December 26, 2012

At least one field must be set for HatomFeed jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah setidaknya harus menghindari satu bidang yang ditetapkan untuk Hatom Feed atau RSS Feed anda (kira-kira seperti itu), yaitu sebuah peringatan yang muncul pada alat uji coba data terstruktur Webmaster Tool. Hal tersebut muncul saat saya mengecek setelah ingin melakukan atau menampilkan photo profil pada hasil penelusuran google, karena sudah beberapa minggu terakhir ini photo profil saya walaupun pada alat uji coba data terstruktur Webmaster Tool muncul tetapi sudah tidak lagi muncul di hasil penelusuran google.

Setelah saya mengecek ternyata banyak sekali muncul peringatan eror, yang jelas apabila muncul peringatan eror tersebut berarti pada template blog yang kita kelola secara logis ada beberapa bagian di dalam template terjadi kesalahan yang tidak kita ketahui secara kasat mata. Buktinya saat anda berada disuatu situs tidak ada muncul peringatan seperti yang dimaksudkan secara lansung jika mengakses suatu halaman blog yang kita buka. Untuk lebih jelas silahkan baca lebih lanjut.

Sedikit saya menejelaskan Hatomfeed adalah kelas atribut wrapper yang digunakan dalam struktur div, yang merupakan bagian dari skema hatom mikroformat. Sedangkan Microformats itu sendiri yang saya kutip lansung dari situs resmi adalah pola sederhana pada HTML yang mewakili hal-hal publikasi umum seperti orang, kegiatan, blog posts, tinjauan dan label pada halaman web. Microformats memungkinkan ketepatan publikasi informasi pada web lebih akurat, lebih cepat dan sederhana untuk diberikan kepada feeds dan APIs pada informasi website Anda. Baca disini untuk lebih memperjelas.

Jadi maksud dari uraian diatas dapat dipersingkat bahwa ketika setiap posting blog yang baru dibuat atau diperbarui,  hatomfeed dapat dikatakan untuk crawler web dari mesin pencari untuk sindikasi isi dari halaman web. Tetapi ini tidak berarti menutup kemungkinan bahwa tanpa hatomfeed posting blog anda yang baru dibuat atau diperbaharui tidak disindikasi/digabungkan dan atau tidak berpengaruh begitu besar pada semua hal yang telah dipublikasi. Kemudian  pasti anda bertanya Apa itu crawler web? adalah sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk menjelajah serta mengumpulkan halaman-halaman web yang selanjutnya diindeks oleh mesin pencari, singkat kata seperti itu. Oke mari kita lanjut ke pokok pembahasan.

Mungkin anda pernah mengalami peringatan eror yang muncul saat ingin mencoba data terstruktur blog pada alat Webmaster Tool dan apabila belum mencobanya silahkan buka halaman data uji coba klik disini. Setelah itu masukkan alamat URL blog anda dan klik pritijau. Jika ada terjadi peringatan pada Hfeed/ hatom-feed seperti ini, peringatan : At least one field must be set for HatomFeed, lihat gambar berikut : 


Arahkan Mouse Pada Gambar Untuk Memperbesar

Peringatan seperti gambar diatas dapat kita atasi dengan cara sebagai berikut dan ikuti langkah-langkah dibawah ini dan selesaikan secara berurutan.

1. Pastikan telah login pada blog blogger anda.
2. Klik pada menu Template > simpan terlebih dulu template anda klik tombol cadangkan/pulihkan untuk menjaga terjadi kemungkinan eror > Edit HTML > centang kotak Expand Template Widget.
3. Cari kode <div class='blog-posts hfeed'>, kemudian jika terdapat 2 kode yang sama hapus semua tulisan hfeed, sehingga menjadi seperti ini <div class='blog-posts'>.
4. Cari lagi kode berikut : <div class='post hentry uncustomized-post-template' dan setelah anda menemukan kode tersebut hapus tulisan “hentry”, akan menjadi seperti <div class='post uncustomized-post-template kode disamping.
5. Klik tombol pritinjau untuk memastikan tidak terjadi eror pada saat edit template.
6. Klik tombol Simpan Template.
7. Untuk memastikan perubahan yang sudah dilakukan sebelumnya masuk kembali ke halaman Rich Snippets Testing Tool.

Perlu anda ketahui bahwa setelah melakukan teknik diatas bukan untuk menampilkan photo profil yang tidak muncul pada alat penelusuran google. Hal tersebut dilakukan untuk mengatasi peringatan pada alat uji coba data terstruktur Webmaster Tool, jika terjadi Peringatan: At least one field must be set for HatomFeed.

Selamat Mencoba. Sekian dan Terima Kasih.
Salam…

Posted by : Kraeng Francisco | Tuturial Blog | Tips and Trik Komputer | Tips and Trik Internet | SEO

Artikel Cara Mengatasi Peringatan: At Least One Field Must Be Set For Hatomfeed diposting oleh Kraeng Francisco pada December 26, 2012. Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar.. Jika diperlukan Artikel ini bisa disebarluaskan melalui blog sobat, dan atau mohon sebutkan sumbernya dengan tautan link aktif ke postingan ini atau letekkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Terima Kasih. Salam...


Artikel Terkait

8 comments:

  1. met siang sobat ma'af lama baru bisa berkunjung d krnakan banyak tugas dari bos heheh. lma gk berkunjung blog,ini makin bagus genk artikel jga postingannya makin wajib di simak. met rahat sobat
    sudah seharian aktifitas ngopi dulu genk heheh.

    ReplyDelete
  2. hmm sy juga pernah alaminn yg macam "hilangnya foto profil di pencarian gugel"..

    hmm thenks yah inponya.

    mampir ke blogku yah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trik tersebut bukan karena masalah hilangnya photo profil pada hasil pencarian seperti yang telah dijelaskan sob.

      Delete
  3. wah manjur kang, thanks ya udah gak eror lagi di webmasternya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok sob, senang dengarnya bila demikian. Sama2 dan terima kasih kembali.

      Delete
  4. Makasih infonya berguna gan...

    ReplyDelete