August 14, 2012

Sementara menjalankan computer mungkin anda pernah mengalami harddiks bad sector tanda-tanda harddiks bad sector diantaranya : pc atau laptop sering hang atau blue screen saat menjalankan aplikasi seperti game atau program lainnya, komputer menjadi lambat karena kesulitan dalam membaca dan mengakses data dari hard disk, komputer tidak bisa booting lagi,   sistem operasi mulai crash lebih sering dan menjadi kurang responsif. Perlu diketahui bahwa, itu tandanya sebagian dari kepingan harddiks anda rusak atau tidak berjalan dengan normal.

Penyebabnya utama HDD bad sector adalah sebagai berikut :  

1. Sering mematikan PC atau laptop dengan menekan lansung pada tombol power tanpa shutdown.  
2. Daya arus listrik dari PLN terputus secara tiba-tiba ( di anjurkan memakai UPS dengan maksud jika arus listrik dari PLN terpustus masih mempunyai daya yang tersimpan untuk di shutdown dengan benar.
3. Voltage dari travo tidak stabil dan suka drop.   
4. Power Suplay (PSU) tidak mampu memberi daya yang cukup pada HDD.
Menanggapi salah satu pertanyaan dari teman saya melalui facebook seperti ini “Sobat bagaimana cara memperbaiki harddik yang terkena bad sector?” untuk menjawab pertanyaan tersebut, berhubung keadaan tempat tinggal kami jauh antara Jember dan Flores tercinta ini, saya tidak bisa menangani secara lansung. Oleh karena itu berdasarkan pengalaman saya, Cara Mengatasi Harddiks Bad sector antara lain dengan menggunakan software HDD Regenerator.

Sebelum melangkah lebih jauh pasti anda bertanya, apa itu HDD Regenerator?

HDD Regenerator adalah solusi yang tepat untuk membantu memperbaiki Hard Disk Drives, yang menyimpan semua informasi didalamnya. HDD Regenerator akan melakukan perbaikan dalam memulihkan semua bad sector pada permukaan Hard Drive Disk untuk digunakan kembali lagi. Selain itu, perlu teman-teman ketahui juga HDD Regenerator dapat digunakan untuk sertiap jenis Hard Disk dengan merek yang berbeda pula.


Dan bagaimana cara menggunakannya?
  • Pertama, anda dapat mendawnload software hdd regenerator disini melalui mediafire ukuran (7.84 Mb) Password rar : no password
  • Ke-dua, setelah di download>Buka file rar yang di dawnload tadi>install ikuti petunjuk sampai selesai.
  • Ke-tiga, buka selesai install>Buka Progaram File>Klik HDD Regenerator>Klik Menu Full Version>Klik Serial Number>Masukkan Nama dan Serial.
  • Ke-empat, jalankan program HDD-Reg lalu akan muncul seperti gambar berikut


  • Ke-lima, klik pada area yang menunjukkan bagian No 1 diatas, kemudian akan di bawah ke halaman berikut seperti gambar di bawah ini

  • ke-enam, klik pada hard drive lihat pada gambar  bagian No 2 diatas, lalu lihat gambar bagian No 3 klik star Star Process untuk melanjutkan kehaman berikut lihat gambar dibawah.


  • Ke-tujuh, ketik 1 pada keyboard untuk untuk melakukan Scan and Repair lihat angka yang menunjukkan pada bagian No 4, berikutnya pada bagian No 5 akan muncul angka 1 Scan and Repair lalu tekan Enter. Lanjut ke halaman berikut lihat gambar dibawah.

  • Ke-delapan, pada proses ini ketik huruf 'M' tanpa tanda petik, lihat bagian No 6 dan pada bagian No 7 akan terlihat huruf 'M' yang anda ketik, sekali lagi pada gambar No 6 sering terjadi kesalahan memakai tanda petik, saya tegaskan untuk tidak menggunakan tanda petik, lalu tekan Enter. Lanjut lagi kehalamnan berikut berikut, lihat gambar dibawah ini.


  • Ke-sembilan, pada bagian No 8 gambar diatas ini artinya sedang dalam proses Mode Repair,
    pada bagian ini proses scan sangat memakan waktu yang cukup lama tergantung dari kapasitas
    harddiks anda. Dengan demikian jika terdapat bad sector pada harddiks maka secara otomatis
    software ini akan melakukan pemulihan pada bagian harddiks yang rusak. 

    Catatan:  Penggunaan HDD  Regenator tidak menjamin 100% harddiks anda bisa kembali normal, jika harddik anda masih belum bekerja dengan normal lakukan scan berulang kali secara teratur atau bisa melakukan konsultasi ditempat service komputer  yang terdekat dengan kota anda untuk melakukan perbaikan ini.
Demikian penjelasan singkat dari saya, jika masih ada yang kurang jelas anda dapat bertanya melalui kotak komentar yang telah disediakan. Semoga apa yang anda dapat hari ini dapat berguna dan bermanfaat di hari selanjutnya dan apapun kekurangan dari isi artikel ini harap dimaklumi. Salam Damai.


Posted by : Kraeng Francisco | Tuturial Blog | Tips and Trik Komputer | Tips and Trik Internet | SEO

Artikel Tips Mengatasi Harddiks Badsector Dengan HDD Regenaror FULL Version 2012 diposting oleh Kraeng Francisco pada August 14, 2012. Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar.. Jika diperlukan Artikel ini bisa disebarluaskan melalui blog sobat, dan atau mohon sebutkan sumbernya dengan tautan link aktif ke postingan ini atau letekkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Terima Kasih. Salam...


Artikel Terkait

91 comments:

  1. kunjungan balik blog sudah ku follow 9
    silahkan
    jangan lupa kehadiran anda di tunggu
    di wawasan Dunia bLOGER

    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trima kasih kembali mas, lansung ke TKP. Salam

      Delete
  2. Ijin save sob buat persediaan hehe
    Alhamdulillah sampai saat ini latop masih aman
    mksh infonya....
    happy blogging

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Reo AdamSilahkan sobat dengan senang hati. thx sobat

      Delete
  3. Data-nya aman kan kalo repair pake ini?

    ReplyDelete
  4. Anonim@ Aman sobat, namun apabila sobat masih meragukan dalam hal ini, disimpan terlebih dahulu datanya ke hard drive lain.

    Terima kasih...SALAM

    ReplyDelete
  5. Thanks. Salam Damai juga...peace....

    ReplyDelete
  6. Makasih sharing nya...,
    kebetulan aku lagi butuh kayak beginian...
    salam...

    ReplyDelete
  7. om,ko pumya ane beda ya?tampilan cmd.a ga kaya punya om??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf saya kurang paham yang dimaksufkan, kalau gambarnya berbeda memang benar, karena gambar diatas menggunakan HDD Regenerator bukan CMD.

      Semoga membantu..
      Terima kasih...

      Delete
  8. wah pas banget ini punya ane hdd nya COID -_-

    ReplyDelete
  9. Pas banget sob
    ini ampuh ane pake , makasih banget post nya

    ReplyDelete
  10. saya baru aja kelar scan nih dan cukup memekan waktu karna hardisk saya kurang lbh 500GB. Setelah selesai malah minta format & belom normal, padahal disana data penting semua. Gmn ya? harus trs di scan? terinakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anda menggunakan PC atau laptop, jika anda menggunakan Laptop. bongkar casing bagian penutup belakang, cabut harddisk tersebut dan coba gandengkan dengan PC, dan harus berhati-hati. maksudnya disini menggandeng 2 buah harddisk sebagai sistem dan data.

      Setelah anda menggandeng harddisk tersebut coba hidupkan komputer dan kemudian bila komputer dapat berjalan normal sampai masuk ke desktop, coba buka dan lihat apakah harddisk tadi terbaca pada sistem, apabila terbaca pindahkan semua data.

      Ingat, saat menggandeng 2 buah harddisk, power supplay harus kuat, kurang lebih 500V.. jangan sampai harddisk anda bisa terbakar.

      Namun cara ini, apabila harddisk mengalami kerusakan yang parah kemungkinan besar susah untuk diselamatkan....cara- satu2nya yang bagus anda bisa membawa harddisk tersebut ke tempat Service terdekat di kota anda.

      Semoga membantu...salam.

      Delete
  11. apakah ini dilakukan secara teratur misal 1 minggu sekali atau bagaimana ?
    thanks infonya.. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, jika diinginkan seperti itu, tetapi saran saya selagi harddisk anda masih dalam keadaan normal tidak perlu, kecuali harddisk anda terjadi masalah badsector.

      Terima kasih, semoga membantu.

      Delete
  12. Bang numpang tanya, bagaimana saya menggunakan aplikasi tersebut, sedangkan saya saja tidak bisa masuk ke dekstopnya...

    Mohon pencerahan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, jadi begini. sebelumnya menganalisa terlebih dulu penyebab tidak bisa masuk ke desktop mungkin karena windows eror dan atau lain sebaginya. namun kita bisa akalin dengan cara satu2nya masuk ke desktop melalui pilihan menu Save mode. lalu apabila ketika sobat menggunakan pilihan savemode masih belum juga bisa coba baca komentar saya pada Minggu, Februari 03, 2013, yang berada urutan ketiga dari komentar anda.

      Jika tidak bisa melakukan percobaan yang dimaksud, coba dulu instal PC/laptop anda. setelah berhasil diinstal, baru menggunakan cara diatas, karena cara ini digunakan pada windows yang masih bisa berjalan.

      Atau tidak bisa anda pindahkan dulu harddisk ke komputer lain baru menggunakan program tersebut untuk merepair ulang kembali.

      Semoga membantu...Salam.

      Delete
    2. Tambahan, Mohon maaf, salah dalam penulisan kata2. Maksud saya dan atau mungkin sebaiknya jika anda bisa, coba pindahkan terlebih dulu harddisk ke komputer lain yang mungkin punya teman atau milik anda sendiri, baru direpair ulang.

      Delete
    3. Ridho Adi PanduSunday, March 17, 2013

      tambahan sedikit gan ... kalo gak bisa masuk desktop bisa menggunakan Hiren Boot CD ...

      Delete
    4. Terima kasih sob untuk tambahannya, bisa seperti yang dimaksudkan namun kemungkinan kecil apabila kerusakan parah susah juga.

      Delete
  13. ini maksudnya untuk menggenerator Harddisk atau gimana gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk memulihkan kembali sebagian hard drive yang rusak pada sebagian fisik hard disk. dalam arti membangkikan kembali sebagian partisi yang tidak berjalan normal. kurang dan lebihnya seperti itu.

      Salam...

      Delete
  14. itu berguna juga gan utk laptop yang sering mati tiba?
    satu pertanyaan lagi gan biasanya kalo laptop mati tiba2 itu kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dapat digunakan untuk semua jenis komputer sob.

      laptop mati ti2 bisa desebabkan oleh beberapa hal. pertama jika laptop tidak disambung lansung pada arus listrik, coba periksa batrie laptop apakah sudah terpasang dengan benar. kedua, terlalu sering lama dalam menggunakannya. ketiga, kipas processor mati atau bisa juga lambat. keempat, jika komputer masih dalam keadaan normal, bisa jadi antara perangkat keras dan dan perangkat lunak terjadi crash.

      Sekian mungkin dapat membantu....

      Delete
  15. gan,, Knpa laptop ane gk bzaa mw d instaall bru,,??
    pdahal Step by step nya benar

    Apa pengaruh Pada Harddisknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonim, Perikasa kembali hardisk pada bios apakah kedetect atau tidak....otomatis jika hardisk tidak kedetect maka proses installpun tidak dapat dilakukan. Coba anda buatkan akun google plus dan upload gambar anda pada google plus supaya dapat saya lihat.


      Terima kasih dan salam....

      Delete
    2. iyaa gan,, harddisknya kedetect n sya jga udh settingan Harddisk yg biasanya harus d ubah "IDE n AHCI" tpi kok ttp nggk bza...

      Masalahnya pda saat proses Boot "Windows is loading files" ,,,
      brikutnya ad tmpilan menu pengsian bhsa, formt wktu, n mode keyboard ini tdk d tmplkan, malah cma layar hitm n pointer mousenya aja,,,,,

      !!?

      Delete
    3. Jika muncul layar hitam seperti yang sobat maksudkan karena saya tidak melihat jelas dari gambar yang saya suruh sobat buatkan salah satu akun google plus untuk mengopload gambar tersebut....

      begini caranya :
      1. biarkan selama 10 s/d 15 menit...tunggu sampai proses selanjutnya apakah terjadi perubahan sampai masuk ke layar window yang dimaksud.

      2. pastikan harddisk yang ada pada pc/laptop sata atau ata? kalau sata, jika isntallnya menggunakan windows XP rubah ACHI menjadi IDE, namun jika sobat menggunakan windows seven tidak jadi masalah menggunakan ACHI.

      3. itu bisa saja terjadi mungkin karena windows cd.instalan yang sobat gunakan adalah hasil modifikasi oleh pihak ketiga.....karena pada waktu pembuatan tidak memperhatikan prosedur pembuatan sc windows agar bisa booting dan berjalan dengan baik.

      4. untuk memperjelas apa bisa sobat upload gambar pada pada salah satu akun jejaring sosial, dan lebih bagusnya pake google plus.

      5. apabila saya sudah mengetahui jelas akan saya terbitkan artikel untuk membantu anda dal;am hal ini.

      Sekian dan terima kasih...

      Salam

      Delete
    4. :)

      iyaa,, gan, sya udh lakuin smua yg agan perintahkan kmrinn mzih ttp gk bsa.....

      1. sudah sya tnggu smpai smpai ngantuk gan,,,

      2. iyaa,, saya udh test juga install winXp n Win7, tpi yaaa gtu deh gk bza,,,

      3. klw mslah am cd-nya,, gk gan soalnya sya prnah install laptop teman,,,

      4-5. Oke gan,, Nnti sya usahain...

      Oh iyaa gan Terima kasih Sebelumnya,,,,

      Good Luck (y)

      Delete
    5. Apakah sudah dicoba menggunakan harddisk yang lain pada komputer tersebut? saran saya dicoba terlebih dulu...perhatikan bagaimana cara kerjanya....

      Apabila ketika coba menggunakan hardisk lain dan komputer berjalan normal, ganti board yang terdapat pada hardisk rusak tersebut, dan cek terlebih dulu bagian pada board apakah ada sebagian elemen atau timah yang mencair.

      Delete
    6. Blm sih gan,,,


      n Zblmnya,, gan hddnya hbis Zsdh mw di install tpi gk bzaa..
      stelah d matiin, Panas bnget Hddnya...

      udahh Parah bnget hddnya ini...
      Mnrut agan Misalnya klw sya Recovery ap mzih bza kmbali Data2nya....??
      n Software ap yg Pling bagus buat Recovery Datanya...??
      Soalnya bnyak data2nya yg Pntng.

      Delete
    7. begini sob, kerusakan pada fisik kemungkinan kecil datanya bisa diselamatkan...saran saya jangan dipaksakan terus diinstal, jika dipaksakan terus hardisk sobat kerusakannya akan lebih parah lagi. Kalau bisa saran saya sebaiknya apabila sobat punya duit yang lebih dibawah ketempat servis terdekat, karena software belum tentu menjamin sepenuhnya terhadap perbaikan perangkat keras, kecuali mengaktifkan kembali bagian2 yang tidak berfungsi atau berjalan dengan normal.

      Semoga membantu....

      Delete
    8. Ohhh.......

      iyaaa gan,, Makazih


      Thank Youu

      Delete
    9. kalo hdd eksternal bisa ga?
      soalnya kalo langsung, smua drive ikut terscan juga..
      kalo bisa bagaimana caranya?

      Delete
    10. Bisa pada langkah kelima pilih drive yang akan di scan....disitu sudah secara otomatis akan terbaca pilihan hardisknya apabila telah tersambung dan terbaca pada sistem.

      Semoga membantu....

      Delete
  16. gan care ini bisa dipake buat hdd eksternal ga?
    soalnya kalo langsung berarti smua drive di scan....
    kalo bisa gimana caranya ya?

    ReplyDelete
  17. gan ,kalau udah masuk regenerasi .tp lupa pindah isi , untuk ,mencegah minta di format gmna ya ? di stop pas proses regenerasi gini bahaya g buat data di dalam nya .mohon pencerahannya #urgent

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang jelas saat saat proses berlansung tidak akan diminta format ulang sob. saran saya selagi masih berjalan, dibiarkan saja sampai selesai dan memang cukup memakan waktu yang lama, tergantung besarnya kapasitas hardiks.

      Delete
  18. gan saat proses regenarasi berjalan, kalau di hentikan langsung ,untuk mencegah,minta di format,aman apa tidak buat data dalam harddisk nya ?


    mohon pencerahannya, #urgent

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya tidak apa2 jika mau dihentikan prosesnya....

      Delete
  19. halo sob
    waktu proses repair kalo disambi main game ngaruh gak ya???
    takutnya gk maksimal hasilnya, tapi memakan waktu cukup lama heheh
    thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ketika proses Repair sedang berjalan, sebaiknya di hentikan dulu gamenya sob, karena akan membuat loading semakin lambat...

      Delete
  20. halo sob
    sebelumnya terima kasih infonya mantab
    saya mau tanya, kalau sedang proses repair disambi main game, ngaruh ke hasil repair gak???
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Targangtung kemampuan komputer sobat, jika komputer memili spec yang bagus silahkan saja, namun apabila komputer memiliki spec yang minim sudah jelas akan berpengaruh besar terhadap proses repairnya (lambat). bisa berakibat komputer sobat cepat panas dan terjadi hang atau bisa saja blue screen.

      Delete
  21. thx infonya.
    mas,, ntbook saya hddnya badsector udah di generate dan di repair datanya ttp ga bisa di angkat, hdd saya 320 Gb kedetect bad hmpir 80% nya,, apakah hdd sya msh bisa diselamatkan ato engga,?? atau terpaksa hrus gnti hdd baru ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, iya sama2.

      80 % mungkin sebagai perkiraan saja ya?, apakah sebelumnya laptop sobat pernah jatuh dan terbentur pada benda yang keras? jika ya, susah juga untuk menyelamatkan sebagian fisik peringan magnetnya yang terkena badsector. Pengalaman saya atasi HDD hampir keseluruhan fisiknya rusak, kemungkinan kecil bisa diselamatkan, itupun membutuhkan kesabaran dan ketelitian dalam mengatasinya.

      Saran saya, jangan dipaksakan apabila masih belum bisa, semakin kita paksakan HDD bekerja, maka semakin lama proses kerjanya akan menjadi lambat. Apabila sobat tidak yakin untuk mengatasinya sendiri, bawa ke tempat servis terdekat jika masih bisa terbaca. saya yakin dan kemungkinan bisa diselamatkan.

      Salam...

      Delete
    2. iya pernah jatuh 1 kali tp posisi laptop masih dalam tas. saya kira untuk jangka panjang ga akan ngerusak hdd tp ternyata iya!

      sebelumnya pernah di repair
      ini tampilan mode repair nya
      Scanned 178 Mb (364651 sectors)
      B - 364 bad sectors found
      R - 364 bad sectors recovered

      karena 1 sec perlu 10 menit jika di kali kan sekian badsector butuh wktu seminggu lebih.
      jadi sekarang lagi di coba di format ulang hdd nya.
      soalnya saya bawa ke tmpt servis malah divonis langsung ganti hdd dan semua data hilang ga bisa di angkat.

      Delete
    3. oh,iya pada saat proses booting apakah ada muncul pesan kira2 seperti ini, segera lakukan back-up data anda, itu artinya data masih bisa diselamatkan sob, karena masih ada pemberitahuan pada sistem operasi yang berjalan. namun apabila pesan tersebut tidak ada, kemungkinan kecil hardisk tidak bisa diselamatkan sob, jika dari tempat servis juga berpendapat demikian.

      Jika sobat punya PC, coba cabut hardisk tersebut dari laptop dan kemudian gandeng ke PC, selanjutnya saat komputer dihidupkan dan berjalan normal, lalu hardiks bisa terbaca, coba usahakan pindah data, baru di format ulang seluruhnya.

      semoga membantu....

      Delete
  22. Replies
    1. Sama2...silahkan diterapkan dan semoga berhasil

      Delete
  23. proses format udah selesai mas.. tp knp laptop saya masih blm mau install ulang?? terus loading lama " starting up install " ga masuk2 partisi, apa emang hdd rusak total ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Piringan hardiksnya rusak....sebelum format apa datanya sudah bisa diselamatkan. kalau sudah, ketempat servis dan coba tanya merek hardisk yang sama, ganti piringan hardiks/pringan cakram tersebut apabila ada alatnya...bisa kok.

      Delete
  24. mas laptop saya jadi lambat setelah diinstall ulang.... apalagi pas waktu mnjlnkan aplikasi... buka video aja jadi tersendat2... klw diinstall ulang malah makan waktu lama bgt... itu knp y?? mohon pencerahnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh,ia apakah ini engan saudara pratiwi seftianingtyas, jika sudah bisa, kalau mutar video tersendat, apa driver VGA;nya sudah diinstal belum?

      Delete
  25. bukan mas... lain lagi orgnya hehehe...
    laptop saya habis diinstall ulang,, drivernya sudah semua ko... bukan buka video aja,,, semua program klw dijalanin pasti tersendat2 atau lama prosesnya... waktu install ulang kemaren habis waktu semalaman,, padahal cuman install xp... pas cob hdd regenerator ini drive C nya ko bisa di check,,, katanya lagi di guna dan matikan semua software,, pdahal saya g lagi jalanin aplikasi apa... itu gmn mas?? mohon bantuaannya!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begini sob, coba pake tuneup itulities kalau sudah dinstal, lalu buka programnya kemudian pilih Fix Probelem > Check Hard disk for erors > klik next > pilih Thorough Analysis > klik next lagi untuk scan....prosesnya agak lama.....setelah selesai apabila diminta restart, silahkan direstart komputernya. pokoknya sampai selesai ya hehe....dan lihat perubahan yang terjadi, apabila belum. ada perubahan, teliti baik2 apa saja kendalanya dan mungkin bisa saya bantu selanjutnya nanti.

      Semoga membantu.

      Delete
  26. setelah baca penjelasan diatas masi bingung nih gan, tlg ajarin step by step cara mangandengkan hdd external ke laptop. thx.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jawaban atas pertanyaan diatas bukan menggandeng hardisk ke laptop, tetapi ke PC.

      semoga membantu.

      Delete
  27. data saya udah ga bisa diselamatkan mas,langsung format aja karena udah ga bisa di backup.. saya kurang faham buat hdd jadinya saya putuskan untuk langsung format saja..
    langkah terakhir mesti ke tempat servis lagi,, oke mas saya nyoba tanya barangkali ada sparepart piringannya. lumayan ngeselin banget klo udah hdd yang rusak.
    terimakasih saran nya yg udah ngebantu banget mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 sob, sayangnya saya tidak bisa mengatasi secara lansung, sehingga bisa mengetahui penyebabnya lebih pasti.

      Delete
  28. thanks banget gan infonya, sangat bermanfaat. tp tak coba dulu ya, kalo bener2 bisa maksimal. sampyan tak doakan biar banyak rejekinya, rejeki yg halal dan barokah. amin

    ReplyDelete
  29. thanks bgt gan infonya, sangat bermanfaat,
    mau tny gan, hardisk netbook ane, error, masih ndetect tp setelah dilihat properties 0 kb, aneh gan, 3 partisi sama 0 kb semua. apa itu penyebabnya? dan bagaimana cara mengatasinya? mau diformat jg ga bisa gagal maning2. ane tunggu gan di zakisoneil@gmail.com ato di whatsapps : 085713216942
    sekali lg thank gan, mau ane coba dulu, kalo bisa sampyan tak doakan biar rejekinya banyak dan halal serta berkah. amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begini sob....kapasitas hardisk menjadi 0kb bisa disebabkan oleh beberapa hal, baik fisik maupun dari perangkat lunaknya, tetapi jika demikian fisiknya saya katakan rusak, ....coba saudara cabut hardisk dan pasang kembali, kalau masih terjadi hal yang sama, tolong ingatkan saya, karena tidak selamnya saya selalu online.

      Oh,ia kalau boleh tau, apa saja yang telah sobat usahakan untuk mengatasi hal tersebut?

      nanti akan saya bantu.

      Sekian dan terima kasih.

      Delete
  30. gan startup di laptop sya sangat lama,saya ganti hdd ,laptop berjalan normal..gimana solusinya gan..jika ada info sms di 089632373761 makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba pake cara diatas sob, komentar balasan....Urutan ketujuh dari komentar sobat....Pake Tune-up.


      Kalau belum ada perubahan, jangan lupa ingatkan saya.

      Semoga membantu.

      Delete
    2. Oh,ia tambahan....cek lagi pemasangan hardisknya mungkin kurang pas dengan dudukan penghubung power dan datanya.

      Delete
  31. nice article gan :) sayangnya tidak pernah menghadapi masalah ini

    ReplyDelete
  32. Tambahan gan, kalao gak bisa masuk ke dekstop bisa boot via HDD Regenerator, udah ada fasilitas buat bootable disk maupun flashdisk sendiri. Terus lebih baik setting BIOS dengan IDE, karena lebih direkomendasikan daripada AHCI. Terimakasih bro Kraeng Francisco..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous....sama2 dan terima kasih tambahannya.

      Delete
  33. Wari intan_sepertinya hardisk anda kena bad sector, biasanya kalo startup awal saja sudah kerasa lemot artinya sector-sector awal pada hardisk yang terkena bad sector, lakukan cara seperti cara diatas kalo repot copot hardisk bla bla bla bisa boot from HDD Regenerator, semoga membantu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya Bisa seperti itu.....namun kalau hardisk dicopot boot from hdd regenerator bagaimana cara repairnya anonymous?

      Delete
  34. lama banget proses repair nya ....160gb hdd.....14jam baru 20 persen jalan ...apa ga ada cara yg lebih cepat ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya memang prosesnya lama, apabila seluruh cakram keras kena badsoctor....

      14 jam baru 20% mungkin masih dikatakan cepat menurut saya. Semua komputer yang pernah saya tangani kapasitas hardisk cuma 80 GB, lamanya 2 hari lebih baru selesai, tanpa mematikan komputer.

      Bagiamanapun juga saya pikir mungkin saudara perlu bersabar mengatasi masalah tersebut.

      Sekian dan terima kasih

      Delete
  35. nice blog,,,sob saya mau nanya masalah laptop toshiba satellite c600 sering restart atau berhenti saat menjalankan musik atau aplikasi,saya sudah instll pake wind8 pro,erorr,info:saya sudah ganti ram 2 slot@2 ghz ke 1slot@4ghz dan tetap restart,mohon pencerahan trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ram memiliki kapasitas besar, menurut saya tidak jadi soal, ditempat kerja 3 buah PC yang saya gunakan dan 1 laptop sebagai percobaan dengan ram 1 GB dan pernah menginstal windows 8, namun semuanya berjalan normal.

      Oleh karena itu, yang harus sobat perhatikan kenapa laptop sering restart ketika menjalankan aplikasi atau program? setelah menginstal ulang. sebelumnya apabila saat menginstal berjalan normal dan ketika mengistal seluruh program terjadi dan sering restart. Perhatikan hal-hal berikut :

      1. Masalah virus, ini sering terjadi pada umumnya. lalu
      2. Masalah perangkat keras dan perangkat lunak, mungkin tidak dapat berjalan normal karena windows yang sobat gunakan tidak cocok dengan driver bawaan laptop dan yang sering terjadi adalah masalah pada VGA. Namun perlu dipastikan lebih jelas lagi, seperti menjalankan banyak program secara bersamaan dll.

      Tetapi apabila 2 hal diatas bukan penyebabnya, coba gunakan 1 ram saja dan cabut yang satunya....karena biasa jadi 2 ram yang sobat pasang pada slot yang berbeda dan merek lalu kecepatan bekerjanyapun tidak sama, tentu akan mempengaruhi cara kerja komputer tidak normal.

      Semoga membantu sobat.
      Salam....

      Delete
  36. Coba dulu gan... Numpang sedot yah...
    maksih....infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan, sama2 dan terima kasih kembali.

      Delete
  37. gan leptop saya jadi susah buat copy paste file ukuran besar dipartisi saya dan start up windowsnya menjadi lama? apa itu akibat bad sector pada hardisk leptop saya? bila iya apa solusi terbaiknya? dan apakah aplikasi ini bisa mengatasinya?

    thankz gan...

    ReplyDelete
  38. @KAKEANE, sob itu sudah jelas dan kasusnya sama seperti komentar @WAri Intan diatas. Program ini hanya membantu Reair Ulang dan tidak salahnya apabila ingin mencoba.

    Solusi dari masalah tersebut karena kerusakan yang terjadi pada perangkat keras dan belum tentu bisa diatasi menggunakan perangkat lunak jadi, caranya coba lakukan tips berikut :

    1. Pindahkan semua data penting ke Hardisk ekxternal atau pinjam saja laptop milik teman atau kenalan anda.

    2. Setelah semua data dipindahkan, Format ulang seluruh partisi dan jadikan 1 kembali.

    3. Maksudnya disini coba lakukan instal ulang menggunakan windows xp atau seven, sebelum melanjutkan copy windows dan lain sebagainya, lakukan terlebih dulu partisi ulang pada semua bagian partisi agar jadi 1 kembali.

    4. kemudian buat kembali partisi baru dan jangan dibagi menjadi beberapa bagian dulu, cukup untuk sistem saja.

    5. Apabila berhasil, setelah selesai diinstal.....Repair dengan cara diatas....

    6. Selanjutnya jika telah selesai lakukan partisi ulang dengan menggunakan beberapa software dan diantaranya coba pake Norton Partition Magic 8.05....

    7. Apabila kerusakan pada bagian sector cukup berat, saya sarankan lakukan konsultasi ke tempat servis terdekat.

    Semoga membantu sob.

    ReplyDelete
  39. @KAKEANE, sob Maaf maksud saya belum tentu bisa diatasi menggunakan perangkat lunak
    seperti program HDD Regenator sepenuhnya dan perlu digabungkan dengan tips diatas. Terima kasih

    ReplyDelete
  40. Gan begini gan,, ane sudah jalankan aplikasi dan skrng masih jjalan,, sudah banyak bad sector yg di dapatkan, tetapi gak bisa di repair,, apa memang itu bad sector gak bisa di repair.??? klo begitu bgmn dong cara memperbaikinya klo bad sectornya gak bisa di repair :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf sob saya sedikit terlambat membalas komentar, kLO programnya belum full versi sudah otomatis tidak bisa, itu yang saya ketahui.

      Oh,ia sudah lakukan tips diatas belum?

      Delete