February 27, 2013


Setelah kita membuat blog baru, agar blog kita dapat muncul dengan cepat pada alat penelusuran, tentu yang harus dilakukan adalah mengelola situs blog terlebih dulu di alat webmaster google. Jadi tidak perlu mendaftar karena untuk pengguna blogspot baik yang gratis maupun berbayar sudah otomatis blog terdaftar di webmaster tools.

Kemudian cara yang saya sampaikan disini sangatlah mudah dan tentu anda harus memiliki akun milik google seperti gmail dan blogspot. Sebelum kita membahas lebih lanjut cara menggunakannya, ketahuilah terlebih dulu apa itu google webmaster tools dan manfaatnya.

Google Webmaster Tools merupakan sebuah sarana atau alat yang disediakan oleh google dalam menganalisa informasi website. Informasi yang dimaksud seperti halaman indeks, kata kunci, dan halaman statistik blog dan atau lain sebagainya.

Manfaat Google webmaster Tools untuk : Mengetahui tautan link pada website ( link eksternal dan internal ), mengetahui kesalahan merayap (crawl) seperti URL eror, mengetahu informasi pada hasil pencarian di SE (Seacrh Engine) dan atau data blog yang telah diindeks dengan adanya peta situs dan lain-lain.

Dimana dalam mengoptimalkan blog akan membantu robot google marayap data blog agar cepat terindeks melalui default blogspot feed system, serta menjaga kesehatan situs blog kita, singkatnya demikian. Lalu yang menjadi pertanyaan bagaimana cara menggunakan google webmaster tools? silahkan ikuti uraian dibawah ini dan selesaikan secara berurutan.

1. Pastikan telah masuk lebih dulu di blog blogspot anda.
2. Kunjungi situs Google Webmaster Tools.
3. Kemudian masukkan email/user name dan atau password anda, klik tombol Sigin.
4. Setelah masuk, bagi pengguna blogspot sudah otomatis akan muncul nama blog anda dijendela beranda webmaster tools seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya.
5. Kemudian klik Manage Site/_Kelola Situs, lalu klik Add or remove users/_Menambah atau menghapus pengguna.


6. Pada halaman berikut perhatikan tulisan Manage site owners/_kelola pemilik situs, klik tulisan tersebut untuk memastikan apakah laman anda sudah terverifikasi. Apabila sudah akan tampak seperti gambar dibawah ini.


7. Lalu klik Verify using a different method/ Verifikasi menggunakan metode yang berbeda, lihat disebelah atasnya. Anda akan menemukan beberapa pilihan yang terdapat didalamnya seperti gambar berikut, pilih HTML tag agar lebih mudah.


8. Copy kode dalam kotak seperti gambar dibawah, selanjutnya paste bawah kode <head> pada editor template blog anda.


Caranya:
• Pada halaman draf blogger, klik Template.
• Kemudian klik Edit HTML.
• Jangan lupa Expand Template Widget.
• Cari kode <head>, paste kode yang tadi tepat dibawahnya.
• Lalu klik Simpan Temlate.

9 Jika sudah tutup kembali editor template blog. kembali ke halaman tadi (langkah kedelapan), klik tombol Verify/Verifikasi.

10. Apabila berhasil, maka akan muncul halaman seperti dibawah ini, artinya sukses. Lalu klik continue/selanjutnya.


Langkah-langkah diatas telah selasai agar semua data blog anda dapat cepat terindeks di hasil penelusuran, maka yang harus dilakukan adalah submit sitemap/ mengirimkan peta situs, setelah mengklik Continue/selanjutnya pada langkah ke 10 diatas.

1. Masih pada halaman Home atau Beranda Webmaster tools klik nama blog anda.
2. Kemudian klik Optimizatoin/Pengoptimalan > Sitemaps/Peta situs > ADD/TEST SITEMAPS / tambahkan uji peta situs.
3. Pada kotak tambahkan kode feeds/posts/default?redirect=false, lalu klik tombol klik Submit Sitemap.
Contoh : http://kraeng-francisco-tuturial.blogspot.com/ feeds/posts/default?redirect=false.

Keterangan Gambar langkah 1, 2 dan 3.


4. Setelah mengkilik tombol submit, refresh kembali halaman tersebut, tekan F5 pada keyboard. Maka akan muncul halaman seperti dibawah ini.


5. Selesai, selamat anda berhasil.

Perlu diketahui alat webmaster tidak akan menjamin kapan akan muncul indeks dalam hasil penelusuran dan tunggu sampai alat webmaster google marayapi semua data blog anda. Maka setiap kali anda terbitkan artikel yakinlah semua judul yang telah diterbikan tidak akan menunggu lama muncul pada hasil pencarian.

Sekian dan terima kasih.
Salam... 

Posted by : Kraeng Francisco | Tuturial Blog | Tips and Trik Komputer | Tips and Trik Internet | SEO

Artikel Cara Baru Menggunakan Google Webmaster Tools diposting oleh Kraeng Francisco pada February 27, 2013. Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar.. Jika diperlukan Artikel ini bisa disebarluaskan melalui blog sobat, dan atau mohon sebutkan sumbernya dengan tautan link aktif ke postingan ini atau letekkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Terima Kasih. Salam...


Artikel Terkait

11 comments:

  1. selamat Pagi sobat Kraeng Fransisco,,,Akhirnya ada yang beru juga nich sob,,,saya juga dulu waktu baru baru bejabat tangan dengan dunia blogging saya langsung daftarkan blog saya di webmastertools, dan sekarang jeng jeng,,,ada beberapa duplikat di laporan webmastertools...sana sudah mengggunakan cara ini cara itu tapi tetap duplikatnya ada,,,,ada solusi kawand ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba gunakan trik berikut sob.

      Klik menu setelan > prefensi penelusuran > Tag header robot khusus > > Edit > Laman Arsip dan Penelusuran: > beri tanda centang atau ceklis pada kota (noindex) dan (noarchive). Lalu klik simpan pengaturan.

      Semoga membantu.

      Delete
  2. wah terimksih banyak mas infonya sangat membantu sekali mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 sob....demikian yang diharapkan sob...terima kasih kembali.

      Delete
  3. sayang kalau blog yang kita kelola tidak dioptimalkan dengan google webmaster tools sedangkan fasilitas ini disiapkan gratis oleh google..trims sob sangat membantu sekali.salam...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sob...sehingga saya pikir untuk memaksimalkan blog kita di Search Engine cara ini wajib untuk kita terapkan.

      Delete
  4. Saya baru tahu nich sob ternyata webmaster tools manfaatnya besar juga, dulu saya sering mengabaikan tools ini.. ..

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. sama-sama sobat dan semoga bermanfaat.

      Delete
  6. Wahhh...... Langsung praktek nih bang. makasih

    ReplyDelete