September 11, 2012


Apabila pada template blogger standar yang sobat miliki ingin menambahkan kolom atau gadget baru maka pada kesempatan ini saya akan membagikan sedikit pengalaman yang saya ketahui kepada sobat blogger, walaupun sudah banyak yang membahas tentang hal ini dengan cara yang berbeda ataupun sama dengan pembahasan atau artikel yang saya terbitkan, namun mungkin sobat blogger ada yang belum bisa atau tahu sama sekali cara menambahkan gadget baru pada footer blogger standar sehingga nantinya dapat mempermudahkan dalam penerapan.

Perlu kita ketahui footer pada kolom standar blogger pada umumnya belum terdapat gadget  maka untuk melakukan teknik tersebut kita perlu melakukan sedikit perubahan pada template dengan sedikit modifikasi pada template sehingga nantinya akan terdapat gadget baru yang bisa digunakan untuk menambahkan berbagai widget yang kita inginkan. Sebagai contoh sobat dapat lihat pada gambar diatas.

Utuk melakukan penambahan gadget yang terdapat pada footer blogger standar dapat sobat ikuti cara dibawah ini.

Pertama, Login ke akun blog blogger anda.
Kedua, Pilih Template..
Ketiga, Untuk Menjaga template anda, silahkan download dulu template, klik dawnload template lengkap yang berada pada samping pojok kanan.
Keempat, Klik Edit HTML, Klik Lanjutkan, kemudian jangan lupa untuk Expand Template Widget.
Kelima, gunakan Ctrl F atau F3 cari kode <b:section class='foot' id='footer-3' showaddelement='no'> dan ganti tulisan ‘no’ yang berwarna merah menjadi ‘yes’. berikut cari kode <b:widget id='Attribution1' locked='true' title='' type='Attribution'> lakukan perubahan yang sama pada tulisan yang berwarna merah ‘true’ menjadi ‘false’, sehingga akan menjadi seperti contoh dibawah ini.

"<b:section class='foot' id='footer-3' showaddelement='yes'>
<b:widget id='Attribution1' locked='false' title='' type='Attribution'> "

Keenam, Klik Pritinjau untuk melihat tidak terjadi kesalahan eror, jika sudah klik Simpan Template.

Selanjutnya untuk melihat perubahan yang sudah sobat lakukan sebelumnya, klik Tata Letak dan lihat hasil, maka akan terdapat gadget baru pada kolom footer seperti gambar diatas.

Selamat Mencoba semoga bermanfaat. Sekian dan Trima Kasih.


Posted by : Kraeng Francisco | Tuturial Blog | Tips and Trik Komputer | Tips and Trik Internet | SEO

Artikel Cara Menambahkan Gadget Baru Pada Kolom Footer Blogger Standar diposting oleh Kraeng Francisco pada September 11, 2012. Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar.. Jika diperlukan Artikel ini bisa disebarluaskan melalui blog sobat, dan atau mohon sebutkan sumbernya dengan tautan link aktif ke postingan ini atau letekkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Terima Kasih. Salam...


Artikel Terkait

6 comments:

  1. berarti sebetulnya kode untuk gadget pada template bawaan blogger ada semua ya sob,kita cuma tinggal buka kuncinya aja seperti penjelasan diatas.
    mksh infonya sob

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia sob, walaupun ada beberapa cara yang berbeda ataupun sama, setelah saya uji coba ternyata cara diatas lebih mudah. Trima kasih untuk kunjungannya...

      Delete
  2. terima kasih atas infonya mas, mau saya coba di blog saya.

    ReplyDelete
  3. cara membuat field seperti beranda daftar isi,link gmna gan ane newbiee...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok sob, akan saya terbitkan judul artikel sesuai yang sobat maksudkan tersebut.

      Delete