January 6, 2013



Membuat kode template valid HTML 5 yang pernah saya baca banyak sekali yang sudah membahas tentang hal ini, pada dasarnya isi pembahasan yang berbeda tetapi tujuannya tetap sama. Namun mungkin kita perlu belajar dari hal yang terkecil dulu sehingga untuk mengawali sebuah permasalah yang besar dapat kita lakukan dengan mudah, karena tanpa melalui sebuah proses yang sederhana maka yang sulit tidak akan kita selesaiakan begitu saja, seperti pada judul yang saya pilih Cara Membuat Tombol Google Plus One (Google+1) Valid HTML 5.

Setelah berkunjung ke beberapa blog sahabat yang membahas tentang Cara Membuat Tombol Google Plus One (Google+1) Valid HTML 5, sayapun jadi tertarik untuk membuat posting ini karena trik yang akan saya berikan sangat begitu sederhana. Dimana dalam penerapan tekhnik yang dilakukan dengan menambahkan beberapa kode tag diataranya agar tombol google plus valid html 5, jadi bagaimana mungkin ada yang tertarik? silahkan membaca lanjut….

Tombol google plus memang sangat penting sekali didalam SEO, yaitu dimana dalam penggunaannya atau manfaatnya untuk membagikan sebuah artikel, hanya dengan mengklik tombol google plus one ke URL tujuan yang dimaksud, sehingga ketika orang atau mereka yang sudah ada didalam lingkaran kemungkinan besar akan mengklik judul artikel yang dibagikan apabila judul artikel kita menarik. Maka semakin banyak yang membagikan artikel kita dengan mengklik tombol google plus tersebut, kemungkinan besar blog kita dikatakan popular dimata google.

Mungkin ada yang beranggapan, bahwa dalam melakukan tekhnik tersebut tidaklah penting, tetapi walaupun demikian masih banyak teman-teman kita yang belum tahu atau memahami penggunaan kode tag yang dimaksud, jadi untuk keperluan Cara Membuat Tombol Google Plus One (Google+1) Valid Html 5, anda bisa berkunjung lansung pada situs remisnya : https://developers.google.com/+/plugins/+1button/?hl=id. Setelah anda berkunjung dan membaca, sudahkah anda paham? jika belum akan coba KF menjelaskan dengan apa yang sedikit KF ketahui bagaimana penambahan kode tag yang dimaksudkan pada situs resminya.

• Perhatikan anda akan menemukan beberapa kode seperti dibawah ini :
Pertama
 
<!-- Tempatkan tag ini di mana pun Anda ingin Tombol +1 ditampilkan. -->
<div class="g-plusone" data-size="medium" data-annotation="inline" data-width="300"></div>

Kedua
<!-- Tempatkan tag ini setelah tag Tombol +1 terakhir. -->
<script type="text/javascript">
window.___gcfg = {lang: 'id'};

(function() {
var po = document.createElement('script'); po.type = 'text/javascript'; po.async = true;
po.src = 'https://apis.google.com/js/plusone.js';
var s = document.getElementsByTagName('script')[0]; s.parentNode.insertBefore(po, s);
})();
</script>.

Petunjuk : 

- Lihat disampingnya anda bisa memilih dengan merubah ukuran, anotasi, lebar dan bahasa dengan bahasa kita, bahasa Indonesia.

- Pilih opsi lanjutan yang berada dibawahnya untuk beberapa pengaturan. Perhatikan apabila pilihan Asinkron dan Sintaks HTML5 yang Valid belum di centang, silahkan di centang semunya, selanjutnya Parse tags, JS callback function, URL to +1 dibiarkan kosong.

• Setelah melakukan semua diatas, lalu sekarang cari kode </head>, tekan Ctrl+F pada keyboard dan letakkan kode yang kedua diatas kode </head>.

• Kode yang pertama anda bisa meletakkannya dibawah posting dan sidebar atau pada halaman footer.

• Jika anda ingin meletakkan di bawah posting cari kode ini <data:post.body/> dan sisipkan kode yang pertama tepat dibawahnya, lalu Simpan.

Penjelasan tentang kode Plus One Valid HTML 5

- Kode yang pertama diatas ditambahkan fungsi <div> dan </div> sehingga Valid HTML 5. Contoh :
Pada kode Tombol Plus One (+1), milik Kraeng Francisco seperti ini :

<g:plusone size="medium" annotation="inline" width="150" href=" data:posts.url"></g:plusone>.

- Maka apabila sebelumnya anda telah menambahkan kode tombol Google Plus One pada blog yang anda kelola, baik dihalaman posting, sidebar, maupun footer anda tinggal menambahkan fungsi tag tersebut yang dimaksud. sehingga menjadi seperti contoh penempatan dibawah ini :

<div><g:plusone size="medium" annotation="inline" width="150" href=" data:posts.url"></g:plusone></div>

Bagaimana mudah bukan?

Mungkin itu sedikit penjelasan singkat mengenai posting ini dan sebenarnya waktu anda melakukan settingan pada uraian diatas opsi lanjutan > Sintaks HTML5 yang Valid diberi tanda centang, itu maksudnya agar tombol plus one atau (+1), valid HTML 5. Sampai disini saya berharap anda bisa mengerti Cara Membuat Tombol Google Plus One (Google+1) Valid HTML 5.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.
Salam…

Posted by : Kraeng Francisco | Tuturial Blog | Tips and Trik Komputer | Tips and Trik Internet | SEO

Artikel Cara Membuat Tombol Google Plus One (Google+1) Valid HTML 5 diposting oleh Kraeng Francisco pada January 6, 2013. Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar.. Jika diperlukan Artikel ini bisa disebarluaskan melalui blog sobat, dan atau mohon sebutkan sumbernya dengan tautan link aktif ke postingan ini atau letekkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Terima Kasih. Salam...


Artikel Terkait

12 comments:

  1. Pagi Kraeng Fransisco, bisa saya minta tolong sob, coba kesebelah buka salah satu postingan saya, knapa sidebar saya tidak muncul pada halaman posting yaa, apa browser saya yang bermasalah atau template saya, kalau memang tetap tidak muncul sidebarnya tolong kabari saya.Nanti saya pasang juga tombol G+ nya yang valid HTML 5 sob...

    ReplyDelete
  2. hehehehe,,,,sidebar blog saya sudah kembali sob...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan sidebar yang tidak muncul, tetapi rejeki lagi datang hehehehe...silahkan dipasang sebagai balasamnya disini....

      Delete
  3. Nice info sob.. Bisa saya bookmark kalo waktu butuh besok..

    ReplyDelete
  4. met pgi bang wah mantaf,ni bang trmksi'y bang

    ReplyDelete
  5. Boleh nih validasinya Teman, Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, dan terima kasih kembali atas kunjungannya...

      Delete
  6. makasih banget infonya gan,,, bermanfaat banget buat ak yg masih pemula,, :)

    ReplyDelete
  7. kalau mau naruh di halaman side bar gimana caranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk memasang pada halaman sidebar :

      • Seperti biasanya pada halaman dashbor klik menu Tata Letak.
      • Klik Tambahkan Gadget.
      • Pilih HTML/JavaScript.
      • Ketik nama widget, lalu paste kode script yang telah dicopy sebelumnya kedalam kotak yang tersedia dan klik Simpan.
      • Selesai.

      Semoga mwembantu sob....

      Delete