February 8, 2013


Setelah saya amati selama berbulan-bulan dan kadang sampai bertahun banyaknya pengguna blog yang makin hari bertambah jumlah hari ke hari bisa mencapai ribuan pendaftar baru diseluruh dunia. Mengingat hal tersebut dari judul yang saya pilih hanya ingin berbagi dan bukan menggurui anda, karena mungkin anda lebih mengetahui semua dibandingkan admin.

Kita kembali ke topi pembahasan, meninggalkan komentar sebagai Nama/URL yang dimaksudkan pada pembahasan ini, bagaimana caranya kita menyisipkan komentar tanpa meninggalkan link pada kolom kotak komentar, karena jika saya amati para pengguana blog sering kali menerapkan aturan dan kadang aturan tersebut tidak dibaca terlebih dulu saat kita berkomentar.

Dari hal tersebut kadang komentar kita dihapus, karena pemilik blog menganggap tidak dihargai dengan aturan yang ia tetapkan. Oleh karenanya kembali kepada pribadi saya sebelum saya menyapaikan hal tersebut, dulu memang awalnya saya baru terjun didunia blogging sering meninggalkan link pada kolom kotak komentar tetapi ketika saya berkunjung kembali dan melihat komentar yang saya tinggalkan ternyata telah dihapus oleh pemilik blog dan bahkan tidak diterbitkan bagi yang moderasi komentar pada blog, sudah pasti saya merasa punya kesalahan.

Kemudian dalam hati bertanya kenapa komentar saya dihapus dan tidak publikasi, mahu tidak mahu blogwalking sambil cari tahu informasi yang sebenarnya. Ternyata ada alasan tersendiri kenapa komentar saya kadang dihapus? yang pertama, komentar saya hanya bertujuan mengotori kotak komentar. Kedua, komentar saya bertujuan SPAM. Ketiga, karena bahasa yang saya gunakan sangat baku (tetapi yang ini bagi saya selaku Admin blog Kraeng Francisco tidak menjadi soal, karena setiap orang memiliki gaya bahasa yang berbeda).

Selanjutnya saya berpikir kembali bagaimana caranya agar komentar yang saya tinggalkan tidak mengotori dan atau berbau SPAM? hmm…ternyata blogger telah menyediakan fasilitas untuk berkomentar sebagai Nama/URL. Tetapi kadang pemilik blog tidak mengijinkan komentar bagi semua orang, termasuk pengguna tanpa nama atau yang sering disebut komentar Anonymous. Itu menurut pikiran saya gampang saja, tidak usah meninggalkan komentar jika tidak berminat, bukankah begitu?

Dan jika kita amati kembali, masih ada cara lain, berkomentar sebagai pengguna terdaftar – termasuk pengguna terdaftar OpenID, pengguna dengan akun google dan hanya anggota blog apabila telah mengikuti dan atau follow blog tersebut yang dimaksud. Namun mungkin kita tidak membahas tentang hal tersebut, yang ingin kita pelajari bagaimana berkomentar sebagai Nama/URL, bukankah begitu? jika ya, bagi sobat semua yang masih baru mengenal dunia blogging ataupun lama sekalipun karena mungkin dapat dijadikan referensi yang benar, silahkan ikuti cara yang disampaikan selanjutnya.

Caranya adalah sebagai berikut :
1. Perhatikan gambar.


Keterangan :
• Klik pada tanda panah yang diberi no ( 1 ).
• Klik Name/URL ( 2 ).

2. Setelah mengklik Name/URL akan muncul jendela baru Edit Profile ketik Nama anda dan atau Nama blog, kemudian masukkan alamat URL blog dan bisa juga URL yang mengarah pada judul posting anda.


3. Kemudian klik Continue, lalu publikasikan komentar anda.
4. Selesai.

Perlu diketahui sebenarnya banyak yang tidak terlalu berpikir untuk menjelaskan uraian diatas, karena mungkin menurut kita tidaklah terlalu penting, namun bagi mereka yang belum tahu pasti sangatlah dibutuhkan, sebab hal yang mudah sering kali kita menganggap sepeleh. Oleh karena itu dalam menyampaikan tekhnik ini, tidaklah salah apabila kita mau belajar untuk tahu, walupun banyak dan jika ada yang beranggapan dan atau posting ini tidaklah bermutu, tetapi bagi saya semuanya adalah proses belajar dan bagaimana sekarang kita mempraktekkannya.

Sekian dan Terima Kasih.
Salam...

Posted by : Kraeng Francisco | Tuturial Blog | Tips and Trik Komputer | Tips and Trik Internet | SEO

Artikel Cara Meninggalkan Komentar Sebagai Nama/URL Di Blogspot diposting oleh Kraeng Francisco pada February 8, 2013. Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar.. Jika diperlukan Artikel ini bisa disebarluaskan melalui blog sobat, dan atau mohon sebutkan sumbernya dengan tautan link aktif ke postingan ini atau letekkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Terima Kasih. Salam...


Artikel Terkait

36 comments:

  1. selamat Pagi Sobat Kraeng Fransiso...betul sekali yang sobat bilang,,,tutorial sederhana di atas sangat dibutuhkan oleh blogger yang baru berjabat tangan dengan dunia blogging yang kadang tidak kita perhatikan yang sudah terlalu lama menylami dunia blogging....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ternyata sependapat juga, Terima kasih sob....semoga kedepannya kita dapat memperhatikan bagaimana cara berkomntar menggunakn fasilitas yang telah disedikan oleh blogger dengan benar.

      Salam...

      Delete
  2. Replies
    1. hehe...dulangi kembali jika belum berhasil...Terima kasih sob untuk partisipasinya dalam memberikan komentar pada artikel ini.

      Delete
  3. Buat bloger sangat bermanfaat sob. Trima kasih dah di ijin kan berkomentar. Colek balik dong. Hahaha. Salam bloger.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sob, saya sependapat dengan anda. terima kasih dan silahkan berkomentar sepuasnya hehehe. Ok sob nanti dicolek balik, LOL, Salam blogger.

      Delete
  4. Wahh...baru tau nih saya ada model lain. mksh ilmunya mas. Oh iya...ada award yg nunggu, diambil yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mbak. terima kasih informasinya ya. segera diambil

      Delete
  5. bener sob, bermanfaat banget untuk para sobat blogger yg baru terjun di dunia blogging ^_^

    ReplyDelete
  6. nice sharing sob, semoga bermanfaat ilmunya

    ReplyDelete
  7. Blog Walking Sob, Salam kenal.

    Yups Saya setuju, sebaiknya tidak meninggalkan link di kotak komentar terutama link iklan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok, terima kasih untuk blogwalkingnya.

      Ok, saya sependapat dengan komentar sobat. Terima kasih

      Delete
  8. Bagus banget sob...langsung ane test.
    hehehe

    ReplyDelete
  9. betul sob,untuk uraian diatas memang jarang sekali yang membahasnya dalam posting.mungkin dianggap masalah ini gampang.
    tapi yang pasti uraian diatas sangat membantu untuk para blogger pemula belajar lebih banyak lagi tentang fasilitas blog.
    salam sukses selalu sob.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, saya sangat sependapat dengan pemikiran sobat....

      Salam....

      Delete
  10. y bener sob..kadang yg sepele sering kita abaikan..
    nice share,,sy ak coba belajar untuk menghargai yg sepele itu.. :D

    ReplyDelete
  11. ini artikel jarang di posting orang sob.
    menurut saya ini artikel yang sangat bermanfaat.

    saya salut sama sobat yang kreaktif dan punya bahasa sendiri cara buat artikel.
    semoga sukses selalu ya kawan.

    ReplyDelete
  12. di tess gan ,, berhasil ... di tunggu kunjungan baliknya ..

    ReplyDelete
  13. thanks gan... langsung tkp...ahaihihihi

    ReplyDelete
  14. mantap gan artikelnya... trimaksih banyak gan.. :)

    ReplyDelete
  15. Gan, bgaimana jika Nama/URL-nya tdk ada pada pilihan komentar, seperti pada blog ini saya tdk dapat ???
    mhon pnjelasannya gan....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sobata buka menu setelan > pos dan komentar > siapa yang dapat mengomentari > pilih pengguna terdaftar > lalu simpan..

      Semoga membantu. Salam.

      Delete
  16. mantap sukses selalu buat anda trmaksih banyak gan

    ReplyDelete