March 19, 2013


Pada kenyataannya ketika kita mencolok atau menghubungkan flashdisk ke komputer, maka flashdisk akan terbaca sebagai Removable Disk. Sehingga untuk menjadikan atau merubah flashdisk sebagai lokal disk atau hard drive, perlu dilakukan beberapa trik yang akan disampaikan setelah ini.

Caranya sangatlah mudah dan apabila anda bertanya kenapa harus merubah atau menjadikan flashdisk ke local disk? jawabannya jika anda pernah mendengar informasi tentang partisi flashdisk, dengan metode tersebut flashdisk dapat dibagi ruang partisi menjadi beberapa bagian sesuai keinginan apabila memiliki ukuran dan atau kapasitas yang besar.

Namun pada pembahasan ini tidak jelaskan bagaimana mempartisi flashdisk, karena tutorialnya lumayan banyak jika digabungkan menjadi satu, sehingga saya jadikan dalam bentuk terpisah yang akan diterbitkan kemudian.

Untuk Menjadikan FlashDisk Sebagai Lokal Disk Atau Hard Drive, bila saudara berminat silahkan selesaikan triknya dibawah ini secara berurutan. Perlu juga diketahui uraian dibawah saya terapkan pada system operasi windows XP, jadi yang memakai windows 7 dan Vista, silahkan disesuaikan dan bagi pengguna windows 8, sudah pasti berbeda nyata.

Lansung saja yang harus anda persiapkan adalah :

• USB LocalDisk, download disini. Size 7kb.
• FlashDisk.

Selanjutnya :

1. Masukkan atau colok flashdisk dan atau sambungkan ke komputer.
2. Masuk ke Computer Management, caranya :

• Klik Start > klik kanan pada My Computer > Manage.
• Pada jendela Computer Management > Computer management (Local) > System Tools, pilih Divice Manager.

3. Cari Disk drivers disebelah kanannya, lalu klik 2 kali pada Disk drivers, Maka anda akan menemukan nama FlashDisk, contoh : SENMDISK USB Device.
4. Klik kanan pada nama flashdisk, lalu pilih Properties, perhatikan gambar.


5. Pada jendela baru, contoh : Nama FlashDisk USB Divice Properties, pilih tab Details, lalu klik id drivers yang terdapat dalam kotak dan tekan tekan Ctrl C untuk copy, kemudian paste ke notepad. Perhatikan gambar.


6. Extarct Files USB LocalDisk yang sudah di download tadi, buka file cfadisk.inf yang terdapat dalam folder.


7. Tekan Ctrl F dan cari tulisan berikut : “device_instance_id_goes_here”, lalu paste id driver yang telah dicopy sebelumnya pada langkah ke 5 dan ganti “device_instance_id_goes_here” dengan id driver, setelah itu simpan atau save. Perhatikan gambar yang di block adalah id driver saya.


8. Kembali ke langkah ke 3 klik kanan pada nama flashdisk dan klik Update Driver, lihat gambar.


9. Selanjutnya pada jendela Hadware Update Wizard dan bla..bla...bla pilih dan ceklis pada kotak Install from a list or specific location (Advanced), lalu klik Next.
10. Jendela berikuntnya lagi untuk mencari lokasi tempat penyimpanan file USB LocalDisk, pilih dan ceklis pada kotak Don’s search. I will choose driver to install, klik next.
11. Berikutnya lagi klik tombol Have Disk dan klik browser untuk mencari cari lokasi file cfadisk.inf yang telah disimpan tadi, klik pada file cfadisk.inf dan klik tombol Open, lalu OK. Perhatikan gambar secara berurutan.




12. Selanjutnya klik Next, perhatikan gambar pertama pada langkah ke 11.
13. Apabila muncul Peringatan/ Warning dan bla…bla…bla… klik Yes, jangan kwatir.
14. Tunggu proses update driver sampai selesai.


15. Jika sudah, klik Finish.

Anda dapat memastikan dan atau memeriksa perubahannya dengan mengklik kanan flashdisk dan lihat device properties, atau bisa lansung dilihat pada Type di jendela My Computer, flashdisk akan terbaca sebagai Local Disk.

Kemudian nanti pada artikel berikut akan dijelaskan bagaimana cara mempartisi flashdisk yang sebenannya apabila anda sudah terbiasa membagi ruang partisi melalui Disk Management cara ini bisa lansung diterapkan dan intinya semua langkah diatas telah dilakukan dengan benar.

Dengan demikian semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.
Salam...

Posted by : Kraeng Francisco | Tuturial Blog | Tips and Trik Komputer | Tips and Trik Internet | SEO

Artikel Menjadikan FlashDisk Sebagai Lokal Disk Atau Hard Drive diposting oleh Kraeng Francisco pada March 19, 2013. Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar.. Jika diperlukan Artikel ini bisa disebarluaskan melalui blog sobat, dan atau mohon sebutkan sumbernya dengan tautan link aktif ke postingan ini atau letekkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Terima Kasih. Salam...


Artikel Terkait

22 comments:

  1. selamat Pagi sobat Kraeng Fransisco...sepertinya saya harus mempraktekkannya sob, tapi FD saya hanya ukuran 4 GB sob, sepertinya ukurannya kurang besar yaa kalau mau di partisi. Besok besok buat yaa sob tutorial bagaimna cara menginstall windows mnggunakan Flash Disk...request orang Paling Cakepnya nich blogger Sulawesi Selatan..hehehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Flashdisk 4 GB bisa menerapkan cara tersebut sob, silahkan baca disini.

      Oh,ia berkaitan dengan cara menginstall komputer menggunakan flashdisk, sebenarnya sudah banyak yang membahas hal tersebut, sehingga saya tidak membuat artikel yang dimaksud sob.

      Delete
  2. kalau selama ini FD dikenal kompi sebagai removable disk, dengan tutorial ini maka FD akan dikenal sebagai lokal disk, tentunya ini juga bisa berlaku untuk external Harddisk kan ....luarbiasa :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia benar dan sebenarnya cara ini sudah cukup lama, namun pada kenyataannya sudah jarang yang membahasnya sehingga tidak salah untuk diterpkan kembali oleh pengguna.

      Salam....

      Delete
  3. saya heran sob,kita sudah akrab begini koq kita tidak pernah kefikiran untuk tukar link yaa??? hehehe,,,link sobat Kraeng Fransisco sudah saya pasang di Blog Sahabat, silahkan sobat cek di http://hayardin-blog.blogspot.com/p/blog-sahabat.html

    ReplyDelete
  4. benner juga mas bro aq juga pernah menggunakannya seperti itu. trmksih dah berbagi kawan

    ReplyDelete
  5. Ass selamat siang sobat untuk memenuhi pertanayaan saya pakai monitor LCD 19" wide scrint itupun dafat kridit sobat.he he he..apakah menu Navbar nya sudah dibetulkan..? Tips saya di PC selain google crome mojila juga saya instal kalau lagi desain sampai tiga saya buka tdk ketinggalan juga expoler buata patokan bagai mana jadi nya desain kita dibuka ditiga brose, apakah sdh sesuai dengan keinginan kita..? keuntungan kedua bisa update blog secra bersamaan didua brose itu yg selama ini yg saya lakukan..maaf saya bukan mengajarin tapi ingin berbagi pengalaman....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia sob benar saya juga sering menerapkan yang dimaksud menggunakan Mozilla dan IE, berarti masalahnya hanya pada monitor ya sob....

      Sekali lagi, Terima kasih ya sudah mengingatkan saya akan hal tersebut. Mungkin dalam beberapa waktu kemudian akan saya rubah sob.

      Salam.....

      Delete
  6. wah keren banget, gambar bisa di gerakkan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, terima kasih sob, sengaja dilakukan demikian agar gambar yang kecil bisa diperbesar tanpa harus mengkliknya.

      Delete
  7. ok nih tutorialnya..

    bisa dicoba nantinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan sob apabila ingin diterapkan....

      Delete
  8. wah,,, tutorial nya mantap banget .. bisa langsung di coba !!! hee :D

    #salam terhangat dari Mr.DHI

    ReplyDelete
  9. wah hebat nih postingan...numpang copy ke blog ane gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan saja dengan mengikuti aturan main yang ada sob. Terima kasih

      Delete
  10. nah ini yg ane cari makasih gan,, posting ini sangat membantu saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. OK sobat dan terima kasih kembali jika demikian. Salam....

      Delete
  11. Replies
    1. Bisa sobat, teknik diatas saya gunakan Flash disk 8 GB.

      Delete