September 19, 2012


Perlu kita ketahui, saat ini dalam mencari informasi yang berhubungan dengan bisnis, berita atau yang lainnya lebih cepat  dilakukan secara online, yang pada gilirannya melibatkan komputer untuk menjadi kebutuhan seseorang. Tapi seperti internet terus berkembang, munculnya kejahatan internet tampaknya tak ada habisnya. Dengan munculnya malware komputer seperti virus, worm, spyware / adware kita terus-menerus menempatkan diri pada resiko dengan hanya koneksi internet pada komputer yang kita gunakan dirumah atau ditempat-tempat lain yang terdapat jaringan internet Hotspot WiFi.

Spyware / Adware adalah bentuk terbaru dari intrusi internet, menjadi perangkat lunak yang diinstal pada komputer tanpa sepengetahuan atau persetujuan yang memungkinkan informasi tentang anda dan atau komputer anda untuk dilihat dan digunakan oleh orang lain dengan cara yang tidak diinginkan. Menjadi sangat sulit untuk menghapus sendiri biasanya memerlukan instalasi software / anti-spyware untuk menghapus sepenuhnya dari hard drive pada PC/Laptop yang anda gunakan. Banyak orang berpikir bahwa software anti-virus akan melindungi terhadap spyware juga, tetapi saya berpendapat bahwa anti-virus tidak dapat melindungi  komputer sepenuhnya dengan baik, karena software anti-virus tidak dirancang untuk secara khusus menghapus spyware, virus  terdeteksi ketika melakukan pemindahan data baik itu melalui flash disk, hard drive eksternal atau lebih cepat pada saat koneksi internet sedang berlansung.

Pertanyaan saya apakah sobat seorang pengguna internet? jika ya, sebaiknya mengunakan komputer yang terkoneksi lansung dengan internet atau bahkan jika hanya menggunakan komputer tanpa koneksi internet, gunakanlah secara teratur, jika tidak memiliki beberapa jenis antivirus dan anti-spyware yang diinstal pada komputer. Hal ini dimaksudkan agar komputer yang sobat gunakan tidak cepat diserang virus yang dapat menyebabkan system operasi komputer menjadi bekerja tidak normal.

Jadi saya sarankan :
1.  Pastikan dalam mencari  informasi melalui internet menggunakan PC/Laptop harus berhati-hati.
2.  Gunakan antivirus terpercaya yang mampu melindungi komputer lebih aman, namun jangan hanya menggunakan 1 jenis anti virus saja.
3.  Pastikan anti virus yang sobat download dari tempat penyedia download gratis mempunyai lisensi dan atau serial number yang masih bisa digunakan.

Demikan informasi ini semoga dapat bermanfaat bagi semua pengguna komputer secara online maupun offline. Sekian dan Trima Kasih.
                                                                                 

Posted by : Kraeng Francisco | Tuturial Blog | Tips and Trik Komputer | Tips and Trik Internet | SEO

Artikel Apakah Komputer Anda Benar-benar Aman? diposting oleh Kraeng Francisco pada September 19, 2012. Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar.. Jika diperlukan Artikel ini bisa disebarluaskan melalui blog sobat, dan atau mohon sebutkan sumbernya dengan tautan link aktif ke postingan ini atau letekkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Terima Kasih. Salam...


Artikel Terkait

12 comments:

  1. alhamdulillah sampai saat ini koomputer q masih aman
    mksh tips nya sob

    ReplyDelete
  2. Kalau saya pke Internet Security AVG Sob,,,
    selama ini gag npa" PC saya...
    hehe...10x

    ReplyDelete
  3. PES 2013 sudah diposting sob meski belum resmi . .
    kunjungi yaa di http://blog.teliti.net/

    ReplyDelete
  4. Ane juga masih aman sob, ane pake AIS dan smadav dan Insya Allah lancar jaya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok sob kalaui AIS saya percaya tuh bagus walaupun pake yang Free. Trima kasih sob

      Delete
  5. . . yg bikin bingunk,, pake anti virus apa ya yg gratis tapi tanggung menghilangkan virus apa pun?!? he..86x . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sarankan coba pake AVG Anti Virus...Trima kasih ya kunjungannya

      Delete
  6. klo menurut ane dua anti virus malah bikin bingung PC gan, misal yang satu cuma bisa ngedetect dan karantina , sedangkan yg satu komplit sampe bisa ngehapus itu virus.ketika file2 yg terinfeksi cuma dikarantina oleh yg ke satu pada saat nanti virus kedua mau ngehapus file yg udah terinfeksi, dia ga bisa ngehapus karena filenya di karantina oleh anti virus yg kesatu.
    ini pernah ane alamin sendiri ane pake SMADAV anti virus ke 1, ESET anti virus ke 2.Jadinya langsung BLUE Screen PC ane yg kemudian membuat PC ane harus install ulang, skrg ane malah pake cuma 1 anti virus ESET Smart Security 5.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok, terima kasih saya sangat setuju dengan pendapat sobat, mungkin saya yang salah menjelaskan.... maksud pada poin ke 2 diatas bukan menggunakan 2 anti virus sekaligus pada 1 pc atau laptop, jadi yang dimaksudkan disini adalah ketika kita menggunakan antivirus misalnya 1 versi saja, tidak menutup kemungkinan anti virus tersebut, seperti yang sobat katakan bisa menghapus beberapa virus namun hanya bisa dikarantina, sehingga diperlukan beberapa anti virus yang mampu untuk menghapus sebagian virus didalam komputer tersebut. artinya sebelum kita memasang anti virus yang lain, perlu mengremove terlebih dahulu yang pertama baru diinstal kembali anti virus yang mahu digunakan....

      Terima kasih sharingnya ya...

      Salam...

      Delete