February 9, 2013



HJSplit merupakan sebuah program yang dapat kita gunakan untuk menggabung file dan atau memecahkan 1 file menjadi beberapa bagian dan biasanya saya manfaatkan untuk menggabungkan file video dari hasil download yang telah terbagi menjadi beberapa bagian untuk disatukan kembali. Dalam penggunaan sangat cepat dan tanpa perlu menunggu lama dan ukuran file HJSpilit sangat kecil, sehingga saya pikir sangat cocok untuk anda mencobanya.

Pada pembahasan ini akan saya jelaskan satu persatu mulai yang pertama bagaimana cara memisahkan file yang berukuran besar menjadi terkecil dalam beberapa bagian, lalu kedua dilanjutkan kembali menggabungkan file yang sudah kita bagi dari beberapa bagian tersebut.

Sebelum kita menggunakannya terlebih dulu kita menghitung ukuran file, misalnya disini yang akan kita bagi adalah file video dengan kapasitas 700 Mb. Maka cara membaginya adalah tinggal kita bagi ukuran file dalam beberapa bagian, contoh 700 Mb/4 File = 175 MB. 

Tetapi perlu diketahui file yang kita bagi kadang hasilnya tidak harus menjadi 4 bagian file, karena jika masih ada sisa dari hasil pembagian bisa menjadi 5 file dengan file terakhir yang ukurannya lebih kecil lagi, sehingga diperlukan ketelitian anda bagaimana cara menentukan kapasitas file, bagi anda yang pintar dalam menghitung, karena KF tidak terlalu pintar menghitung hehe… Ok kita lanjut.

Berikut Cara Menggunakan HJSpilit :

1. Membagi File Menggunakan HJSplit.

Download HJSplit terbaru melalui situs reminya klik disini.
• Setelah file selesai di download, buka program HJSplit.
• Perhatikan gambar diatas, klik Split.
• Pada layar jendela baru klik Input File untuk mencari lokasi penyimpanan file.
• Selanjutnya klik Output untuk tempat menyimpan hasil file tersebut, tetapi tidak wajib dan atau harus menyimpan file pada folder tertentu.
• Kemudian tentukan ukuran file.
• Lalu klik Start
• Tunggu sampai proses selesai dan klik OK .

Keterangan dengan gambar adalah sebagai berikut :






2. Menggabungkan File Menggunakan HJsplit.

Sebagai keterangan lanjutan dari gambar diatas saya pikir tidak perlu dijelaskan menggunakan gambar pada langkah ini, karena cara yang dilakukan tidak jauh berbeda, untuk itu silahkan ikuti petunjuk berikut :

• Lihat kembali gambar yang paling atas No. 2.
• Klik Join.
• Pada jendela baru Join, klik Input File yang telah dibagi tadi.
• Apabila ingin menyimpan pada folder di tempat penyimpanan lain, klik Output.
• Klik Start dan selanjutnya pada jendela baru tunggu proses menggabungkan file dengan HJsplit.
• Jika sudah Complete, klik OK.
• Selesai dan lihat hasilnya.

Perlu diketahui : Pertama, sebelum membagi file pastikan terlebih dulu rename pada file yang akan di bagi, hal ini dimaksudkan sewaktu anda ingin menggabungkan kembali file, HJsplit dapat membaca nama file dengan jelas. Kedua, jangan merubah salah satu nama dari file yang telah dibagi, karena HJsplit tidak akan membaca dengan Complete semua file sewaktu menggabungkan file yang telah dijelaskan pada point pertama.

Selamat mencoba.
Salam…

Posted by : Kraeng Francisco | Tuturial Blog | Tips and Trik Komputer | Tips and Trik Internet | SEO

Artikel Cara Menggunakan HJSplit diposting oleh Kraeng Francisco pada February 9, 2013. Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar.. Jika diperlukan Artikel ini bisa disebarluaskan melalui blog sobat, dan atau mohon sebutkan sumbernya dengan tautan link aktif ke postingan ini atau letekkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Terima Kasih. Salam...


Artikel Terkait

18 comments:

  1. selamat pagi sobat Kraeng Fransisco...saya juga sering menggunakan Softwaree HJ Split untuk menggabung video yang saya download yang memiliki banyak Part, misalnya dari Youtube maupun dari icinema31 dot com. Software ini sangat membantu bagi kita jika ingin menggabubg atau memecah Video menjadi beberapa PArt atau bagian....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya syukur jika sobat sudah menggunakannya....

      Delete
  2. hjsplit..baru dengar namanya sobat..tapi sepertinya fungsinya sangat penting..apalagi kalau file video sangat besar..jadi saat editingnya dibuat terpisah..dan saat finishing baru dijadikan satu...luarbiasa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia sobat, sampai sekarang saya masih mengggunakan HJSplit selain program yang lain....

      Delete
  3. Saya jg memakai hj split mad...mantep banget nggabungkan file..mkash mas

    ReplyDelete
  4. Sptnya sy ndak bisa pakai kek gini deh, mau download apaan? lah wong modem aja msih CDMA...kasihan diriku. heheheh nyimak ajah dan ijin bookmark ya mas,klw suatu saat bisa dunlut kanbisa belajar sambil baca ini. merdeka !!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan sob....apabila dikemudian hari membutuhkan program HJSplit

      Delete
  5. terima kasih banyak nih sobat atas infonya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 sob dan terima kasih juga telah berkenan beri komentar pada artikel ini.

      Delete
  6. hanya menimak saja, kawan..
    kunbalnya yah ?

    ReplyDelete
  7. saya masih pakai sampai sekarang sob..hehehe
    soalnya sering downlog film yang filenya di pecah jadi beberapa bagian.

    info yang bermanfaat.

    ReplyDelete
  8. Gan misi neh ane dri blog sebelah numpang tanya...
    ane kok gak bisa pilih file yg mau di Split maupun di Join ya???
    tolong inspirasinya gan...
    terima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari keterangan diatas saya pikir sudah jelas sob....bahkan file dalam format rar sekalipun bisa....Apabila file yang kita mau spilit sudah jelas tempat pemyimpanan lansung diinput saja filenya lalu ikuti langkah2 diatas sampai selesai. Namun File yang tidak bisa di spilit jujur saya sendiri belum pernah mengalaminya....karena setiap file yang ingin saya split semua sukses.

      Delete