February 2, 2013


Banyak pengguna internet yang bertanya kepada Admin bagaimana memasang pengaya pada browser dengan mudah dan tanpa harus mencari satu-persatu pengaya yang kita butuhkan melalui situs-situs penyedia layanan gratis ? dan apabila anda menggunakan Mozilla Firefox kebetulan saya juga memakainya, jadi disini saya akan sedikit menjelaskan kepada anda dengan trik yang saya ketahui tanpa susah payah.

Pada kenyataannya ketika kita mencari pengaya yang dibutuhkan yaitu dengan cara mengetik kata kunci pada alat penelusuran, lalu setelah didapat dari judul yang kita temukan terlebih dulu harus mengunjungi situs tersebut. Namun cara yang dilakukan kurang begitu tepat menurut saya, karena ada cara lain yang terlupakan oleh kita.

Cara lain yang terlupakan sesuai maksudnya disini adalah kita tidak memanfaatkan menu tools yang terdapat pada browser seperti pada Mozilla Firefox. Mengapa kita harus memanfaatkan menu tools tersebut? karena disitu sudah ada pilihan untuk mengunduh pengaya dan telah dilengkapi dengan kotak pencarian. Untuk keperluan dalam hal ini, apabila anda membutuhkannya, silahkan ikuti pada langkah-langkah berikut secara berurutan.

1. Buka program Mozilla Firefox yang telah diinstall pada komputer.

2. Kemudian pada tab menu seperti Menu File > Edit > View dan lain sebagainya pilih menu Tools > Add-ons.

3. Jika browser yang anda gunakan berbahasa Indonesia, pilih Alat > Pengaya dan untuk mempermudah membuka halaman Add-ons Manager, pada keyboard tekan Ctrl+Shift+A.

4. Perhatikan gambar dibawah ini pada jendela window Add-ons Manager, masukkan nama pengaya yang ingin anda pasang pada browser Mozilla dalam kotak pencarian > klik tombol cari atau enter pada keyboard. Contoh : FireShot. FireShot berfungsi untuk Mengambil screen shot dari jendela window yang sedang terbuka.


5. Setelah menekan tombol cari, akan muncul nama pengaya seperti gambar dibawah dan klik tombol instal yang berada disamping kanan dari layar monitor anda.


6. Selanjutnya proses downloading, tunggu beberapa detik sampai selesai.


7. Apabila proses downloading selesai, untuk melhat perubahan pengaya yang telah terpasang, silahkan restart atau tutup Mozilla Firefox anda dan buka kembali.

8. Saya berikan contoh gambar pengaya FireShot pada browser Mozilla yang saya gunakan dan telah terpasang, seperti pada gambar berikut :



Nama pengaya FireShot diatas hanyalah sebagai contoh pada uraian tersebut, apabila anda mencari nama pengaya lainnya, silahkan masukkan nama pengaya pada kotak pencarian sebagai salah satu kebutuhan anda, misalnya untuk Tema : Pengaya untuk Firefox - Mozilla Add-ons.

Selamat Mencoba.
Salam…

Posted by : Kraeng Francisco | Tuturial Blog | Tips and Trik Komputer | Tips and Trik Internet | SEO

Artikel Cara Mencari Dan Memasang Pengaya Pada Mozilla Firefox Terbaru diposting oleh Kraeng Francisco pada February 2, 2013. Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar.. Jika diperlukan Artikel ini bisa disebarluaskan melalui blog sobat, dan atau mohon sebutkan sumbernya dengan tautan link aktif ke postingan ini atau letekkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Terima Kasih. Salam...


Artikel Terkait

11 comments:

  1. Pagi sobat Kraeng Fransisco...waah ada yang baru nich....hmmm kayaknya saya harus mencobanya pengaya Fireshoot nich sob karena saya paling sering mengambil screenshoot untuk membuat gambar tutorial blog. Selama ini saya hanya memanfaatkan Office 2010 untuk mengambil screenshoot pada mozilla firefox...semoga Cara Mencari Dan Memasang Pengaya Pada Mozilla Firefox Terbaru ini bisa memberikan setetes manfaat kepada sahabat sahabat yang membutuhkannya...

    ReplyDelete
  2. Horee, masuk sini jadi tambah wawasan deh .. :) Makasih sobat ...

    ReplyDelete
  3. yups..sy jg baru tau stelah saya gunakan pengaya untuk tampilan facebok kemarin..
    nice share..

    ReplyDelete
  4. mmet pgi sobat trmksih banyak kawan dah berbagi info nya.

    ReplyDelete
  5. ini ni baru keren, ga perlu repot repot, biasanya kalau saya pake cara lama hehehe, sip gan

    ReplyDelete
  6. Sangat bermanfaat sekali,, kebetulan aku juga pake Firefox.. thanks sob suudah berbagi...

    ReplyDelete
  7. Lapor sobat, blog sobat sudah saya review ... :D

    ReplyDelete
  8. mozilla memang sangat banyak pengaya-nya, dan tips ini memang sangat menudahkan untuk mencari apa yang kita inginkan :)

    ReplyDelete
  9. cobain ah, heheh. mksh infonya ya mas :D

    ReplyDelete
  10. Berkunjung Sob,,,,
    kabar baik...
    hehe..

    ReplyDelete