February 12, 2013


Setelah saya amati selama ini, sudah banyak yang membuat judul bahwa blognya mendapat pagerank tinggi dari google. Tetapi ada satu hal yang terlupakan oleh kita, bahwa kita tidak pernah melihat pada halaman posting terdapat pula sebuah pagerank, jika benar demikian yang saya katakan, silahkan saudara lanjut membaca.

Lalu setelah kita memiliki sebuah pagerank tinggi, mungkin dalam hati berpendapat bahwa blog kita sudah mempunyai kualitas yang lebih dimata google dibanding blog yang belum memiliki pagerank, namun semua itu belum tentu. Buktinya blog yang mendapat pagerank tinggi tidak semua judul artikelnya cepat terindeks dan selalu menempati dan atau masuk urutan 10 besar pada SERP. Bukankah begitu? ok kita kembali pada pokok pembahasan.

Apa itu halaman utama / beranda dan posting blog?

Halaman utama blog atau yang sering disebut halaman beranda / home merupakan halaman yang yang mencakup jumlah keseluruhan dari daftar judul dan tulisan yang ada diblog dan ditampilkan dalam bentuk terpisah dari isi yang terbaru dan diurutkan isi halaman posting lama. Sedangkan halaman posting merupakan halaman yang menunjukkan daftar judul dan keseluruhan isi posting dan tidak termasuk bagian halaman beranda, karena dimana halaman posting blog berdiri sendiri menuruf defenisi dan bahasa saya, singkatnya seperti itu.

Kemudian berapa jumlah pagerank yang diberikan google dan bagaimana cara melihatnya? 

Sering kali kadang dan atau kita bingung melihat perbedaan tersebut, dimana hal yang dimaksud pada pembahasan ini agar kita tidak salah mengartikan pagerank yang kita dapat pada halaman utama blog yang kita kelola, karena pada posting tertentu pagerank tersebut bisa dilihat apabila kita pernah menginstal atau memasang pengaya di browser.

Pengaya seperti apakah yang dimaksud? 

Salah satunya adalah saudara bisa membaca pada artikel terdahulu klik disini. Lalu dimanakah perbedaan tersebut? silahkan anda lihat pada gambar dibawah agar lebih jelas, namun disini saya menggunakan Add-ons / pengaya SEO Quake dan PageRank 2.0 pada petunjuk dalam gambar. Lalu bagaimana cara memasang pengaya pada browser, baca disini.

Contoh gambar pagerank pada halaman utama atau beranda blog.


Contoh pagerank pada halaman posting blog.


Jadi dari perbedaan pagerank pada halaman utama atau beranda blog dan halaman posting? sedikit akan saya jelaskan perbedaannya adalah sebagai berikut :

1. Pegarank pada halaman utama atau beranda Blog.

Pagerank tersebut dilihat berdasarkan jumlah keseluruhan backlink yang mengarah pada URL link halaman utama blog anda. Sedangkan

2. Pagerank pada halaman posting blog.

Ditentukan berdasar jumlah backlink yang mengarah pada URL postingan itu sendiri dan bukan jumlah keseluruhan dari seluruh backlink yang mengarah pada url halaman blog utama. Dimana semakin banyak link yang mengarah pada url posting tertentu semakin bagus pula kualitas judul posting dimata search engine dan jumlah backlink itulah yang dapat dihitung untuk menentukan sebuah pagerank pada halaman posting tertentu.

Dari mana kita mengetahui jumlah backlink pada halaman utama dan halaman posting? 

Berikut adalah jumlah backlink antara halaman utama blog dan halaman posting yang anda bisa lihat pada gambar dibawah ini :



Dari gambar diatas dapat memperjelas bagaiamana halaman posting tersebut bisa mendapatkan pagerank berdasarkan jumlah backlink yang diproleh dari minimal angka yang tertulis sampai dengan  jumlah backlink yang lebih besar. Karena pada setiap posting jumlah backlink tersebut pasti berbeda mulai dari nominal angka yang terkecil sampai yang teratas. Bisa jadi jika dikemudian hari jumlah backlink halaman posting bisa mencapai backlink yang terdapat pada halaman utama / beranda maka pagerank tersebut dapat meningkat pula pada halaman posting blog.

Tetapi pada halaman posting jumlah pagerank tidak akan lebih besar dari halaman utama atau beranda blog, karena pagerank halaman utama atau beranda blog terhitung dari beberapa faktor penentu utama ranking sebuah blog berdasarkan yang saya ketahui dari berbagai faktor relevansi seperti : relavansi konten, backlink, keyword, tag meta, judul dan lain sebagainya yang kita ketahui pula dari faktor lainnya adalah traffik / pengujung blog.
 
Sehingga jika kita berbicara blog mempunyai pagerank tinggi lalu bagaimana dengan judul postingan apakah mendapatkan pagerank ? silahkan dicek satu persatu terlebih dulu dengan memasang pengaya yang telah disebutkan diatas.

Setelah kita mengeceknya, disitulah baru kita mengetahui ternyata pagerank pada halaman utama blog hanya untuk menentukan kualitas blog kita dimata search engine atau yang sering disebut dengan SE dan belum tentu dengan kualitas judul posting yang kita terbitkan.

Maka dapat disimpulkan pagerank yang kita lihat pada halaman utama blog didapat berdasarkan banyaknya jumlah backlink dari judul posting blog seperti yang telah disebutkan diatas dan lain sebagainya.

Sekian dan terima kasih.
Salam... 

Posted by : Kraeng Francisco | Tuturial Blog | Tips and Trik Komputer | Tips and Trik Internet | SEO

Artikel Inilah Perbedaan Pagerank Di Halaman Utama Dan Postingan Blog diposting oleh Kraeng Francisco pada February 12, 2013. Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar.. Jika diperlukan Artikel ini bisa disebarluaskan melalui blog sobat, dan atau mohon sebutkan sumbernya dengan tautan link aktif ke postingan ini atau letekkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Terima Kasih. Salam...


Artikel Terkait

16 comments:

  1. selamat pagi soabt Kraeng Fransisco...pembahasannya sangat detail sob...saya juga selama ini jarang memperhatikan pagerank dari halaman posting, mulai dari sekarang saya akan melihat lihat postingan yang mana saja dalam blog saya yang mendapatkan Pagerank dari eyang google...terimakasih atas sharenya sob....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama sobat dan silahkan dicek dulu, sehingga sobat bisa mengetahuinya lebih jelas soal pagerank yang dimaksud.

      Salam.

      Delete
  2. met pagi mas ...

    wah pagi2 udah dapet pengetahuan baru tentang pagerank :) makasih mas .... hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 sobat..dan terima kasih kembali atas tanggapan pada artikel ini.

      Delete
  3. oght gitu baru tau saya soob :D

    maklum newbie .. .. ditunggu kunjungan baliknya yaa sekalian tukar link :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya sob, seperti yang dijelaskan pada pembahasan diatas. Terima kasih kunjungannya.

      Delete
  4. wah mantap mas, itu toh bedanya. sip lah

    ReplyDelete
  5. Wah...setelah saya pakai tips ini memang betul. Beranda PR3 ehh...saya ndak sadar klw halaman buku tamu saya PR2. Kok Bisa yah?

    Mkasih banget ilmunya mas...sukses yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. seperti yang sudah dijelaskan, tentu bisa. Sama2 sob, sukses juga.

      Delete
  6. Berarti PR diberikan berdasarkan backlink yang mengarah ke halaman utama atau URL situs dan bukan ke page atau halaman posting dari masing-masing artikel ya sob.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sob, pertanyaanya sudah saya jelaskan diatas...coba sobat pahami baik2 pasti sobat akan menemukan kunci jawaban tersebut....

      Semoga membantu...

      Delete
  7. wah info yang sangat bermanfaat
    karna info ini baru saya ketahui bahwa ada juga yang namanya pagerank postingan
    hehehhe
    kunjungi balik yah sob

    ReplyDelete
  8. Komplit ulasannya.
    Mohon info, pengaya untuk Google Chrome ada Gan?
    Yang ada Mozilla ya?
    terima kasih

    ReplyDelete
  9. SEO Quake bisa digunakan untuk chrome juga sob....cari saja pada browser chrome yang sobat gunakan dengan kata kunci seoquake.

    ReplyDelete
  10. ane sekarang lebih terpaku dengan PR di postingan dari pada homepage, soalnya rata2 PR postingan lebih tinggi apalagi artikel kontes seo WAH!

    ReplyDelete