February 20, 2013


Cara Menampilkan Gambar Dan Nama Pada Hasil Penelusuran Google atau mungkin yang sering anda dengar dengan istilah menampilkan photo profil pada hasil pencarian google sudah sangat banyak yang membahas tentang hal ini, namun pada umumnya tidak semua gambar atau photo profil dapat ditampilkan pada hasil pencarian google dibawah judul posting ketika diterapkan cara yang dimaksud, karena mungkin ada sedikit kekeliruan.

Perlu diketahui bahwa semua itu tergantung system mesin google dalam menentukan sebuah blog, dimana anda harus mendaftarkan email di google kepengarangan terlebih dulu dan setelah menerima persetujuan dari tim google plus, barulah photo profil anda akan muncul dihasil pencarian. 

Selama anda belum menerima email, walaupun anda telah mengecek pada Rich Snippets Tools sudah muncul seperti yang dirahapkan, sampai kapanpun tidak akan bisa dan ini menurut pengalaman pribadi Admin. Kalaupun anda berhasil dengan cara lain saya tidak tahu karena cara yang saya terapkan berbeda.

Jadi disini akan saya berikan trik yang sederhana bagi anda, apabila ingin menampilkan gambar profil anda di alat penelusuran google dan bagi yang baru mendengarnya bisa melihat pada contoh gambar, dimana gambar profil akan muncul dibawah dan url judul posting dan nama kepengarangan akan muncul tepat disamping gambar atau photo anda.


Sebelum anda membuatnya, kerena yang dimaksud adalah layanan milik google, jadi anda harus memiliki email dari google yaitu gmail, silahkan membuatnya terlebih dulu disini. Bagi yang sudah terlanjur mendaftarkan akun di blogger dengan email dari yahoo dan atau lainnya, anda bisa menambahkan atau mengganti email baru pada akun blog, cara membuatnya silahkan baca disini, sebagai referensi. Bagi yang memiliki akun bloggger dengan email milik google atau gmail silahkan dilanjutkan saja.

Berikut merupakan penjelasan lebih detail bagaimana cara menampilkan gambar dan nama pada hasil penelusuran google, silahkan anda ikuti petunjuk dibawah dan selesaikan secara berurutan.

1. Hubungkan profil blog anda terlebih dulu dengan profil google plus melalui draf blogger, baca disini.

2. Pastikan anda sudah memasang gambar atau photo profil anda yang telah dilakukan saat menghubungkan profil blogger ke google plus.

3. Buka halaman profil google plus anda, klik menu Edit yang berada disamping photo profil.

4. Isi semua biodata tentang diri anda yang belum dilengkapi saat menghubungkan profil blogger ke google plus, misalnya : Slogan, Pendahuluan dan lain sebagainya. Lihat petunjuk yang ada. Jangan lupa pada saat mengedit selalu klik tombol simpan bila sudah, lalu klik tombol Pengeditan Selesai.

5. Buat salah satu link dari halaman blog anda ke Google+, sebagai contoh anda bisa lihat pada gambar dibawah. Untuk mencoba anda bisa mengklik daftar Profil yang terdapat pada menu navigasi melayang di blog ini, klik link tersebut maka akan dibawa menuju halaman profil Google+. Cara ini berbeda dengan yang menambahkan kode rel = "me" dan rel = "author" pada posting tertentu dan atau halaman posting tentang biodata anda, sering disebut dengan About Me, karena saya tidak menggunakan cara tersebut.

 
6. Buka halaman kepengarangan pada url berikut : https://plus.google.com/authorship.

7. Selanjutnya masukkan email anda pada langkah ke 4, akan lebih baik jika membaca terlebih dulu petunjuk yang tertulis agar tidak membingungkan. Lalu klik tombol Daftar Kepengarangan, perhatikan gambar dibawah ini.


8. Setelah mendaftar, anda akan menerima pesan untuk verifikasi yang dikirim pada alamat email anda. Pesan tersebut tertulis seperti ini : Verifikasikan alamat email emailanda@gmail.com.

9. Buka pesan masuk tersebut, klik tombol verifikasi untuk memverifikasikan emailanda@gmail.com diprofil Google+.


10. Apabila telah mengklik tombol verifikasi, pada layar jendela window baru akan muncul pesan seperti ini : Anda telah memverifikasi alamat emailanda@gmail.com, klik tulisan Lihat Profil Anda.


11. Jika telah muncul tautan gmail.com pada "kontributor di" seperti gambar dibawah artinya verifikasi email di profil google plus anda sukses. Pada pilihan Profil lainya masukkan pula Nama blog anda dan url blog, ingat nama blog dan url pada "Kontributor di" harus sama dengan "Profil lainnya".


Cara memasukkan nama dan url, klik tulisan Profil lainnya > ketik nama blog anda > masukkan url blog > klik tombol Simpan dibawahnya.


Untuk mengecek dan memastikan gambar dan nama telah muncul disamping judul, silahkan buka halaman Rich Snippet Tool Google atau alat webmaster uji coba data terstruktur, kemudian masukkan URL blog anda dan klik Pritinjau, apabila berhasil maka akan dilihat seperti gambar dibawah ini.


Namun perlu diketahui, walaupun semua langkah diatas telah selesai dan dilakukan dengan benar, INGAT!!! tidak selamanya gambar dan nama anda dapat ditampilkan pada hasil penelusuran google sebelum ada persetujuan dari Google Kepengarangan, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, menurut pengalaman pribadi Admin. Tetapi sesekali perlu dilakukan dengan cara mengecek salah satu judul posting atau nama blog anda, apakah telah muncul gambar yang dimaksud disamping judul blog dan judul posting pada alat penelusuran google.

Jika gambar dan nama sudah muncul, seperti yang telah saya jelaskan diatas anda akan menerima email dari program google kepengarangan bahwa tautan ke profil dan photo anda sudah dapat ditampilkan pada atau di hasil penelusuran.

Selamat Mencoba...

Posted by : Kraeng Francisco | Tuturial Blog | Tips and Trik Komputer | Tips and Trik Internet | SEO

Artikel Cara Menampilkan Gambar Dan Nama Pada Hasil Penelusuran Google diposting oleh Kraeng Francisco pada February 20, 2013. Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar.. Jika diperlukan Artikel ini bisa disebarluaskan melalui blog sobat, dan atau mohon sebutkan sumbernya dengan tautan link aktif ke postingan ini atau letekkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Terima Kasih. Salam...


Artikel Terkait

29 comments:

  1. walaupun profil blog gak pakai profil G+ bisa ya mas?
    soalnya profil saya masih pakai profil blogger.

    blog saya yang lain juga pakai profil blogger tapi kluar gambar profil dipencarian. tapi saya lupa cara masangnya dulu..hehehe. maklum pelupa.

    tapi saya mau coba cara mas Kraeng diatas. sapa tau bisa.
    terima kasih tutorialnya dan tipstnya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jujur saya sendiri belum mencobanya sobat....

      dulu ketika pertama menggunakan google plus, photo profil saya juga muncul pada hasil penelusuran google, akhirnya hilang sendiri karena saya suka tidak ingin mencoba yang lain. Syukur kalau punya sobat bisa muncul menggunakan gambar profil blogger....

      Delete
  2. Pagi sobat Kraeng Fransisco....selalu lengkap yaa kalau Kraeng Fransisco yang buat Tutorial,,,saya salut Sob dengan setiap postingannya,,,Alhamdulillah Foto saya juga sudah muncul pada hasil pencarian google sob...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sob, membuat tutorial yang lengkap adalah pilihan saya, artinya tidak bertele2....Syukur jika photo profil sobat sudah muncul dihasil penelusuran google...

      Delete
  3. mantabs banget kalau bisa menampilkan gambar setelah menelusuri pencarian bersama mbah Google, apalagi tutorialnya mudah dicerna...trimakasih sobat :-)

    ReplyDelete
  4. Hehehe sudah saya praktekkan sobat .. :D

    ReplyDelete
  5. kalau punya sy kadang muncul,kadang gk muncul sob,,soalnya sy belum menerapkan cara ini,,
    mungkin jika sy terapkan cara seperti ini,bisa selalu muncul seperti yg di jelaskan di atas,,
    nice info kawan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. setahu saya memang seperti yang sobat katakan, dulu sering muncul hilang juga, akhirnya setelah saya terapkan cara ini berhasil dan sampai sekarang tetap dilihat lebih bagus pada hasil pencarian photo profil saya.

      Delete
  6. wah bagus bgt infonya sob.. thanks yah..

    ReplyDelete
  7. kalo milikku pada beberapa judul postingan muncul, namun pada beberapa judul lainnya nggak muncul

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, milik saya juga seperti itu mas awalnya, namun setelah menerima email masuk dari google kepengarangan, akhirnya semua judul posting saya sudah dapat ditampilkan photo profil dihasil penelusuran google.

      Delete
  8. Assalamualaikum wr. wb :)

    senang rasanya berkunjung diblog ini, setelah saya baca beberapa postingan wah saya langsung takjub ,, ternyata banyak ilmu yang harus saya pelajari dari blog ini :)
    terimakasih mas sudah mau berbagi

    wassalamualaikum wr.wb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam...

      silahkan sob jika ingin dipelajari, semoga dapat diambil guna dan manfaatnya.

      Terima kasih.

      Delete
  9. Saya udah terapkan Mas,tapi kenapa masih belum muncul disearch engine Google yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika semua langkah diatas sudah sobat lakukan, ditunggu saja informasi selanjutnya dari Google kepengarangan.

      Delete
  10. Semoga sekarang tampil foto jelek saya di google dan dapat banyak dilihat orang T_T.. hehe makasih gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar jelek tetapi banyak dikenal orangkan sob...heheh...Ok sama2..

      Delete
  11. Waahhh..keren yah, bisa mejeng di Goolge potonya. cobain ah ..hehhe.
    Mksh ilmunya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan sob...sama2 dan terima kasih kembali.

      Delete
  12. bisa makin eksis nih :)

    thanks gan tutornya

    ReplyDelete
  13. info yang bermanfaat, nambah lagi nih pengetahuan . makasih bang,. salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 sob dan salam balik, semoga trik yang diterapkan diatas dapat diambil kegunaannya pula.

      Salam....

      Delete
  14. Iya mas jadi.. tadi saya cek ternyata foto saya muncul di pencarian google.
    Terimakasih ya mas untuk caranya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 sob, senang dengarnya jika foto profil sobat sudah muncul dihasil penelusuran google, semoga dapat diambil guna dan manfaatnya.

      Salam

      Delete
  15. udah nyoba gan.., tinggal nunggu hasilnya nih..

    ReplyDelete