February 16, 2013


Jika anda sering mengunduh sebuah berkas atau file agar kecepatan mengunduh data lebih cepat mungkin atau pasti sudah sering menggunakan Internet Download Manager atau yang sering disebut idm. Selanjutnya bagi anda yang belum tahu, bertanya apa itu idm? perlu membaca pada artikel terdahulu disini dan apabila belum memiliki software tersebut silahkan mengunduhnya, dimana sudah saya sediakan pula secara gratis untuk di download.

Dari pilihan judul diatas, ini adalah sebuah solusi yang tepat bagi anda, kerena sebagian pengguna software idm, banyak yang bertanya kepada Kraeng Francisco kira-kira seperti ini, "kenapa saat mengunduh file atau sebuah berkas di tempat kerja menggunakan idm kecepatan transfer menjadi lambat dan begitupun loading internet? sementara kecepatan internet sudah memenuhi kriteria (super cepat)", itu bisa debabkan oleh beberapa hal diantaranya:

• Mengunduh file 2 dan seterusnya sekaligus secara bersaman, bisa mengakibatkan speed atau kecepatan transfer data tidak terbagi secara merata.
• Banyak pemakai, 2 orang atau lebih, misalnya dalam 1 ruangan kerja terdapat banyak komputer yang semuanya melakukan aktifitas download secara besamaan pula menggunakan IDM.

Sudah pasti bahwasannya jika 2 atau 3 pengguna melakukan download secara bersamaan maka kecepatan internet tidak akan stabil dan sering terjadi naik turunnya bandwidth dengan pembagian yang tidak merata dari kecepatan upload dan download data seperti halnya yang telah dijelaskan pada point pertama.

Berbeda dengan penggunaan standar browser yang kita pakai, karena setiap file yang kita unduh tidak akan mempengaruhi loading menjadi lambat apabila membuka banyak tab jendela baru. Tetapi jika menggunakan idm sudah sangat berbeda nyata, karena setiap kecepatan transfer data idm 5 kali lebih cepat dibandingkan program bawaan browser.

Kalau saja anda sering kewarnet, pernakah anda perhatikan pada komputer? pasti tidak diinstal software tersebut alasanya karena jika pada 1 komputer saja yang diinstal idm sementar komputer lain tidak dinstal idm, maka yang jelas apabila 1 komputer yang telah terpasang idm sedang download, otomatis komputer lain koneksi internetnya akan terjadi penurunan data transfer volume waktu.

Kalaupun anda melihat komputer di warnet yang menginstal program tersebut, itu sudah dibagi kecepatan data transfer untuk setiap komputer masing-masing, sehingga tidak mempengaruhi kegiatan aktifitas internet pada komputer lain. Selanjutnya…

Agar koneksi internet dan antara kecepatan download menggunakan internet download manager dapat dibagi rata, anda perlu melakukan trik dibawah ini. Bukan atau tidak mungkin hanya berlaku ditempat kerja saja, juga pada komputer dirumah yang anda gunakan lebih utamanya pada pembahasan ini, silahkan ikuti langkah-lagkah dibawah secara berurutan :

1. Buka program idm  melalui program file atau yang terdapat pada desktop.
2. Setelah layar jendela idm terbuka pada tab menu klik menu Download > Speed Limiter > Setting, jangan lupa pada Speed Limiter pilih Turn on. Perhatikan gambar dibawah.


3. Lalu selanjutnya akan terbuka jendela baru, pada kotak Maximum download for one file ketik angka yang dimaksudkan untuk pembagian kecepatan download dari setiap file. Misalnya setiap file, data transfer download file dibagi 30 KBites/sec.
4. Centang atau beri tanda ceklis pada kotak Always turn on Speed Limiter on IDM Startup dan klik OK.

Gambar langkah ke 3 dan 4


5. Selesai.
6. Untuk mengembalikan kecepatan transfer kembali kesemula atau normal, klik Turn off pada pengaturan Download > Speed Limiter > Turn off

Dengan cara diatas setelah anda mengaktifkan Speed Limiter on IDM Startup, maka proses download setiap file, 2 atau lebih akan dibagi masing-masing kecepatannya dan sesuai waktu yang ditunjukkan pada jendela transfer data dan aktifitas internet andapun berjalan normal sesuai yang diinginkan.

Selamat mencoba, sekian dan terima kasih.
Salam...

Posted by : Kraeng Francisco | Tuturial Blog | Tips and Trik Komputer | Tips and Trik Internet | SEO

Artikel Cara Membagi Kecepatan Download Pada IDM diposting oleh Kraeng Francisco pada February 16, 2013. Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar.. Jika diperlukan Artikel ini bisa disebarluaskan melalui blog sobat, dan atau mohon sebutkan sumbernya dengan tautan link aktif ke postingan ini atau letekkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Terima Kasih. Salam...


Artikel Terkait

17 comments:

  1. selamat Pagi sobat Kraeng Fransisco,,,pagi pagi saya datang lagi nich sob ngesot untuk mencari Ilmu di blognya sobat...besok besok kalau saya mau mendownload pakai IDM saya akan mencoba untuk Membagi Kecepatan Download Pada IDM....makasih sob atas sharenya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 sobat, silahkan dan terima kasih kembali.

      Delete
  2. heheehhe kapan2 bisa dipraktekin nih sob

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia, silahkan apabila memerlukan dikemudian hari sob....

      Delete
  3. gitu ya mas. tapi saya cuma membagi bandwidth koneksi aja di setiap komputer tanpa membagi limite IDMnya..hehehe tapi lancar-lancar aja.

    menurut saya kalau lambat itu disebabkan pembagian bandwidth koneksi disetiap komputer tidak merata. bukan dikarenakan limite IDM. ini cuma pengalaman saya aja mas.

    saya tidak bermaksut bilang kalau tips mas Kraeng itu salah.
    sebelumnya saya minta maaf mas...:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh,ia benar sob, seperti yang telah saya jelaskan dapat dipengaruhu oleh beberapa faktor diatas dan diantaranya pada point pertama dan kedua. jadi saya setuju dengan pendapat sobat untuk kekurangannya, tetapi secara umum pembagian bandwidht yang merata kadang tidak menjamin 100% ya sob, menurut pengalaman seperti itu pada beberapa komputer client.

      Sebenarnya saya sempat memikirkan seperti pendapat sobat, tetapi mungkin dilain waktu akan dibahas pada posting yang berbeda.

      hehe tidak apa2 sob, ilmu perlu ada sering, jadi jika ada kekurangan perlu ditambahkan atau diperbaiki....

      Terima kasih sharingnya...Salam.

      Delete
  4. oke kawan,,,sangat bermanfaat,,nanti jika di perlukan setidak sy sdah paham,tinggal mempraktekkannya,, :)

    ReplyDelete
  5. IDM ku error, kt nya sih harus update dan bayar ...huh. Pdhl kenceng banget klw buat dunlut

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa sampai dimnta bayar sobat...hehe pake saja yang telah saya sediakan link diatas.

      Semoga membantu. Salam....

      Delete
  6. sore sob,,,,ada Award untuk sobat,,,kesebelah yaa untuk mengambil Awardnya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok, Terima kasih sobat Hayardin atas informasinya....

      Delete
  7. terima kasih mas pengertianya..hehehe
    mas Kraeng cocok banget kalau suruh buat artikel tips dan trik.

    alur artikelnya nyambung dan gampang dipahami.

    Indah, yang error tuh bukan IDMnya. tapi laptopnya yang minta adik..xixixi

    ReplyDelete
  8. hehe, sebenarnya yang saya bikin berdasarkan pengalaman kerja saja sob...itupun masih banyak yang lebih tahu dari saya ...duduk dibangku kuliah saja tidak pernah ....makanya kata2 kadang membuat yang baca sedikit bingung.( LOL ).

    Wah Mbak indah apa betul bukan IDMnya, tetapi lapto yang minta....? hehe

    ReplyDelete
  9. Berkunjung perdana kesini gan di tunggu kunjungan baliknya

    ReplyDelete
  10. Kunjuungan malam mas bro. salam kenal sebelumnya hehehe. keren nih blognya ijin nyimak dulu mas ya. banyak info2 yang bagus nih disini. Mantap !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam dan terima kasih kembali atas kunjungannya sob....

      Delete