam...


Artikel Terkait

11 comments:

  1. Di blog saya, saya beri moderasi sob.. Takut ada spammer

    ReplyDelete
  2. Moderasi blog memang sangat perlu di aktifkan sob untuk mengurangi komentar SPAM...

    ReplyDelete
  3. mlm bos. heheheh klu menurut kami'y genk suka2 yang punya hahahah. soal nya aq gk tau apa itu spam bos jdi biarkan aja mau spam ata ap yng pnting masih di atasi. itu prbadi aq bang tau yang lain wkwkwk.

    ReplyDelete
  4. mantap..sebagai pemula sangat bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok, Terima kasih dan silahkan menerapkannya apabila diperlukan sesuai kebutuha sobat pada blog yang sobat kelola.

      Salam...

      Delete
  5. saya tidak menerapkan moderasi komentar,tapi bukan berarti saya cuek pada komentar spam :)
    makasih infonya sob,salam sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sobat...hal tersebut yang harus kita terapkan walupun tidak memasangnya, tetapi perlu diperhatikan.

      Terima kasih...

      Delete