January 5, 2013


Cara menyebunyikan widget yang saya maksudkan disini adalah menyebunyikan widget tertentu ketika halaman posting blog dibuka, untuk demonya silahkan bandingkan antara halaman posting yang sedang anda baca dengan halaman beranda/ home blog ini, tepatnya ada beberapa widget yang terdapat pada area footer blog tidak saya tampilkan seperti yang anda lihat pada contoh gambar diatas. Dimana dalam menerapkan tekhnik yang dimaksud tidak begitu sulit dan apabila yang anda cari tentang cara menyembunyikan widget di blog, maka tidak salah lagi anda membaca posting yang akan diuraikan selanjutnya.

Hal tersebut sengaja saya lakukan dengan beberapa pertimbangan agar proses memuat konten pada halaman posting tidak begitu lama ketika dibuka, tetapi tergantung pada koneksi jaringan internet yang kita gunakan. Setelah melakukan percobaan pada koneksi jaringan internet yang saya gunakan dengan kecepatan maksimal 16 kbps hasil yang didapat ternyata sangat memuaskan. Selain itu halaman blog akan terlihat lebih rapi dengan beberapa widget yang tidak ingin kita tampilkan pada halaman posting.

Sebelum menerapkan tekhnik yang telah saya uraikan dibawah ini, terlebih dahulu catat atau buatkan sebuah daftar khusus misalnya widget mana yang akan disembunyikan pada halaman posting, contoh : barner sahabat, agar nantinya lebih enak dipandang dan utamakan widget apa saja yang memuat proses halaman posting blog berat. Maka setelah anda terapkan teknik tersebut anda sendiri bisa melihat efek loading blog ketika dibuka. Untuk keperluan dalam hal ini, silahkan selesaikan langkah-langkah berikut :

Login atau pastikan anda sudah berada pada halaman dashbor.

• Klik menu Template dan jangan lupa untuk simpan Template lebih dulu, menjaga kemungkinan terjadi eror, klik Cadangkan/Pulihkan lalu klik Unduh Template Lengkap, selanjutnya Tutup.

• Klik Edit HTML dan beri tanda centang pada kotak Expand Template Widget.

• Kemudian apabila sudah menentukan widget yang mau disembunyikan, saya berikan contoh : misalnya anda ingin menyembunyikan widget Barner Sahabat atau dan lain-lain, maka berikutnya.

• Untuk mempermudah pencarian pada keyboard tekan Control+F, cari nama widget dan ketik contoh pada point ke 4 : Barner Sahabat. Lalu copy kode ( b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'> ), dan letakkan dibawah kode <b:includable id='main'>, selanjutnya copy code </b:if> dan simpan kode </b:if> tepat diatas kode </b:includable>.

• Perhatikan contoh struktur template di bawah ini yang diberikan tanda warna merah.

<b:widget id='HTML5' locked='false' title='Barner Sahabat' type='HTML'>
<b:includable id='main'>
<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
<!-- only display title if it's non-empty -->
<b:if cond='data:title != &quot;&quot;'>
<h2 class='title'><data:title/></h2>
</b:if>
<div class='widget-content'>
<data:content/>
</div>

</b:if>
</b:includable>

• Klik Pratinjau, apabila tidak terjadi kesalahan saat edit template, lalu klik Simpan Template dan lihat hasilnya dengan membuka salah satu dari halaman posting diblog yang anda kelola.

Apabila anda ingin menyembunyikan beberapa widget lain diantaranya lakukan hal yang sama, seperti pada uraian diatas, jadi intinya cara mengetahui nama widget hanya dengan mengetik nama widget yang anda tempatkan pada halaman sidebar kiri, kanan maupun pada area footer blog dan gambar diatas hanyalah sebagai contoh widget yang saya sembunyikan pada blog ini.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Salam…

Posted by : Kraeng Francisco | Tuturial Blog | Tips and Trik Komputer | Tips and Trik Internet | SEO

Artikel Cara Menyembunyikan Widget Di Blog diposting oleh Kraeng Francisco pada January 5, 2013. Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar.. Jika diperlukan Artikel ini bisa disebarluaskan melalui blog sobat, dan atau mohon sebutkan sumbernya dengan tautan link aktif ke postingan ini atau letekkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Terima Kasih. Salam...


Artikel Terkait

17 comments:

  1. betul sekali sob, dengan menyembunyikan beberapa widget di halaman tertentu bisa membuat loading blog kita sedikit ringan.

    terimakasih sob tipsnya yang bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sob, sehingga tekhnik tersebut pantas untuk diterapkan pada blog yg saya kelola, semoga ada yang ingin terapkan juga pada blog yang mereka kelola....Terima kasih

      Salam.

      Delete
  2. Bisa gak Dengan menyembunyikan widget di blog, saya mau atur yang tampil di halaman depan cuma menu aja.. gak ada tampilan posting ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk keperluan yang sobat maksud menghilangkan tampilan posting sebenarnya mudah saja, tetapi begini sob, sebaiknya dipikirkan efek buruk dari penerapan teknik tersebut. dalam arti bahwa setelah kita menghilangkan semua posting dari halaman beranda atau home, apakah semua tampilan halaman depan sudah mendukung untuk menavigasi halaman yang lain ketika pengunjung berada di halaman mana yang mereka berada. Jika ia, untuk keperluan cara menghilangkan posting dari beranda atau home, pada halaman dashbor, masuk ke menu setelan > pos dan komentar > Pos > tampilkan sebanyak mungkin > masukkan angka nol (0) > terakhir klik siimpan setelan.

      Sekian mungkin bisa membantu dalam hal ini....

      Terima kasih

      Delete
  3. Postingannya sgat bermanfaat bagi saya blogger pemula.. Thanks sobat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama sobat dan terima kasih juga sudah meluangkan waktu untuk membacanya.

      Delete
  4. Replies
    1. Terima kasih dan silahkan diambil poin pentingnya...

      Delete
  5. Widget Burung Twitter, FB-Fanspage Likebox, Widget Salju punya saya mejeng terus di Homepage dan laman lainnya. Sepertinya akan rapi dengan post agan ini. Thank ya gan. Izin nyedot.
    Oh ya gan LINK-BANNER agan sudah saya pasang di Blog saya, (Hotline Terkini), mohon linkbacknya.
    Salam Blogger.

    ReplyDelete
  6. Makasih yupz mas ^___^ tutorialnya
    sepertinya bagus nih untuk saya terapkan di template saya

    ReplyDelete