August 26, 2012

Pemasangan rel=’canonical’ bermaksud untuk terhindar dari duplicate content terhadap judul artikel yang sama, artinya jika judul antara si A da B sama maka pada search engine/mesin pencarian seperti (Google, Yahoo dan Bing) dan lainnya akan terjadi penurunan posisi di SERP dan apa itu SERP? Kepanjangan SERP itu sendiri adalah ‘Search Engine Result Page’ dan dapat diartikan halaman yang muncul sebagai hasil pencarian yang kita cari di search engine/mesin pencarian dengan keyword/kata kunci tertentu.

Saya berikan contoh pada bulan Mei Si A Membuat Judul Cara Mengubah Tag Heading Agar SEO Friendly kemudian pada bulan Juni Si B,C,D dan seterusnnya membuat judul yang sama atau si B,C,D menjiplak atau mencontek isi artikel dari si A tanpa merubah apapun maka hal tersebut akan terjadi penurunan pada mesin pencarian, katakanlah si A yang mempunyai judul dengan keyword/kata kunci Cara Mengubah Tag Heading Agar SEO Friendly berada pada peringkat no urut 1 turun menjadi posisi 4 maka sangat bepengaruh terhadap SEO, namun untuk mendapatkan peringkat 1 dihasil pencarian tidak sangatlah muda bagi saya, semua membutuhkan kerja kerja keras dan usaha yang semaksimal mungkin agar hasil kerja keras itu bisa tercapai. 

Dengan demikian untuk tidak terjadi duplicate content artikel biasanya para pemilik suatu blog menambahkan kode seperti ini :


<link expr:href='data:blog.url' rel='canonical' />

Namun perlu diketahui sekarang dari pihak blogger sudah menambahkan kode diatas secara otomatis, bagi teman-teman Kraeng Francisco jika sudah pernah menambahkan kode tersebut, sebaiknya di hapus saja. Untuk membuktikannya dengan cara sebagai berikut :

1.      Bagi Pengguna IE (Internet Explorer) View - Source
2.      Bagi Pengguna (Firefox) View - Page Source
3.      Bagi Pengguna (Google Chrome)  Customize and Control Google Chrome - Tools - View Source.
Lakukan uji coba pada  Home atau Beranda Halaman Blog sobat.

Setelah teman-teman melakukan 3 langkah ditas maka akan muncul halaman seperti gambar dibawah, dan ini merupakan contoh pada template Kraeng Francisco.


 Jika gambar diatas masih kurang jelas fokuskan pencarian dengan kode ini rel='canonical'/> dan apabila teman-teman sudah menemukan maka pembuktian ini adalah benar.

Demikian penjelasan dari saya dan semoga dapat membantu anda. Trima Kasih


                                                         'SELAMAT MENCOBA' 

 

Posted by : Kraeng Francisco | Tuturial Blog | Tips and Trik Komputer | Tips and Trik Internet | SEO

Artikel Blogger- Tentang rel=’canonical’ diposting oleh Kraeng Francisco pada August 26, 2012. Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar.. Jika diperlukan Artikel ini bisa disebarluaskan melalui blog sobat, dan atau mohon sebutkan sumbernya dengan tautan link aktif ke postingan ini atau letekkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Terima Kasih. Salam...


Artikel Terkait

3 comments:

  1. kunjungan balik,, kawan..
    oo,, trnayata brpengaruh juga yaa,, rel=’canonical’
    nih,, ane baru tau..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia, sob sperti yang sudah saya jelaskan diatas, awalnya saya melakukan teknik dengan memasang kode agar tidak terjadi duplikat konten, ternyata setelah saya cek pada template kode rel='canonical' tersebut sudah ada, sehingga diterbitkan artikel ini. Trima kasih sudah berkunjung ke blog saya.

      Delete