October 31, 2012


Banyak cara menyembunyikan file pada hard drive yaitu dengan menggunakan berbagai macam aplikasi atau software, tujuan menyembunyikan file agar pengguna lain tidak dapat melihat file-file yang tersimpan pada hard drive. Pertanyaan disini adalah bagaimana ketika anda ingin menyembunyikan file tanpa menggunakan software, salah satu cara yang sering digunakan oleh pengguna komputer dengan menggunakan command prompt sebagai salah satu jalan singkat, namun banyak pengguna komputer yang belum tahu sama sekali bagaimana Cara Menyembunyikan File Menggunakan Command  Prompt yang terdapat pada system operasi windows.

Cara Menyembunyikan File Menggunakan Command  Prompt, dimaksudkan agar anda tidak tidak susah-susah mencari aplikasi atau software lalu mendownload tanpa membuang tenaga dan waktu dan atau materi yang harus harus dikeluarkan, walaupun pada prinsipnya trik yang akan anda pelajari ini sama halnya membuang tenaga dan waktu tetapi saya pikir trik ini lebih mudah dan singkat dan atau tanpa mengeluarkan materi atau kata lainnya uang yang anda miliki. Apabila anda ingin menggunakan tehnik yang akan saya sampaikan dibawah ini, sebaiknya siapkan Snack atau minuman dulu supaya lebih santai sambil mendengarkan musik, ahahaha….okey lansung saja kita mulai dan ikuti langkag-langkah dibawah ini :

Pertama, klik Star > Run atau agar lebih cepat tekan Windows + R > ketik cmd lalu tekan Enter pada keyboard maka akan muncul jendela Command Prompt.

Kedua, setelah jendela Command Prompt muncul atau terbuka, selanjutnya masuk pada file yang terdapat pada folder dengan mengetik perintah, contoh : disini saya menyimpan file di dalam folder pada drive E dan memberi nama Penting, maka sebagai contoh ketik E: lalu Enter.

Ketiga, masih pada jendela Command Prompt, perhatikan secara kasat mata di jendela Command Prompt akan terlihat seperti ini E:\> setelah itu ketik cd spasi nama folder contoh : E:\>cd penting, Enter.

Keempat, ketik attrib spasi +s +h, contoh: E:\>attrib +s +h dan tekan Enter pada keyboard, tunggu sampai proses penyembunyian file yang terdapat didalam folder di hidden sampai selesai, jika sudah pada jendela command prompt secara otomatis dibawah perintah sesudah E:\>attrib +s +h akan muncul seperti ini E:\>, itu artinya proses menyembunyikan file sudah selesai.

Kelima, setelah semua langkah-langkah diatas sudah anda lakukan sekarang tugas anda buka pada hard drive E atau tempat anda menyembunyikan file didalam folder tadi kemudian klik 2 X pada folder tersebut, maka file yang ada di dalam folder akan hilang atau tidak dapat dilihat secara kasat mata, meskipun pada folder option anda mengaktifkan show hidden file and folder namun tetap saja tidak dapat dilihat.

NB : Trik diatas saya lakukan dengan menggunakan system operasi windows XP dan dapat juga berjalan pada Windows Vista dan Seven.

Selamat mencoba. Sekian dan Terima Kasih. Salam…

@2012 Oleh Kraeng Francisco

Posted by : Kraeng Francisco | Tuturial Blog | Tips and Trik Komputer | Tips and Trik Internet | SEO

Artikel Cara Menyembunyikan File Menggunakan Command Prompt diposting oleh Kraeng Francisco pada October 31, 2012. Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar.. Jika diperlukan Artikel ini bisa disebarluaskan melalui blog sobat, dan atau mohon sebutkan sumbernya dengan tautan link aktif ke postingan ini atau letekkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Terima Kasih. Salam...


Artikel Terkait

14 comments:

  1. Kalau saya pakai Notepad Mas.Trims udah buat tutorialnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia, bisa juga menggunakan Notepad sob, Sama2 sahabat. Salam

      Delete
  2. kalau saya mau membukanya kembali? bagaimana caranya?

    ReplyDelete
  3. cara hendak membuka kembali fail yg kita hidden mcm mcm mana msas

    ReplyDelete
  4. Rizman Man@Sobat tinggal melakukan kembali tekhnik yang telah saya jelaskan dengan cara ketik attrib -s -h contoh misalkan pada drive ‘E’ E:\>attrib -s -h, lalu enter dan tunggu beberapa detik sampai proses selesai, setelah itu silahkan cek kembali.
    Sekian dan Terima Kasih.

    ReplyDelete
  5. makasi info na pak, cukup bermanfaat,,

    ReplyDelete
  6. thank ya,, infonya... sangat membantu..

    ReplyDelete
  7. Mas, saya sudah coba, dan hasilnya berhasil. tapi kalokita cari lewat search, maka akan ketemu juga file yang kita hidden tersebut. bagaimana caranya agar seseorang melakukan pencarian leawat search kagak bakalan ktemu ???
    thanks.

    ReplyDelete
  8. thnks bwt info.ny..
    brmnfaat bngt.,.,

    ReplyDelete
  9. jeitoo maun obrigado

    ReplyDelete