December 19, 2012


Dalam memilih sebuah judul artikel yang akan kita terbitkan kadang membuat kita bingung ketika kita merencanakan membuat judul, kemudian isi dari pembahasan, lalu diketik sampai dengan artikel tersebut di pajang pada blog yang kita kelola, sehingga saya sendiri juga kadang bingung untuk membuat sebuah judul yang tepat sesuai tema blog yang saya kelola sekarang ini. Judul artikel yang saya posting kali ini adalah sebuah pemikiran dasar saya bagi semua pengguna blogger agar dapat menjadi sebuah panduan bagi blogger pemula seperti saya sendiri dalam memilih judul yang yang tepat sesuai tema blog.

Pemikiran tersebut muncul saat saya melakukan kegiatan blogwalking dan setelah berkunjung ke beberapa situs, saya menemukan beberapa judul artikel yang tidak sesuai menurut saya dengan tema blog yang dikelola dan mungkin anda sendiri pernah menemukan beberapa web/blog seperti yang saya maksudkan disini. Walaupun demikian pada blog yang saya kelola ini belum begitu sempurna menurut saya karena masih begitu banyak kekurangan seperti pada kenyataan saat ini. 

Blog ini sudah berjalan selama beberapa bulan lamanya terhitung dari bulan mei 2012 sampai sekarang baru beberapa judul artikel yang saya terbitkan, karena didalam membuat sebuah artikel hal yang paling utama saya pikirkan adalah antara tema blog dan judul apakah sesuai dengan apa yang saya tulis? sehingga membuat pengunjung dalam memproleh informasi yang mereka temukan pada blog ini tidaklah salah sesuai kebutuhan yang mereka cari.

Mungkin ini akan menjadi sedikit gambaran bagi anda, bagaimana memilih judul yang tepat sesuai tema blog yang anda kelola, tetapi sebelumnya apabila anda beranggapan bahwa saya merasa tahu dan lebih dari pada diri anda, maaf saya bukanlah seorang sarjana blog atau yang pernah duduk dibangku kuliahan dan atau perguruan tinggi, hanya sebatas SMA (Sekolah Menengah Atas), namun apa yang saya ketahui dengan pengalaman dan dari hasil belajar, kemudian mendapatkan ilmu, maka ilmu yang saya dapat akan saya bagikan kepada anda dengan senang hati. Ok mari kita lanjut.

Adapun tips dalam memilih judul yang tepat sesuai tema blog dari dasar pemikiran adalah sebagai berikut :

1. Sebelum anda membuat judul hal yang paling utama anda perhatikan adalah tema dari blog yang anda kelola, misalkan : blog anda tentang panduan blog, maka sebagai jawabannya tulis atau buatkan daftar. Contoh : tutorial blog untuk pemula. 

2. Setelah anda membuatkan daftar, lalu bagaimana memilih judul yang tepat ? sebagai jawaban : buatkanlah judul yang sesuai tentang tutorial blog, contoh judul, cara membuat blog.

3. Kemudian selanjutnya setelah membuat judul apa yang harus anda lakukan? sebagai jawaban : tulis/ketikkan isi dari pembahasan sesuai judul yang dipilih dengan prosedur/tata cara yang benar dalam menyampaikan tentang cara membuat blog.

4. Periksa kembali isi dari judul dan pembahasan yang anda tulis/ketik tadi, bagaimana caranya? sebagai jawaban : baca kembali kata-kata yang telah anda tulis/ketik menjadi sebuah kalimat apakah mempunyai hubungan atau keterkaitan mulai dari awal kalimat pembuka sampai dengan penutup.

5. Selanjutnya setelah anda memeriksa tulisan atau hasil ketikan anda, bagaimana menurut pendapat anda tentang penggunaan bahasa yang baik dan benar? sebagai jawaban : penggunaan bahasa yang baik dan benar tidak perlu anda menulis dengan bahasa ilmiah atau lain sebagainya, tetapi yang harus anda perhatikan adalah apakah dapat dimengerti oleh pembaca dalam tulisan anda. Contoh sederhana : jika anda merasa tulisan anda penting maka sebaiknya jangan menggunkan bahasa daerah, karena setiap pengguna blog belum tentu satu daerah dengan anda, sehingga informasi yang mereka proleh dapat dimengerti, kecuali tema blog anda khusus tentang budaya dari daerah tertentu.

6. Apabila anda sudah bisa menentukan beberapa hal diatas apa yang harus anda lakukan? Sebagai jawaban : artikel anda siap untuk dipublikasikan.

Itulah beberapa tips yang dapat saya sampaikan, jadi inti dari pembahasan diatas bahwa sebelum anda membuat judul, isi, sampai artikel anda di pajang untuk di baca oleh publik sebaiknya disesuaikan dengan tema blog anda, sehingga blog yang anda kelola akan dianggap populer dimata publik, oleh karena itu tentukan pilihan anda mulai sekarang. Maaf apabila ada salah kata dari isi postingan ini.
Sekian dan Terima Kasih.
Salam

Posted by : Kraeng Francisco | Tuturial Blog | Tips and Trik Komputer | Tips and Trik Internet | SEO

Artikel Sesuaikan Tema Blog Dengan Judul Artikel Yang Anda Pilih diposting oleh Kraeng Francisco pada December 19, 2012. Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar.. Jika diperlukan Artikel ini bisa disebarluaskan melalui blog sobat, dan atau mohon sebutkan sumbernya dengan tautan link aktif ke postingan ini atau letekkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Terima Kasih. Salam...


Artikel Terkait

4 comments:

  1. makasih tips2x sob.., 6 point sdh sangat jelas.. *smile

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama sob dan terima kasih untuk kunjungannya...

      Salam...

      Delete
  2. emang harus sesuai sob,,biar klop rasanya,,,mantab deh...

    ReplyDelete