February 25, 2013


Tepat Tanggal 24 yang lalu ketika sedang berbincang bersama saudara +Hayardin Putra di google plus serta membalas komentar dan lain sebagainya, Admin sempat berpikir untuk menutup pemberitahuan masuk dari google plus ke kotak masuk email yang begitu banyak sehingga dan setelah itu adminpun baru sadar ternyata email admin dapat dilihat oleh publik pada menu tentang, karena sebelumnya belum di sembunyikan.

Lalu admin sempat melihat profil google plus dari semua pengikut dan teman-teman yang selama ini sering bercakap-cakap dengan admin satu per satu admin cek, ternyata masih banyak juga email mereka yang dapat dilihat publik. Dalam hal ini tentu semua pengguna google plus belum banyak yang menjaga akunnya dari gigitan semut merah pastinya, karena bisa saja terjadi kemungkinan hal-hal yang tidak pernah kita bayangkan.

Sebenarnya admin tidak perlu lagi menginformasikan dalam hal ini karena banyak yang sudah tahu, tetapi jika dipikir hal yang sepeleh seperti ini kadang pengguna lain di google plus tidak pernah tahu akan sebab dan akibat yang bisa saja terjadi dikemudian hari nanti. Oleh karena itu informasi ini hanya untuk mengingatkan suadara, walaupun yang kita ketahui email kita bisa dilihat publik untuk mempermudah mengirim surat elektronik dan lainnya, tetapi dalam hal tersebut masih ada cara lain dan dapat diberitahukan lewat obrolan di google plus dan atau masih banyak lagi.

Dari pembahasan ini mungkin anda bertanya, kenapa kita perlu menyembunyikan email di google plus?

Disederhananakan, karena email (gmail) kita yang terpajang di google plus bisa dilihat oleh publik untuk itu, kita perlu melindungi akun gmail milik kita, dimana gmail (milik google) bisa dipakai untuk semua akun seperti google plus, blogger, youtube, google drive dan lainnya. Tetapi memang semua ini google telah memberikan keamanan khusus untuk melindungi akun kita, seperti verifikasi 2 langkah dan lain sebagainya sesudah dan atau setelah kita mendaftar akun baru di gmail melalui setelan akun google.

Dan menurut saya opsi verikasi 2 langkah sangatlah ampuh untuk menjaga kemanan akun kita dengan selain memasukkan kata sandi kita juga diberi langkah untuk memasukkan kode kemanan yang dikirim lansung ke ponsel milik pribadi kita, setelah itu baru bisa masuk ke salah satu akun kita di layanan milik google.

Jadi bagaimana supaya email anda tidak bisa dilihat oleh publik di google plus? jawabannya cara yang paling aman adalah disembunyikan, caranya edit kembali pada menu tentang, kemudian pilih home atau rumah dan pilih pengaturan dapat dilihat hanya anda. Bagi pendaftar baru di google plus, jika anda merasa kesulitan, sebagai contohnya anda bisa mengikuti uraian singkat dibawah ini :

1. Pastikan anda sudah login terlebih dulu ke google plus.
2. Kemudian pada halaman profil anda, klik tombol edit yang berada disamping foto profil.
3. Scrool kebawah cari tulisan home atau rumah dan klik pada bagian tersebut. Perhatikan gambar.


4. Setelah itu klik pada tanda panah atas dan bawah yang diberi tanda seperti gambar berikut ini, apabila sebelumnya masih dalam pengaturan normal, tertulus Publik.


5. Ganti Publik dengan memilih Hanya Anda seperti pada gambar berikut dan klik Simpan. Kemudian klik Pengeditan Selesai.


6. Untuk melihat hasilnya, agar lebih mudah sebaiknya gunakan 2 browser di komputer anda.

Demikan informasi singkat ini, semoga dapat diambil guna dan manfaatnya. Sekian dan Terima Kasih.

Salam...

Posted by : Kraeng Francisco | Tuturial Blog | Tips and Trik Komputer | Tips and Trik Internet | SEO

Artikel Menyembunyikan Email Di Google Plus diposting oleh Kraeng Francisco pada February 25, 2013. Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar.. Jika diperlukan Artikel ini bisa disebarluaskan melalui blog sobat, dan atau mohon sebutkan sumbernya dengan tautan link aktif ke postingan ini atau letekkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Terima Kasih. Salam...


Artikel Terkait

11 comments:

  1. punya saya sudah disembunyikan apa belum ya..
    saya cek dulu tar mas..hehehe

    kalau yang cuma temen baik nggak masalah. tapi kalau orang iseng suka jail, jdi masalah..hehe

    terima kasih sudah mengingatkan mas.

    ReplyDelete
  2. selamat pagi sobat Kraeng Fransisco...betul sekali yang sobat katakan, verifikasi 2 langkah sangat Ampuh untuk menjaga akun google kita, saya sendiri masih menggunakan verifikasi 2 langkah, tapi sayangnya kalau kita menggunakan verifikasi 2 langkah kita tidak bisa login di google free zone untuk menggunakan layanan internet gratis google. e-mail saya juga belum saya sembunyikan di google plus sob...langsung deh nanti saya praktek kalau postingan saya juga sudah selesai saya publish...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jujur saya sendiri belum menggunakan free zone jadi belum saya coba. ya sebaiknya disembunyikan sobat.

      Delete
  3. siap kawan,,demi keamanan privasi kita,ada baiknya kita lakukan hal tersebut,,
    nice share

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya sob....mungkin akan lebih baik jika akun kita terjaga....

      Delete
  4. Klau saya semuanya tak jadiin publik mas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung penggunanya sob.... dulu memang awalnya saya seperti itu, setelah dipikir2 dan atas berbagai pertimbangan, akhirnya sekarang telah saya sembunyikan.

      Delete
  5. Wah baru tau nih....praktek ah. Oh iya mas, klw ada email baru masuk apa langsung bisa masuk di G+ juga? atau dipindah secara manual?

    ReplyDelete
    Replies
    1. email di google plus tu kan untuk email G+ sobat, sepertinya tidak bisa diganti..... karena setahu saya email yang telah ada tidak bisa rubah, kecuali dibuatkan baru lagi untuk satu akun G+.

      Delete
  6. Kalau saya memang gak pernah gunakan Google Plus Mas,tapi bagi teman yang lain ini jadi solusi buat amanin emailnya :)

    ReplyDelete