March 6, 2013


Untuk melindungi akun google agar lebih aman aktifkan verifikasi 2 langkah dan hal tersebut merupakan cara yang paling bagus untuk diterapkan. Dimana ketika kita baru membuat akun untuk menggunakan layanan milik google, walupun kita memiliki sandi yang unik, tetapi hal tersebut tidak selamanya aman, dengan kata lain keunikan kata sandi belum tentu dijamin 100% terlindung dari program jahat.

Dan sehingga dengan menggunakan verifikasi 2 langkah, setiap kali kita masuk pada salah satu layanan milik google seperti gmail. blogger, google plus dan lain sebagainya akan diminta memasukkan kode verifikasi yang lansung dikirim pada ponsel berupa teks dan panggilan suara.

Dalam arti selain kata sandi yang unik juga dilapisi oleh sebuah kode verifikasi, jadi program jahat apapun yang mencoba masuk ke layanan google dengan akun milik kita, tanpa ia memegang ponsel kita tidak akan bisa, karena setiap kali masuk kode verifikasi tersebut tetap terkirim pada Nomor Telepon yang kita gunakan.

Jadi silahkan tentukan pilihan anda mulai sekarang, apabila ingin menggunakan verifikasi 2 langkah untuk keamanan akun anda. Bagi yang ingin menerapkan cara tersebut, silahkan ikuti uraian dibawah ini secara berurutan :

1. Masuk terlebih dulu ke akun google anda seperti gmail.
2. Setelah itu buka Setelan Google Akun.
3. Klik menu Keamanan, lalu klik Setelan pada status verifikasi 2 langkah.


4. Pada halaman berikut akan diminta, memasukkan ulang kata sandi. Ketik kata sandi anda dan klik tombol Masuk.
5. Setelah masuk/login kembali pada langkah selanjutnya masuk dengan verifikasi 2 langkah > klik tombol Mulai Penyimpanan.


6. Kemudian akan diminta memasukkan kembali sandi anda.
7. Selanjutnya siapkan ponsel anda, masukkan no telepon yang akan dikirim untuk proses verifikasi > pilih cara pengeriman kode berupa teks untuk mempermudah > klik tombol kirim kode.


8. Pada tahap berikutnya, ketik atau masukkan kode verifikasi yang dikirim ke ponsel pada kotak verifikasi, lalu klik tombol verifikasi. Perlu diingat jangan sampai kode verifikasi berkurang dari 6 digit, yang anda ketik.


9. Untuk meyakinkan pada komputer pribadi setiap kali anda masuk, saat lupa membawa ponsel ditempat kerja atau lainnya, jangan hilangkan tanda ceklis pada kotak dan lansung klik Berikutnya.


10. Lalu klik tombol konfirmasi untuk mengaktifkan verifikasi 2 langkah.


11. Apabila telah selesai, untuk selanjutnya lagi masukkan ulang kata sandi dan jika telah aktif anda akan menemukan halaman berikutnya seperti pada gambar dibawah.


12. Cek kotak masuk email anda, untuk informasi penting verifikasi 2 langkah, dalam kotak masuk tersebut sudah terdapat petunjuk untuk setelan lebih lanjut.

Perlu diketahui mengaktifkan kode verifikasi hanya dapat digunakan pada komputer, apabila anda menggunakan aplikasi lain seperti ponsel, maka perlu juga mengaktifkannya ketika anda ingin mengecek pesan dan lain sebagainya menggunakan gmail seluler. Anda bisa melihat dengan mengarahkan Scroll kebawah untuk aktifasi pada Sandi Khusus Aplikasi dan silahkan bereksperimen sendiri, karena disitu sudah terdapat petunjuk yang lengkap.

Sebagai informasi tambahan, bagi yang beraktifitas online diponsel menggunkan Free Zone, tidak akan bisa mengakses layanan ini, apabila telah mengaktifkan verifikasi 2 langkah. Kemudian untuk keperluan lain seperti menambahkan nomor telepon cadangan dan kode cadangan yang dapat dicetak, perhatikan gambar seperti pada langkah ke 11 disitu sudah terdapat petunjuk untuk dipelajari lebih lanjut.

Selamat mencoba.
Salam...

Posted by : Kraeng Francisco | Tuturial Blog | Tips and Trik Komputer | Tips and Trik Internet | SEO

Artikel Mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah Untuk Akun Google diposting oleh Kraeng Francisco pada March 6, 2013. Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar.. Jika diperlukan Artikel ini bisa disebarluaskan melalui blog sobat, dan atau mohon sebutkan sumbernya dengan tautan link aktif ke postingan ini atau letekkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Terima Kasih. Salam...


Artikel Terkait

18 comments:

  1. bukannya malah ribet neh kang, klo musti nunggu sms dulu sebelum buka email dll? mungkin klo udah ada indikasi akun akan di jahati, baru praktekin verifikasi ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya benar, sebelum menerapkan trik diatas sebaiknya dipertimbangkan terlebih dulu, karena memang sedikit membuat kita menunggu sms masuk yang terkirim ke ponsel, tetapi tidak begitu lama seperti biasanya kita mengirim dan menerima sms.

      dan mungkin ada diantara sekian pengguna ada yang sering mengalami masalah tersebut setidaknya perlu dicoba trik yang dimaksudkan, untuk menjaga kemungkinan terjadi secara terus menerus.

      Ok lanjut Kang dan Terima kasih kunjungan dan tanggapan atas artikel ini.
      Salam....

      Delete
    2. saya juga aktifin verifikasi akun google, saya selalu dikasih 2 pilihan, verifikasi via email atau ponsel. Emang terkesan ribet, tp itu membuat akun kita lebih aman...

      Delete
  2. Ada bagusnya juga cara ini ya kan bang asal sesuai kebutuhan,kalau bagi yang suka akan KEAMANAN tentu sangat bermanfaat tapi bagi yang tidak suka akan privasi tips ini bikin ribet..jadi intinya GOOGLE memberikan pilhan buat kita untuk dipilih MANA SIH YANG KAMU MAU COY..hahahyyyy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sependapat sobat...intinya perlu mencoba supaya tahu.

      Salam....

      Delete
  3. Kebetula saya sudah terverifikasi google nih. Dan seingat saya, saya diminta verifikasi 2 kali sejak saya menggunakan produk google. Kenapa ya kira-kira, kok bisa 2 kali? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jujur saya tidak pernah mengalami hal tersebut, jadi saya belum bisa membantu sebelum saya sendiri mengetahui penyebabnya.

      Terima kasih.

      Delete
  4. selamat Pagi sobat Kraeng Fransisco...saya juga menggunakan cara ini, pertama menggunakan verifikasi 2 langkah ini memang membuat saya repot, tapi lama kelamaan terbiasa juga, dengan adanya verifikasi 2 langkah ini akan membuat akun google kita lebih Aman lagi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, benar saya juga merasakan demikian awalnya sob...dan setelah membaca semua informasi dari google ternyata ada nilai plus menurut saya sehingga, artikel inipun sengaja diterbitkan siapa tahu pasti ada yang membutuhkan demi kenyamanan akun google yang dimiliki.

      Delete
  5. met pgi mas. bener juga mas solanya sekarang banyak orang2 yang iseng suka jahil. kalu adanya tip ginian pasti lebih aman ya mas. mau gak mas kopi kalu mau ntar kembalikan'y mas gelasnya heheheh met aktifitas mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhhh benar sekali mas Brebes.....mengingat hal tersebut, setidaknya kita perlu menerapkan cara yang dimaksud.

      Delete
  6. meskipun lebih ribet tapi ini cara terbaik spya lebih aman
    tutornya bermanfaat bnget bisa diterapin, thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya saya sependapat mas....Terima kasih kembali untuk komentarnya pada artikel ini.

      Delete
  7. saya juga sudah make verifikasi ini mas....
    buat dobelin sisitem keamanan akun ya mas hehe... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus itu mas budi, lebih aman ya rasanya hehehe.....

      Delete
  8. Tips Yang Sangat Bermanfaat, jadi teringat waktu Akun Saja Kena Bajak, Namun setelah Kejadian itu Akun Gmail saya yang baru di Amankan dengan Cara Yang Kraeng ulas Di atas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata sobat pernah mengalaminya, ia sob memang sangat penting sekali menggunakan verifikasi 2 langkah dalam hal tersebut, mengingat kejadian2 yang telah terjadi.

      Delete
  9. Artikel yang sangat bermanfaat admin..
    Tapi saya bingung mau aktifkan vertifikasi ini atau tidak!
    Karena, security ini cukup membuat ribet kalau mau login tapi tidak bawa nomor yang dimasukan pada saat vertifikasi..
    Tapi kalau yang mau kemanan nya ditingkatin sangat cock sekali dengan fasilitas ini, hanya saja agak membuat ribet pengguna..

    ReplyDelete