February 11, 2013


Berbicara tentang sitelink sebuah web/blog kadang susah untuk di tebak, dimana untuk memperkuat keyword atau kata kunci menampilkan sitelink pada SERP atau yang sering disebut Search Engine Result Page selalu berubah. Hal ini sering terjadi pada blog yang Kraeng Francisco kelola saat ini, muncul hilangnya sitelink karena dimana untuk menampilkan sitelink, google susah dalam menentukan keyword atau kata kunci yang tepat.

Sengaja saya mengupdate kembali artikel tentang sitelink karena banyak yang masih bingung dan menanyakan tentang hilangnya sitelink. Sebagai referensi mungkin anda perlu membaca artikel terdahulu : Mengapa Sitelink Tidak Muncul Dalam SERP dan juga Seperti Apakah Blog Yang Pantas Mendapatkan Sitelink, lalu apabila anda bertanya apa itu sitelink baca pada artikel Blog Ini Mendapatkan Sitelink.

Apabila anda mencermati dari 2 judul artikel terdahulu diatas, dalam kotak komentar menanggapi pertanyaan pengunjung sudah saya jelaskan juga, tetapi disini mungkin akan saya jelaskan kembali lagi agar anda dapat lebih memahami dengan jelas kenapa sitelink blog hilang muncul dihasil mesin pencari?

Coba anda baca beberapa kalimat dari uraian diatas, jika disimpulkan lebih detail google susah dalam menentukan kata kunci/keyword yang tepat seperti juga pada pembahasan sebelumnya. Keyword atau kata kunci yang dimaksudkan disini misalnya awal saya mendapatkan sitelink kata kunci yang digunakan adalah Kraeng Francisco namun sekarang telah berubah menjadi kraeng-francisco-tutorial.blogspot.com.

Update : Perubahan tersebut terjadi pada tanggal 10 Februari 2013, kira-kira tepat pukul 08:00 Waktu Indonesia Timur ( WIT ), lalu pada pukul 20:30 kalau saya yang tidak salah setelah mengecek lagi, ternyata sudah tidak dapat ditampilkan kembali pada SERP. Sudah jelas bahwa kata kunci Kraeng Francisco dan kraeng-francisco-tutorial.blogspot.com, kedua kata kunci tersebut google susah dalam menentukan kata keyword/kata kunci yang tepat, artinya ini benar.

Lalu bagaimana dengan blog yang anda kelola apakah pernah mendapatkan sitelink? kemudian terjadi hal yang sama seperti pada blog yang saya kelola dengan hilang dan munculnya sitelink tersebut? jika demikian cobalah sekali-kali mengecek, benarkah terjadi perubahan yang berbeda nyata? dan yang dimaksud adalah kata kunci untuk menampilkan sitelink.

Perlu juga anda ketahui, bentuk dari pada sitelink tersebut dapat berubah sewaktu-waktu dengan membentuk menu vertical dan horizontal, sehingga anda jangan heran kenapa tiba-tiba awalnya sitelink saya tegak lurus malah berubah menjadi mendatar? hal ini bisa saja terjadi dan mesin google yang mempunyai peranan penting dalam memberi sebuah blog sitelink, jadi kita tidak bisa merubahnya secara manual.

Maka apabila dikemudian hari anda membaca artikel ini, dengan senang hati mungkin anda ingin membantu dalam arti mengecek sitelink blog ini maka, apabila telah muncul kembali mohon kerja sama untuk menginformasikan lewat kotak komentar dibawah.

Sekian dan Terima Kasih…
Salam.

Posted by : Kraeng Francisco | Tuturial Blog | Tips and Trik Komputer | Tips and Trik Internet | SEO

Artikel Sitelink Kadang Hilang Dan Tampil Kembali Di Hasil Mesin Pencari Google diposting oleh Kraeng Francisco pada February 11, 2013. Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar.. Jika diperlukan Artikel ini bisa disebarluaskan melalui blog sobat, dan atau mohon sebutkan sumbernya dengan tautan link aktif ke postingan ini atau letekkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Terima Kasih. Salam...


Artikel Terkait

15 comments:

  1. selamat Pagi Sobat Kraeng Fransisco....Pertengahan tahun 2012 dulu, blog yang saya kelola sudah mendapatkan sitelink dari eyang google, tapi sekitar bulan 11 sitelink saya hilang entah kemana. Kraeng Fransisco mungkin punya tips bagaimana cara mengembalikan sitelink yang hilang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sobat Haryadin, untuk menanggapai pertanyaan tersebut silahkan sobat membaca dulu pada semua artikel yang telah diterbitkan di blog ini dan yang dimaksud adalah semua link diatas, coba sobat pahami baik2. Sitelink tidak bisa kita munculkan secara manual dan yang menentukan sitelink bagi blog kita adalah mesin Google itu sendiri, kemudian keyword atau kunci untuk memperkuat menampilkan sitelink dalam SERP mungkin bisa berubah sewaktu2 seperti yang dijelaskan pada pembahasan diatas. apabila sobat pernah mendapatkan sitelink, maka sitelink tersebut tidaklah hilang.

      Semoga membantu....

      Delete
  2. waaahh,,,lengkap juga ya pembahasan tentang site link,,,makasih informasinya,lumayan jd tambah ilmu. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 sob...semoga bermanfaat ilmu yang didapat dan dapat diambil pula gunanya.

      Salam....

      Delete
  3. met pgi mas betul banget mas aq juga sering begitu mas trmksih mas saran dan infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata sama juga yang pernah sobat alami....Sama2 sob dan terima kasih kembali...

      Delete
  4. Saya baru tau ada sitelink maklum masih belajar hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia, sob sebenarnya sudah banyak yang membahas tentang sitelink, hanya kadang telat informasi ya sob heheh....

      Delete
  5. aku malah belum dapet sitelink nih sob, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga kedepannya bisa dapat sitelink sob...

      Delete
  6. Salam blogger sob,
    Blog saya lebih aneh lagi sob.. sitelinks sudah saya dapatkan tetapi sekarang malah hilang entah kemana, saya sudah coba kembalikan perubahan perubahan blog ke semula, tetapi ternyata tidak kembali juga. Mungkin perubahan yang cukup menghancurkan sitelinks saya adalah terletak pada perubahan template saya. Jadi kalau boleh saya sarankan di sini, kalau suatu blog/web yang sudah mendapatkan sitelink,lebih baik tidak usah di kutak katik lagi, karena web tersebut sebenarnya sudah pada posisi yang cukup mantap di mata google. Terimakasih atas artikel yang menarik ini sob, jika ada waktu kiranya dapat mampir ke blog saya. Terimakasih..dan salam kenal

    ReplyDelete
  7. Keren sekali postinganya.
    Jadi ada kemungkinan keyword untuk blog kita berubah di google ?
    Trus, akan kah ada peluang kembalinya sitelink ?

    blog gue juga ilang sitelinknya :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba saja sobat ketik kata kunci pada alat penelusuran google dengan lengkap, seperti contoh yang saya berikan diatas.

      Dan yang kedua, sitelink saya juga sekarang sudah muncul kembali. Maka sitelink yang telah diberikan google tidaklah hilang. maka pasti sitelink sobatpun akan muncul kembali, namun tidak menentu waktu yang diberikan.

      Semoga membantu....

      Delete
    2. Tambahan, kata kunci yang dimaksud misalkan pertama untuk menampilkan sitelink blog ini adalah Kraeng Francisco dan yang kedua kraeng-francisco-tutorial.blogspot.com. kalau milik saya pake yang kedua.

      Delete