December 22, 2012


Menyesuaikan Custom Permalink Untuk Blogspot, itulah yang akan saya sampaikan pada pembahasan ini. Saat kita terbitkan artikel misalkan pada bulan desember tahun 2012 dengan judul yang kita tulis maka secara otomatis blogger menghasilkan URL permalink yang menghubungkan ke postingan blog untuk postingan dari judulnya. Nah, sekarang blogger telah meluncurkan dan memperkenalkan fitur baru seo pada beberapa waktu yang lalu dalam membantu postingan anda untuk memaksilmalkan judul dan gambar secara akurat, sehingga akan muncul dengan benar dan pasti dalam hasil pencarian apabila judul telah di indeks.

Dalam hal ini, sudah banyak para blogger yang membahasnya, namun sebagian dari para pengguna blog mungkin belum banyak dan tahu menggunakan fitur tersebut dalam editor posting blogspot. Untuk itu dalam memaksimalkan teknik seo yang akan KF sampaikan ini merupakan informasi yang KF dapat setelah melakukan atau mencari informasi pada Blogger Help/ bantuan blogger. Hal ini tentu sangat menarik walaupun untuk memaksimalkan teknik seo banyak berbagai cara yang perlu kita lakukan.

Apabila anda belum tahu apa itu permalik, akan KF jelaskan disini : permalink atau tautan permanen adalah : URL yang menunjuk ke suatu blog atau forum tertentu masuk setelah berlalu dari halaman depan ke arsip (wikepedia), atau alamat URL atau link dalam bentuk deskripsi yang permanen tentang suatu postingan, kurang dan lebihnya seperti itu. Jadi jika anda melakukan teknik ini akan lebih besar menguntungkan apabila suatu ketika anda merubah untuk mengedit judul anda tinggal merubahnya melalui kostum permalink sehingga tidak terjadi broken link yang disebut terjadi eror pada URL link tertentu pada blog yang dikunjungi atau saat judul posting di buka. Kita kembali ke topic pembahasan…

Menyesuaikan Kostum Permalik Untuk Blogspot

1.  Pastikan anda sudah login terlebih dulu pada blog blogger.

2.  Buka New Post/entri baru, misalkan anda ingin membuat posting baru untuk dipublikasi.

3. Setelah editor entri terbuka, perhatikan gambar diatas pada post settings/setelan entri > pilih permalink/tautan permanen.

4. Pada permalink terdapat 2 opsi yaitu : Automatic Permalink/otomatis  dan Custom Permalink  > pilih yang yang ke dua (2) Custom Permalink untuk menyesuaikan URL judul posting anda.

5. Sekarang saatnya anda menyesuaikannya, untuk membuat URL anda sendiri perhatikan contoh : misalkan anda terbitkan artikel pada bulan desember 2012 maka url permaliknya adalah sebagai berikut : http://namabloganda.blogspot.com/2012/12/customURL.html.

6. Pada huruf yang bercetak tebal namabloganda merupakan nama dari judul blog anda sedangkan customURL.html adalah url judul dari artikel anda.

7. Saat menulis/mengetik custom permalink jangan ada tanda spasi dan gunakan tanda hyphen/penghubung ( - )

Contoh: kraeng-francisco-tutorial-blogspot.com-2012-12-menyebutkan-orang-didalam-postingan-blog-anda-dengan-google-plus.html.

8.  Klik Done/Selesai

Maksud Dari Penjelasan Pada Beberapa Point Di Atas.

Apabila anda menggunakan  Automatic Permalink/otomatis, maka judul URL postingan anda akan terpotong karena menurut standar blogger URL postingan tidak ditampilkan semua seperti pada kenyataannya jika terlalu panjang, sedangkan bila anda menggunakan Custom Permalink judul url anda yang panjang tidak akan terpotong sesuai panjangnya judul yang anda masukkan. Saya berikan contoh :

Judul “Menyebutkan Orang Didalam Postingan Blog Anda Dengan Google Plus

Menggunakan Automatic Permalink, URL permalink yang akan ditampilkan akan seperti URL dibawah ini, sedangkan….

http://kraeng-francisco-tutorial.blogspot.com/2012/12/menyebutkan-orang-didalam-postingan.html

Menggunakan Custom Permalink, URL Permalink yang ditampilkan akan lebih lengkap seperti url dibawah ini.

http://kraeng-francisco-tutorial.blogspot.com/2012/12/menyebutkan-orang-didalam-postingan-blog-anda-dengan-google-plus.html

Perhatikan url huruf yang bercetak tebal dan silahkan membandingkan antara Automatic Permalink dan Custom URL. Bagaimana menurut pendapat anda, mana diantara url judul yang lebih seo ?

Perlu anda ketahui saya menuliskan ini berdasarkan panduan SEO yang saya dapatkan lansung dari Blogger Help/ Bantuan Blogger bisa lansung anda baca disini, sementara saya sendiri belum menggunakan Custom Permalink karena kadang saya menggunakan dekstop blog publishing dan untuk kekurangannya saya tidak bisa menuliskan disini karena saya sendiri belum tahu kekurang dari membuat custom permalink tersebut. Namun segala sesuatu tentu kita perlu mencoba, maka dari sekarang silahkan tentukan sendiri pilihan anda.

Semoga membantu. Sekian dan Terima Kasih.
Salam…

Posted by : Kraeng Francisco | Tuturial Blog | Tips and Trik Komputer | Tips and Trik Internet | SEO

Artikel Menyesuaikan Custom Permalink Untuk Blogspot diposting oleh Kraeng Francisco pada December 22, 2012. Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar.. Jika diperlukan Artikel ini bisa disebarluaskan melalui blog sobat, dan atau mohon sebutkan sumbernya dengan tautan link aktif ke postingan ini atau letekkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Terima Kasih. Salam...


Artikel Terkait

24 comments:

  1. wiiw mantep nih tutorialnya sob. siip deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok sob...dan terima kasih atas kunjungannya.

      Delete
  2. mlm sobat. trmksi sobat. trmksi lgi sobat ini sangat membantu ane yang masih Awam sobat ane pelajari'y genk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat malam juga sobat, Silahkan sobat dan Terima kasih kembali.

      Delete
  3. Replies
    1. OOk sob, terima kasih untuk komentar dan kunjungan aktifnya...

      Salam

      Delete
  4. dulu waktu saya masih ngeblog via komputer, saya sering pakai trik ini juga sobat, agar lebih sedikit seo gitu.

    namun setelah komputer saya rusak, sekarang saya ngeblog via hp. jadi susah bgt ngatur postinnya. terpaksa dech menjalani dengan apa adanya hehehehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Susah juga kalau memang seperti itu sob... sy sendiri masih menggunakan sebuah komputer dan memiliki modem jadi walaupun akses internya lambat saya masih bisa terapkan dengan harus sedikit menunggu lebih lama.....

      Delete
  5. saya juga menggunakan itu sob kalau judul artikel saya panjang..hehe

    terimakasih sob infonya.

    ReplyDelete
  6. Terima kasih sobat atas berbagi ilmunya ini. Telah mempraktekkannya dalam beberapa postingan kalau judul postingan saya terlalu panjang.
    Salam kenal dan salam persahabatan.

    Mohon bantuan dan dukungannya sobat untuk mengKLIK G+1 dalam artikel saya yang berjudul IPHONE 5 GADGET IMPIAN. Semoga sobat berkenan membantu.
    Terima kasih sebelum dan sesudahnya saya ucapkan sobat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok sob, sama-sama. Siap dan lansung menuju blog sobat dalam hal tersebut...Terima kasih juga sudah berkunjung dan Follow.

      Delete
  7. link khusus emang bagus buat nambah SEO tuh,,apalagi yang mau nembak keyword,lanjut sob.

    ReplyDelete
  8. Nice posting, semangat posting terus yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok sobat, terima kasih atas segala dukungannya..

      Salam

      Delete
  9. kalo pake breadcrums permalink kyak gitu gak ngaruh donk gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pikir antara breadcrums dan permalink mempunyai fungsi masing-masing.... breadcrums untuk Seo dapat memperkaya kata kunci dalam postingan yg dihasilkan pada pencarian apabila label sudah terindes dan juga memudahkan pengunjung melihat sedang dihalaman mana ia berada sedangkan permalink untuk lebih memperkuat dan memperjelas kata kunci agar lebih secara akurat google atau mesin pencarian lainnya dalam menentukan kata kunci yang tepat sesuai yg dicari...jadi sebelum membuatnya terlebih dahulu saya pikir harus memahaminya dulu...

      Terima kasih.
      salam....

      Delete
  10. punya saya kok gak ada tautan judul ya mas :(

    ReplyDelete
  11. Keren sob.. Nice post..

    Follow berhasil sob.. #73

    ReplyDelete