January 19, 2013


Ketika komputer diinstall windows baru, menu Run yang terdapat pada Start Menu Items, tidak secara otomatis muncul atau tampil pada Start Menu apabila diklik, oleh karena itu kita harus memunculkannya secara manual dengan melakukan beberapa trik yang sederhana. Caranya sangat mudah dan cara inipun sudah banyak sekali yang membahas lebih dulu.

Dan kemudian Arikel ini sekaligus menanggapi pertanyaan salah seorang sahabat blogger terbaik blog ini, pada artikel sebelumnya disini. Wajar saja jika muncul pertanyaan yang dimaksud sesuai judul diatas, karena ada pula yang belum mengetahui hal tersebut. Selanjutnya mungkin ada yang bertanya, Apa fungsi dari menu Run pada windows?

Fungsi menu Run pada windows adalah perintah untuk memanggil program bawaan windows atau perintah fungsi-fungsi program yang telah terinstall pada system operasi windows. Dengan menu run tersebut kita dapat menjalankan dan atau menampilkan perintah windows yang terdapat pada Registry, msconfig, gpedit.msc dan lain sebaginya dengan cepat, singkatnya seperti itu.

Disini saya akan memberikan tutorial sesuai judul diatas yaitu pada windows XP dan Windows Seven, karena pada umumnya pengguna windows yang saya ketahui selalu memakai windows XP dan Seven. Untuk windows vista walupun masih ada, tetapi sudah jarang saya temukan dilapangan yang memakai Windows Vista dan untuk Windows Eight saya belum tahu karena saya belum mencobanya, tetapi pada intinya tetap sama.

Untuk keperluan tersebut, apabila anda membutuhkan silahkan ikuti uraian dibawah ini dan selesaikan secara berurutan.

Pertama, Memunculkan / Menampilkan Menu Run Pada Windows XP

• Klik kanan pada Start Menu > Properties. Selanjutnya akan muncul jendela Taskbar and Start Menu. Kemudian…

• Klik tab menu Start Menu > Customize. Perhatikan pada jendela Taskbar and Start Menu Properties terdapat 2 pilihan Start Menu dan Classic Start Menu, namun disini saya memberikan petunjuk pada pilihan yang pertama.

• Lalu setelah klik Customize akan muncul jendela berikutnya Customize Start Menu, pilih tab Advanced > pada Start Menu Items geser Scroll kebawah dan cari Run Command.

• Apabila telah menemukan Run Command beri tanda centang atau ceklis pada kotak.

• Terakhir klik OK lalu Apply dan tutup jendela window yang masih terbuka, lihat hasilnya.

Kedua, Memunculkan / Menampilkan Menu Run Pada Windows Seven (7)

• Klik kanan Star Menu > Properties.

• Jika jendela Taskbar and Start Menu Properties telah terbuka pilih tab Start Menu lalu Customize.

• Jendela berikut Costumize Start Menu arahkan Scroll kebawah dan cari Run Command beri tanda ceklis atau centang pada kotak.

• Terkahir klik OK > Apply. Lihat hasilnya seperti yang terdapat pada gambar diatas.

Uraian diatas dapat pula anda terapkan untuk segala keperluan misalnya ingin menghilangkan atau memunculkan beberapa item yang ingin anda tampilkan contoh menghilangkan items My Document, lakukan hal yang sama seperti cara diatas atau memunculkan beberapa item yang ingin ditampilkan tinggal memberi tanda ceklis atau centang.

Selamat Mencoba.
Salam…

Posted by : Kraeng Francisco | Tuturial Blog | Tips and Trik Komputer | Tips and Trik Internet | SEO

Artikel Cara Memunculkan/ Menampilkan Menu Run Pada Windows XP dan Seven diposting oleh Kraeng Francisco pada January 19, 2013. Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar.. Jika diperlukan Artikel ini bisa disebarluaskan melalui blog sobat, dan atau mohon sebutkan sumbernya dengan tautan link aktif ke postingan ini atau letekkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Terima Kasih. Salam...


Artikel Terkait

7 comments:

  1. slamat mlm mas wah trmksih banyak mas ilmunya tlah di bagi2 kan sukses slalu buat sobat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat sobat, oh ia terima kasih telah membaca posting ini dan sukses juga untuk sobat.

      Delete
  2. terimakasih mas tutorialnya.
    makin lengkap aja disini tutorialnya..:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia, sama-sama sob. ilmu harus terus dibagikan sehingga bisa menjawab kebutuhan pengguna windows.

      Terima kasih untuk kunjungannya.

      Delete
  3. wow, sip sob...
    aq jg udah ngelakuin itu dn brhasil, hehehe

    ReplyDelete