February 24, 2013


Sobat, pernahkah anda mendengar tentang Google Authorship/ kepengarangan google? bagi yang sudah lama didunia internet pasti sudah sering kali mendengar, namun sebagian kalangan pengguna internet khusnya pemilik website atau suatu blog, mungkin ada yang sering beratanya-tanya apa itu Google Kepengarangan atau yang sering disebut dalam bahasa inggrisnya Google Authorship? itu pasti sudah jelas, karena mungkin anda baru mendengarnya.

Dan sebelum saya mendefenisikan lebih lanjut, bagi anda yang menemukan judul blog ini pada hasil penelusuran, pernahkan anda mengamati siapa pemilik dari judul diatas pada blog ini? dengan foto profil yang ditampilkan pada hasil penelusuran dan nama pembuat konten?, dan yang jelas adalah Kraeng Francisco sebagai admin.

Jadi google authorsip atau kepengarangan google merupakan sebuah program milik google yang diluncurkan untuk pemilik website atau blog sebagai metode untuk menampilkan nama kepengarangan pembuat judul dan foto profil pada hasil pencarian atau penelusuran google, serta jumlah lingkaran yang dihubungkan lansung dari tautan ke profil google plus.

Untuk memperjelas foto, nama dan tautan ke profil yang muncul pada hasil pencarian dan atau penelusuran google, perhatikan gambar dibawah. Kemudian apabila sudah jelas yang dimaksud dan bagi anda yang belum menghubungkan profil blogger ke google plus silahkan membacanya disini, lalu cara membuatnya klik disini.


Selanjutnya yang menjadi pertanyaan, dari mana kita tahu setelah memverifikasi email di Google Kepengarangan, bahwa foto profil kita telah muncul pada hasil pencarian atau penelusuran google? jawaban atas pertanyaan tersebut, kita akan menerima email di kotak masuk yang isinya dari hasil kutipan adalah sebagai berikut :

Selamat datang di Google Kepengarangan!

Anda menerima email ini karena Anda telah menambahkan markup Google Kepengarangan ke laman Anda. Notifikasi ini hanya diberikan satu kali dan kami tidak akan menghubungi Anda lagi terkait masalah ini.

Anda telah menetapkan Kepengarangan Anda, yang berarti foto dan tautan ke profil Anda sekarang dapat muncul di samping konten Anda di hasil penelusuran. Pelajari lebih lanjut.

Saat informasi Kepengarangan Anda muncul, informasi itu akan terlihat seperti ini:
Judul laman Anda

-----Sebagian isi disini------

Klik di sini untuk melihat daftar laman Anda yang saat ini ada di indeks penelusuran Google. Untuk melihat cara kerja Kepengarangan, coba telusuri beberapa laman berikut di Google.

Tahukah Anda? Mendaftarkan Kepengarangan berarti Anda sekarang dapat mempelajari seberapa sering laman Anda muncul di hasil penelusuran Google. Pelajari lebih lanjut
.

Perhatikan gambar, email yang dikirim ke inbox kotak masuk seperti dibawah ini.


Gambar diatas merupakan pemberitahuan yang terkirim ke kotak masuk email kita apabila tim google telah menyetujui verifikasi alamat email yang dijelaskan pada artikel terdahulu. Kemudian....

Apa manfaat Google Authorship atau Kepengarang untuk SERP Blog?

Singkatnya seperti ini, selain lebih enak dipandang dan begitu professional pada hasil penelusuran apabila judul posting kita selalu masuk 10 besar dalam SERP, maka ketika pengunjung yang pernah singgah dan membaca isi artikel kita merasa nyaman, selanjutnya mungkin mereka tidak akan melawatkan untuk mengklik judul artikel yang dicari pada blog yang kita kelola dengan gambar dan nama yang mereka kenal. Kurang dan lebihnya seperti itu menurut pendapat saya.

Itulah penjelasan singkat Tentang Google Authorship/ Kepengarangan yang dimaksud, maka setelah anda mempelajari dan memverifikasi email di Google Kepengarangan seperti pada judul yang pernah saya terbitkan sebelumnya, kemudian menerima notifikasi seperti diatas saya ucapkan selamat, karena foto profil akan muncul disamping tautan pada hasil penelusuran, nama serta jumlah lingkaran di google plus anda.

Salam...

Posted by : Kraeng Francisco | Tuturial Blog | Tips and Trik Komputer | Tips and Trik Internet | SEO

Artikel Tentang Google Authorship Atau Kepengarangan diposting oleh Kraeng Francisco pada February 24, 2013. Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar.. Jika diperlukan Artikel ini bisa disebarluaskan melalui blog sobat, dan atau mohon sebutkan sumbernya dengan tautan link aktif ke postingan ini atau letekkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Terima Kasih. Salam...


Artikel Terkait

11 comments:

  1. hmmm ada yang baru lagi nich,,,saya save dulu Pagenya sob sebagai Koleksi di PC...hehehehe...owgh iya Alhamdulillah Foto keren saya serta jumlah orang dalam lingkaran google plus juga sudah muncul di SERP google...hahahayyyy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan di save sobat....Syukulah jika demikian foto profil sobat telah muncul di SERP....

      Delete
  2. hmm akhirnya kita bisa juga sekarang mengaku sebagai pemilik artikel atau postingan, dan pengakuan itu juga diakui oleh mbah google...luarbiasa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, itu yang pernah saya ketahui. dimana bahwa judul posting yang kita terbitkan benar-benar dapat diakui oleh mbah google.

      Delete
  3. saya sudah pakai mas. tinggal nunggu robot merapinya..hehe

    kalau blog saya satunya sudah bisa kluar foto Admin seperti gambar diatas..xixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga saja ya sob dapat dengan cepat diproses setelah memverifikasi email di google kepengarangan.

      Delete
  4. Admin, mau nanya.
    Ada kelebihan yang lain tidak dalam hal SERP blog?
    Kalau di SEO nya akan ada pengaruhnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentu sudah jelas ada sob, selain yang saya tuliskan diatas untuk menampilkan foto dan nama penerbit atau pengarang. Dalam hal ini akan menunjukkan bahwa seorang penulis terbukti menulis konten yang berkualitas dimata publik dan mesin google itu sendiri, mengembangkan peringkat serta memperkuat posisi dimata SE. Tetapi mungkin program ini masih dalam tahap pengembangan dan kita tunggu saja informasi selanjutnya, karena yang kita harapkan bisa terjadi perubahan yang signifikan.

      Delete
  5. Memang banyak manfaat dari Google Authorship ini, diantaranya memperkuat posisi kita di SE, gak tau apakah sekarang udah diberlakukan secara efektif AuthorShip Rank dimana kabarnya jika authorship sebuah blog sudah mempunyai reputasi baik maka akan lebih kuat lagi!

    Thanks yah Mas Kraeng :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, saya sependapat , Informas selanjutnya kapan akan diberlakukan mungkin untuk sementara belum ada sob, karena saya juga sering telat dengan informasi atau berita dari google dan yang saya dengar sementara masih dlalam proses pengembangan beberapa bulan dan tahun kedepannya.

      Sama2 sob dan terima kasih juga atas kunjungannya.

      Delete
  6. Foto saya kadang2 muncul kadang2 tidak muncul di mesin pencarian, gimana sob cara mengatasinya?.. ..
    Jangan lupa mampir ya sob.. ..

    ReplyDelete