January 15, 2013


Pada beberapa kasus yang terjadi, ketika kita menyembunyikan file dalam sebuah komputer, dengan maksud agar file tersebut tidak dapat dilihat oleh orang lain, artinya sebuah file penting di Hidden. Namun cara ini bisa ditampilkan kembali dengan beberapa perintah dalam windows untuk menampilkan file yang tersembunyi, melalui tab menu Tools > View > Show Hidden Files and Folders, maka setelah mengklik perintah Apply, semua file bisa dilihat kembali. Bukankah begitu?

Cara diatas merupakan cara yang sederhana, apabila sebuah file di sembunyi tanpa menggunakan password, tetapi saya pikir anda perlu mencoba trik ini, karena dalam melakukan trik tersebut sangatlah mudah. Mungkin anda perlu membaca dari judul artikel yang pernah saya terbitkan beberapa waktu yang lalu, klik disini. Selanjutnya bagaimana agar kita dapat melakukan pengaturan, sehingga beberapa perintah yang terdapat pada menu tab tersebut tidak bisa ditampilkan seperti pada contoh gambar diatas.

Pada percobaan, saya menggunakan windows XP, tetapi jika anda menggunakan windows dengan beberapa versi yang berbeda seperti windows Vista, Seven dan Eight, cara inipun bisa dilakukan. Jika ada yang masih bingung atau belum tahu cara menyebunyikan file yang dimaksudkan pada pembahasan ini, silahkan lakukan percobaan dengan melalui trik berikut :

1. Klik kanan pada salah satu folder yang berada di Hard Drive, misalnya nama folder tersebut adalah Frame Photo.

2. Klik Properties, akan muncul jendela Frame Photo Properties.

3. Beri ceklis dan atau tanda centang pada kotak Hidden > klik Apply, perhatikan gambar dibawah ini.


Kemudian untuk menghilangkan perintah Show Hidden Files and Folders, anda perlu melakukan beberapa trik dibawah ini dan selesaikan secara berurutan.

1. Klik menu Start > Run > dalam kotak ketik “regedit” dan klik OK.

2. Selanjutnya akan muncul jendela window baru Registry Editor.

3. Pada jendela Registry Editor, pilih HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced.

4. Ganti subKey Advanced menjadi Advancedd, caranya klik kanan pada subkey Advanced > Rename > ketik dan tambahkan “d”, sehingga menjadi seperti ini HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advancedd.

5. Tutup kembali jendela Registry Editor dan lihat hasilnya sepeti pada cara diatas melalui tab menu Tools > View > Show Hidden Files and Folders.

6. Selesai.

Untuk mengembalikan seperti semula tinggal menghapus kembali huruf “d” yang telah ditambahkan tadi. Dengan demikian setelah anda melakukan trik ini, maka pilihan yang terdapat didalam folder options tidak akan ditampilkan lagi.

Selamat mencoba, Semoga bermanfaat.
Salam…

Posted by : Kraeng Francisco | Tuturial Blog | Tips and Trik Komputer | Tips and Trik Internet | SEO

Artikel Menjaga File Tetap Tersembunyi Dengan Aman diposting oleh Kraeng Francisco pada January 15, 2013. Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar.. Jika diperlukan Artikel ini bisa disebarluaskan melalui blog sobat, dan atau mohon sebutkan sumbernya dengan tautan link aktif ke postingan ini atau letekkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Terima Kasih. Salam...


Artikel Terkait

11 comments:

  1. mlm mas ini baru ane tau mas trmksi banyak mas dah berbagi pengalaman ijin coba'y mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan sob dan terima kasih telah berkunjung.

      Delete
  2. bagus banget kawan tuk dipraktekin soalx ane pny byk file yg begitu rahasia.hehehe
    thanks kawan.
    Sukses Slalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok sob, silahkan.

      Terima kasih kembali dan diharapkan pula sukses untuk sobat.

      Delete
  3. tapi koq pas di search foldernya tetep ketemu sob soalnya ane mau nyembunyiin folder game dari adik saaya :D

    ditunggu kunjungan baliknya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sembunyikan dulu terlebih dahulu filenya sob, lakukan seperti cara yang pertama pada gambar diatas, lalu ketika mengklik apply akan mucul jendela Confirm attribut changes centang pilihan kedua Apply changes to this folder, subfolder and file.

      Semoga membantu...

      Delete
  4. makasih sob triknya, sederhana tpi sangat bermanfat nih :)

    ReplyDelete
  5. mkasi sob buat trik nya..

    bagus nih,,bisa diterapkan utk mnyembunyikan file

    ReplyDelete
  6. thanks kraeng,,ilmunya sangat bagus

    ReplyDelete