December 14, 2012


Dalam mengcopy sebuah file untuk dijadikan keperluan yang berhububungan dengan  system operasi komputer, tentu kita harus memiliki sebuah cd/dvd windows dimana dalam pengguanaannya yang kita ketahui bahwasannya agar komputer dapat berjalan sebagaimana mestinya. Untuk itu diperlukan sebuah cd atau dvd windows, baik itu windows yang asli/original maupun yang bajakan/non original. Cd/dvd windows yang paling umum digunakan pada era globalisasi saat sekarang ini yaitu windows Xp, windows vista, windows 7 dan termasuk windows 8 yang baru-baru ini dirilis, walaupun windows 8 belum banyak yang menggunakannya.

Menangggapi pernyataan yang muncul dilapangan ternyata masih banyak pengguna komputer yang belum tahu sama sekali cara copy cd atau dvd windows ketika ingin memiliki sendiri. Hal ini sudah sering sekali saya temukan dilapangan, saat teman-teman ingin menginstal komputer selalu meminjam kepingan cd/dvd windows ke saya dan mungkin anda pernah megalaminya sendiri. Mengcopy cd/dvd windows perlu dilakukan beberapa cara dengan mengunakan sebuah software yaitu nero, lalu kenapa mesti dilakukan dengan cara atu tehknik? tentu ada alasan tersendiri agar cd/dvd windows dapat booting saat melakukan install komputer.

Pada pembahasan ini mungkin sedikit panjang jadi saya pikir anda sudah mengerti apa yang saya maksudkan dari judul diatas, untuk itu anda perlu mempelajari dan mengikuti cara yang KF sampaikan dibawah ini :

Pertama, instal terlebih dulu Nero Burning Rom dan jika belum punya silahkan download software Nero melalui situs resminya karena untuk sementara saya belum sediakan disini, dan apabila sudah terpasang sebelumnya pada komputer. Kemudian….

Kedua, masukkan keping cd/dvd windows yang akan di burning ke dalam cd drive pada komputer.

Ketiga, jalankan software Nero yang terdapat pada menu program file atau di desktop komputer anda.

Keempat, setelah layar Nero terbuka, klik pada backup > pilih jenis file windows yang akan di backup, untuk lebih jelasnya lihat gambar diatas dan arahkan kursor untuk memperbesar jika kurang jelas.

Kelima, setelah itu akan terbuka po up window  baru dan klik copy, yang berada di bawah kanan layar nero maka secara otomatis akan berlansung proses copy file. 

Keenam, tunggu selama proses copy berjalan dan kemudian selanjutnya jika sudah selesai cd/dvd drive akan terbuka dengan sendirinya, keluarkan keping cd atau dvd windows pada cd drive komputer lalu masukkan keping cd atau dvd yang masih dalam keadaan belum terpakai atau baru kedalam cd-dvd drive komputer dan tekan pada tombol open/close yang terdapat pada cd/dvd drive. Lalu 

Ketujuh, selanjutnya pada proses ini akan secara otomatis melakukan burning dan tunggu sampai proses burning selesai akan keluar dengan sendirinya keping cd/dvd yang telah di burning, Setelah itu siap digunakan.

Kedelapan, selesai.

Apabila dalam pembahasan diatas kurang jelas dan atau anda mengalami kesulitan silahkan bertanya melalui kolom kotak komentar dibawah ini, karena semua penjelasan diatas sengaja tidak saya gunakan gambar berhubung akan mempengaruhi loading blog menjadi berat.

Semoga bermanfaat, Sekian dan Terima Kasih.
Salam…

Posted by : Kraeng Francisco | Tuturial Blog | Tips and Trik Komputer | Tips and Trik Internet | SEO

Artikel Cara Copy Cd Atau Dvd Windows Menggunakan Nero Buning Rom diposting oleh Kraeng Francisco pada December 14, 2012. Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar.. Jika diperlukan Artikel ini bisa disebarluaskan melalui blog sobat, dan atau mohon sebutkan sumbernya dengan tautan link aktif ke postingan ini atau letekkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Terima Kasih. Salam...


Artikel Terkait

13 comments:

  1. belum pernah nyoba copy cd atau dvd windows sob,saya simpan nih buat dipelajari.
    mksh infonya sob,salam sukses....maaf saya juga telat hadir :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia sob, silahkan. tidak apa-apa yang penting sehat dan lancar kerjanya, salam sukses juga untuk sobat.

      Delete
  2. Wah...info nya boleh tuh mas...sy juga blm pernah coba nih soalan kya gini....ta simpan dulu ya....

    Maklum nih pc di rumah lagi...gak bisa di pke...hehe
    Trims ta mas buat info na :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok, sama-sama sob. wah kasihan tuh kalau tidak dipake hehe...Terima kasih untuk kunjungan dan komentarnya. SALAM

      Delete
  3. Bang, posisi aku kan gini. Aku punya OS ni di lappy aku. Dalam format ISO. Nah, kalau aku mau copy ke DVD, stepnya apa aja bang? Kemarin aku pilih step make Data DVD, boot nya ga nongol.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh,ia cara gini sob :
      1. Apabila sobat sudah menginstal nero.
      2. Klik 2 X pada ile iso tersebut.
      3. ikuti perintahnya sampai selesai dengan mengklik next, tidak perlu merubah yang lainnya sob....
      4. Jika sudah selesai secara otomatis DVD romnya akan terbuka sendiri.

      Semoga membantu....

      Delete
  4. mantapp gann
    makasi ya tutorialnyaaa
    suskses selalu

    ReplyDelete
  5. gan gue kan pas " mw copy DVD temen gue ..
    kebetulan kan gue belum pux kaset installer windows 8 ,,
    truss saya beli DVD-R rencananya sih mw copy DVD installer windows 8 pux temen saya ...
    tapi setelah saya jalankan proses seperti di atas ,, kok erorr pada saat proses peng copyan ??
    munculnya kaya gini ...
    erorr reading file ... !!!
    please tolong saya gan itu gimana caranya biar bisa selesai proses copy nya ??
    apa "DVD room" laptop sya sdah rusak ??
    tapi umur laptp sya baru 3 tahun gann ..
    tolong saya gan pleaseeee !!! :( :( :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, itu sebenarnya bisa jadi cd instalnya yang sudah lecet dan atau bisa jadi dvd romnya yang sudah tidak bagus dalam membaca keping.

      cara mengetasinya cukup mudah, kalau punya kenalan minta tolong pinjam saja dvd-rom yang masih bagus dalam membaca kepingan cd instalernya sob. Apabila masih belum bisa yang jelas keping cd installernya yang sudah tidak bagus atau lecet. kalau ada warnet disekitar tempat tinggal minta tolong sob hehe mereka biasanya tau bagaimana burning cd/dvd windows.....

      Delete
  6. kang mohon ijinya untuk save keterangan diatas . buat praktek....mkasih {{mohon doanya smoga berhasil }}

    ReplyDelete
  7. saya mau beckup vidio dari cd min, mau saya burning ke cd kosong. bagaimana caranya itu? tlg dibantu min. terimakasih,...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, yap masih sama caranya...lalu pilih yang akan di burning CD atau atau DVD disitu sudah terdapat pilihan. semoga membantu....

      Delete