February 22, 2013


Apakah anda pernah mengalami kejadian yang tidak terduga, kenapa blog dihapus? jika ya, mungkin ini postingan yang tepat untuk anda membacanya. Judul posting ini sengaja dibuat berdasarkan pengalaman admin beberapa waktu yang lalu ketika blog ini dihapus tanpa admin ketahui setelah ingin membuka salah satu judul posting pada blog, ternyata blog telah dihapus dan muncul pemberitahuan bahwa :

Maaf, blog di http://alamatblog.blogspot.com telah dihapus. Alamat ini tidak tersedia untuk blog baru. 

Tadinya saya pikir, apakah saya sendiri yang salah menghapus dengan tidak sengaja atau tanpa disadari? ternyata tidak, blog saya telah dihapus oleh blogger sendiri. Karena jika anda menemukan pesan seperti diatas, itu bisa jadi blog dihapus oleh admin dan dihapus oleh pihak blogger. Jika kita dengan sengaja menghapusnya masih diberi tenggang waktu 90 hari untuk dikembalikan lagi, namun blog yang dihapus oleh pihak blogger kadang bisa kembali dan kadang hanyut selamanya.

Hal tersebut tentu sangat erat kaitannya setelah google mengupdate algoritma terbaru ditahun 2013 yaitu google penguin dan google panda, google begitu ketat dalam menilai blog-blog yang pantas untuk diberi peringatan atau lansung dihapus selamanya tanpa basa-basi sampai blog tersebut tidak akan dapat digunakan kembali.

Kejadian seperti ini sungguh mencemaskan pengguna blog, jika dikemudian hari blog dihapus tanpa kompromi dan lebih fatal lagi blog tidak bisa digunakan kembali, betapa sayangnya dengan ribuan postingan yang telah kita buat selama bertahun-tahun, maka akan sia-sia begitu saja.

Dari hal yang dimaksud mungkin judul diatas anda baru mendengarnya dan juga menurut anda tidak pernah terbayangkan, tetapi jangan salah karena kejadian ini bukan saya sendiri yang mengalaminya. Sudah banyak blog yang dihapus, termasuk blog milik master yang sudah cukup terkenal khususnya diindonesia.

Dan mereka termasuk saya sendiri mengakui bahwa jika yang diinginkan google demikian, maka kita tidak bisa merubah kemauan mesin google dalam memberikan peringatan bagi blog kita. Walaupun kita ketahui blog dapat digunakan oleh siapa saja dan tentu gratis, namun ternyata google memiliki aturan main tersendiri, sehingga tidak boleh menganggap aturan tersebut untuk tidak dipatuhi dan seenaknya kita melanggar aturan yang dimaksud.

Kejadian ini kira-kira sebelum tanggal 10 januari 2013, karena bingung dan bukan panik sayapun tidak konsentrasi pada tanggal kejadian. Dengan rasa percaya diri langkah demi langkah yang telah ditentukan google untuk verifikasi alamat blog menggunakan No Hanphone dan kira-kira tidak sampai 15 menit blog dapat kembali normal dan atau diakses setelah menerima sms dari google untuk diverifikasi.

Selanjutnya cari tahu alasan yang tepat kenapa blog bisa dihapus? dan hasil kutipan lansung dari Kebijakan Konten Blogger Seperti dibawah ini :

1. Materi Khusus Dewasa.
2. Keamanan anak.
3. Perkataan yang mendorong kebencian.
4. Konten Kasar.
5. Kekerasan.
6. Hak cipta.
7. Informasi pribadi dan rahasia.
8. Meniru identitas orang lain.
9. Kegiatan ilegal.
10. Spam.
11. Perangkat lunak jahat dan virus.

Untuk lebih jelasnya silahkan anda berkunjung pada alamat berikut http://www.blogger.com/content.g?hl=id.

Dari sebelas point diatas semua sudah sangat jelas, jika kita melanggar salah satu aturan menurut Kebijakan Konten Blogger. Tetapi dari sekian yang tertulis saya sendiri kadang bingung, kira-kira dimana kesalahan yang sebenarnya. Dari rasa ketidakpuasan tersebut dan setelah saya sedikit paham mungkin diantara salah satu yang saya terapkan pada blog ini melakukan (link masuk) dan (link keluar) yang tidak relevan, sehingga google menganggap itu adalah kegiatan SPAM.

Tentu saja ini bisa terjadi, dimana yang pernah saya baca bahwa link keluar lebih banyak di bandingkan link masuk akan dianggap spam oleh mesin dan kemudian mungkin diantara semua link yang saya letakkan diblog yang mengarah ke website-website besar tidaklah relevan seperti yang dijelaskan pada beberapa point diatas, sudah pasti apabila google tidak menyukai cara tersebut, maka kita tidak bisa melanggar aturan main google.

Saya berikan contoh sederhana, ketika anda membuat posting anda mengajak orang lain untuk mengklik link yang ada dihalaman posting sebagai tempat menghasilkan uang dari internet, kemudian tanpa anda jelaskan secara detail mengklik link yang mengarah pada website-website tertentu, ternyata website yang dimaksud sudah banyak menipu pengguna internet. Itu bisa jadi anda dianggap melakukan kegiatan SPAM, karena tujuan anda hanya mempromisi tanpa memikirkan akibat bagi orang lain.  Ini baru satu yang saya berikan sebagai contoh dan sudah pasti masih banyak faktor lain.

Kemudian saya menyadari juga, ada beberapa judul posting yang pernah saya terbitkan sudah tidak berlaku lagi untuk diterapkan oleh sebagian pengguna internet, artinya judul yang dimaksud dan yang saya berikan sama saja menipu pengunjung saat membaca dan mencari sebagian informasi tentang tips dan trik yang pernah saya tulis, sehingga ada beberapa judul posting kotak komentar telah saya tutup dan perlu diperbarui kembali dengan yang baru.

Namun perlu juga anda ketahui blog dihapus, mungkin saja bisa terjadi kerana kesalahan mesin pendeteksi spam milik google dan perlu dimaklumi tidak selamanya cara kerja mesin selalu benar. Ya sudah jelas, mungkin terjadi kekeliruan saat mesin mendeteksi blog kita yang dianggap sebagai spam, namanya juga mesin, bukankah begitu?
 
Penyebab lain saya masih belum tahu alasan yang tepat sampai blog ini dihapus, oleh karena itu mohon pendapat anda semua dalam menanggapi hal tersebut apabila anda lebih banyak tahu. Jujur saya membuat konten yang ada diblog ini hanya sebagai informasi yang saya ketahui untuk disampaikan kepada mereka yang belum tahu. Karena tujuan utama saya membuat blog untuk membagi ilmu dan menambah wawasan saya dalam dunia internet.

Sekian dan terima Kasih…
Salam.

Posted by : Kraeng Francisco | Tuturial Blog | Tips and Trik Komputer | Tips and Trik Internet | SEO

Artikel Kenapa Blog Dihapus Dan Apa Penyebabnya? diposting oleh Kraeng Francisco pada February 22, 2013. Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar.. Jika diperlukan Artikel ini bisa disebarluaskan melalui blog sobat, dan atau mohon sebutkan sumbernya dengan tautan link aktif ke postingan ini atau letekkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Terima Kasih. Salam...


Artikel Terkait

31 comments:

  1. Sebulan terakhir ini kita banyak mendengar blog blog yang sudah terbilang mapan dan menguasai SE hilang karena amuk dari Algoritma Google yang terbaru (Google Dyno) yang sangat sadis, selain faktor2 yang telah disebutkan diatas, saya pernah mendengar/menyimak bahwa alasan dihapus rata2 blog tersebut full dengan slot Iklan, entah benar apa tidak!
    tapi kenyataannya sudah seperti itu sobat... kesimpulannya jika ingin memasang slot iklan maka jangan terlalu berlebihan karena google saat ini sangat mengutamakan kepuasan pengunjung!

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga pernah mendengar seperti itu sobat, tetapi belum tahu jelas apakah pemasangan slot iklan yang berlebihan bisa mempengaruhi. Karena untuk sementara waktu saya juga belum sediakan slot iklan pada blog ini, mungkin iklan yang dimaksud terdapat dari beberapa faktor yaitu diantaranya seperti pemasangan slot iklan dan iklan yang ada didalamnya menggambarkan materi khusus dewasa yang mempengaruhi usia anak. karena menurut yang saya baca lansung pada kebijakan konten blogger seperti itu.

      Terima kasih masukkannya sobat.

      Delete
  2. selamat Pagi sobat Kraeng Fransisco...tepatnya tanggal 7 februari kemarin memang ada ribuan blog yang di hapus oleh pihak google karenaadanya Algoritma google dinosaurus dan pada umumnya yang berdomain di blogspot.saya sependapat dengan Sobat Ardian, memang rata rata blog yang di hapus karena terlalu banyak banner iklan di blognya, baik itu di header, sidebar maupun footernya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya betul sob, bila demikian. kebetulan juga saya sempat mengecek masih ada blog yang baru dihapus diakhir bulan Februari ini tepatnya tanggal 20an keatas. Kalau soal banyaknya iklan saya belum tahu pasti sob, karena saya sendiri belum memasang slot buat iklan satupun di blog ini, jika begitu terima kasih banyak atas informasinya sobat Hayardin.

      Delete
  3. ternyata mbah Google sudah mulai bersikap tegas ya..tapi alhamdulillah kalau blog yang terhapus bisa kembali seperti semula, cuman kalau yang hilang tanpa jejak..berarti harus pasrah dong, tapi intinya adalah..sebagai penumpang gratis di pesawatnya Mbah Google, kita memang wajib mematuhi segala tata tertib yang diberikan oleh Mbah Google agar kita tidak terdepak olehnya dan berakibat terjun bebas dari pesawat Mbah Google :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sependapat dan setuju dg komentar mas KF.. :)

      Delete
    2. saya setuju dan sepebdapat dg komentarnya bang Hari..

      Delete
    3. Ya sudah jelas kita sebagai penumpang gratis haus mematuhi aturan blogger, sehingga mungkin dalam posting ini juga dapat mengingatkan teman kita yang lain. Terima kasih mas Hariyanto.

      Betul mas budi, seperti yang dilihat karena memang saya belum sama sali memasang slot iklan....tetapi memang benar komentar Ardian dan Hayardin, kebanyakan yang saya amati seperti itu di blog2 lain, tetapi belum bisa dipastikan dengan benar...

      Delete
  4. hmm..link keluar lebih banyak daripada link masuk itu yang bagaimana y sob,?atau mungkin jika kita mengikuti kontes seo misalnya,maka akan terjadi lebih banyak link yg keluar karena di dalam artikel kita terdapat banyak link yang menuju langsung ke link yang kita ikuti kontesnya,,apakah begitu kawan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya seperti komentar sobat,

      Jadi lebih sederhananya seperti ini sob, ketika sobat memasang link pada postingan yang mengarah ke website2 tertentu, link yang terdapat dalam posting tersebut tidak dianggap nofollow, sehingga akan lebih mudah banyak link keluar dibaca oleh mesin tergantung beberapa kali pengulangan link yang sobat pasang, sementara jika sobat memasang link pada posting dengan atribut nofollow maka mesin menganggap itu hanyalah sebagai text biasa dan tidak akan terbaca berapa kali banyaknya link keluar oleh mesin pada setiap posting yang berbeda. sementara link masuk yang mengarah pada website sobat sendiri jarang atau tidak ada sama sekali, artinya lebih banyak keluar dan yang masuk berkurang.

      sebagai contoh : sobat selalu membicarakan nama blog saya berulang kali, dengan memasang link yang mengarah pada blog ini, sementara saya jarang membicarakan nama sobat. bila demikian sudah otomatis nama saya lebih banyak dikenal orang dibandingkan nama sobat. Tadinya blog saya mungkin biasa saja dimata SE, sekarang menjadi tenar dibanding nama blog sobat, karena sobat sering membicarakan nama saya.

      Supaya sobat lebih banyak dikenal sabaiknya nama sobat yang banyak dibicarakan....misalnya ada sebagian posting sobat saya copy dan saya sertakan link yang mengarah pada blog sobat, sementara sobat sendiri jarang membicarakan nama saya, sudah jelas blog sobat akan banyak link masuk dibanding keluar....


      Semoga membantu dan dapat dipahami....

      Delete
    2. oke sob,,,sekarang sy sdh mulai paham dengan penjelasan sobat mengenai link keluar lebih banyak,, thanks kawan ilmunya.. :D

      Delete
  5. maaf mas sy ga bisa ngasih tamvahan penyebanya apa..justru sy malah dapat ilmu dqri postingan mas.. :)
    terima kasih sdh berbagi ya mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak apa2 mas budi, saya senang bisa mebagikan pengalaman yang saya dapat atas kejadian pada blog saya yang dihapus....Terima kasih atas partisipasinya mas budi.

      Salam....

      Delete
  6. blog bisa dihapus google ya mas? aku malah baru tau,ya maklum masih belajar.
    makasih sekali mas infonya,saya mesti banyak belajar lagi dari para senior.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, bisa sob, itu semua karena kita melangggar aturan google, seperti yang ditetapkan pada Kebijakan konten Blogger, sehingga apabila salah menerapkan sesuatu yang tidak diinginkan pihak blogger maka blog kita bisa dihapus selamanya atau diberi peringatan.

      Delete
  7. Tapi masih banyak tuh blog yg berflatform blogspot (subdomain blogspot) yg bermaterikan artikel bahkan video yg tidak di hapus.

    kasian mereka yg sudah banyak visitor di hapus gugel, seperti rama88.blogspot.com, amin-raha.blogspot.com (bkn materi dewasa) tp mgkin di anggap spam kali ya. kan visitornya meledak tuh. ga sanggup ntar hosting bloggernya.. hahahhaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jujur saya sendiri belum tahu apakah blog yang bermaterikan video yang dimaksud dilarang google, karena mesin googlelah yang berhak menentukan semua itu.

      Ia sob, saya juga jadi turut prihatin, tetapi mau bagaimana lagi jika yang diinginkan pihak blogger seperti itu jadi kita harus mematuhinya. Sehingga kedepan nanti bisa dijadikan pengalaman bagi kita semua.

      Terima kasih.

      Delete
  8. khehehehe harus hati2 nih sob

    ReplyDelete
  9. Hmm jadi takut .. bagaimana ya kalau nanti blog saya kena banned ? :( .. Hmm menurut sobat bagaimana ? Apakah blog saya termasuk yang melanggar kebijakan Blogger / Google ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk pertanyaan tersebut, kembali pada sobat sendiri yang mengolala blog tersebut, apakah melanggar kebijakan konten blogger atau tidaknya...supaya tidak di banned, kembali pada aturan yang ada, jika yang diinginkan pihak blogger demikian jangan uturan tersebut untuk kita langgar.

      Delete
  10. Serem banget mas.. Semoga saja blog saya tidak termasuk kriteria Banned Google :D

    ReplyDelete
  11. Saya juga korban nih bos, baru saja tadi sedang asik buat artikel eh ada notifikasi email dari blogger bahwa blog saya dihapus. Sudah pagerank 3 sudah 390an posting malah dianggap spam. Padahal posting ane ga ada yg copas ckck. Btw berapa lama bos proses request restore diproses oleh blogger???

    ReplyDelete
  12. Terima kasih infonya..

    Tidak ada salahnya untuk memback-up blog secara periodik sehingga apabila blog diblocked oleh Google, kita dapat mengembalikan materi artikel yang ada di blog kita ke blog yang baru.

    Memang harus mencari visitors dari awal lagi tapi setidaknya masih ada artikel yang dapat diselamatkan.

    Selamat berblogging... :)

    ReplyDelete
  13. Ini salah satu kekurangan blogspot dibanding wordpress (free)langsung dibanned tanpa ada peringatan sebelumnya juga alasan penghapusan.

    Dan perlu dingat lagi,Google sudah ada di Indonesia dan kemungkinan untuk menilai pemakai produk Google (termasuk blogspot, adsense) dilakukan secara manual, terutama blog yang ramai.

    ReplyDelete
  14. Thanks infonya. Blog saya juga pernah di hapus oleh mbah Google, tp alhamdhulilah bsa di up lg. Dngn bbrapa pross vrtifikasi. Mungkin blog sya posting nya kbnyakan copas x ye...
    Mt mlm sobat blogger smwa . SLM persahabatan

    ReplyDelete
  15. Kelihatannya tuh sekarang banyak sekali blog2 besar yang dihapus google seperti Infonetmu, m-wali.. hampir rata2 blog itu punya iklan-iklan dewasa

    ReplyDelete
  16. nasib gan blog ane baru aja no 1 tau2 besoknya udah dihapus gan sedih bgt gan ,ane sedikit perjuangan supaya tu blog di peringkat 1

    ReplyDelete