March 25, 2013


Beberapa waktu yang lalu, telah saya terbitkan artikel dengan judul Kenapa Kotak Komentar Blog Ditutup dan Bagaimana Caranya?, namun pada pembahasan yang disampaikan kotak komentar blog masih dapat muncul dengan semua komentar yang ada. Berbeda dengan cara yang akan dibahas kali ini, dimana kotak komentar tidak ditampilkan ketika kita membuka halaman posting blog dari semua judul yang pernah diterbitkan.

Perlu diketahui juga cara ini bukan menghapus kotak komentar blog permanen tetapi hanya disembunyikan untuk sementara waktu dan kita bisa memunculkan kembali dilain kesempatan. Kemudian cara inipun tidak cocok untuk blog yang menginformasikan seputar tips dan trik blogger atau lainnya, karena pengunjung tidak dapat memberi masukkan, pertanyaan ataupun hanya sekedar meninggalkan jejak di blog kita.

Dan apabila untuk sementara waktu, anda tidak ingin ada komentar masuk, karena atas berbagai pertimbangan seperti, ingin menulis dulu sebanyak mungkin dan mengedit artikel yang pernah diterbitkan sebelumnya untuk diperbarui kembali agar tidak menggangu aktifitas pengunjung, anda dapat menyembunyikannya, itu menurut dasar pemikiran saya, karena belum tentu sama dengan pemikiran anda.

Oleh karena itu sebelum anda menyembunyikan kotak komentar blog, harap dipertimbangkan dulu efek buruknya terhadap blog anda, jika membuat pengunjung tidak merasa aman dalam hal ini untuk tanya jawab. Sehingga apabila anda telah yakin untuk meyembunyikan kotak komentar di blog, silahkan ikuti uraian singkat dibawah ini dan kerjakan langkah-langkah berikut :

1. Pastikan saudara sudah loggin terlebih dulu.
2. Pada halaman dashborad, perhatikan gambar dibawah ini.


Keterangan :
• Buka menu Setelan.
• Klik atau buka Pos dan Komentar.
• Pada Bagian Komentar > Lokasi Komentar, selanjutnya
• Apabila setelan awal menggunakan Tersemat, klik pada kotak untuk menampilkan setelan lebih lanjut seperti gambar diatas.
• Kemudian pilih Sembunyikan.
• Terakhir klik Simpan setelan.

3. Selesai dan coba buka salah satu posting untuk melihat hasilnya, maka kotak komentar pada posting blog anda telah disembunyikan dari keseluruhan artikel yang pernah dipublikasikan.

Untuk menampilkan atau memunculkan kotak komentar, lakukan hal yang sama seperti pada uraian diatas dan kembalikan ke setelan sebelumnya. Selanjutnya bagi yang membuat blog dengan berbagai informasi dan salah satunya tentang berita bola, mungkin cara ini sangat cocok apabila anda tidak ingin ada komentar masuk, asalkan informasi yang diterbitkan jelas dan padat isinya.

Jika saudara hanya ingin menyembuyikan kotak komentar pada posting tertentu, cara ini dapat kita lakukan melalui entri blog, seperti pada artikel sebelumnya. Karena teknik diatas apabila diterapkan, maka akan berdampak pada semua judul apabila dibuka tidak dapat muncul kotak komentar seperti pada penjelasan diatas.

Lalu bagaimana cara untuk menyembunyikan kotak komentar pada posting tertentu? silahkan ikuti uraian dibawah ini secara berurutan.

1. Jika saudara memiliki blog percobaan, lakukan dan terapkan pada blog uji coba terlebih dulu.
2. Buat Entri baru > ketik judul tanpa isi atau pembahasan didalamnya, lalu…
3. Pada layar entri blog, perhatikan sebelah kanan, Setelan entri > Pilihan > Komentar pembaca > beri tanda ceklis dan pilih Jangan bolehkan, sembunyikan yang ada > klik Simpan. Perhatikan gambar.


4. Terbitkan entri dengan mengklik tombol Publikasikan.
5. Selesai.

Selamat mencoba, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya.
Salam…

Posted by : Kraeng Francisco | Tuturial Blog | Tips and Trik Komputer | Tips and Trik Internet | SEO

Artikel Cara Menyembunyikan Kotak Komentar Blogger diposting oleh Kraeng Francisco pada March 25, 2013. Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar.. Jika diperlukan Artikel ini bisa disebarluaskan melalui blog sobat, dan atau mohon sebutkan sumbernya dengan tautan link aktif ke postingan ini atau letekkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Terima Kasih. Salam...


Artikel Terkait

16 comments:

  1. terimakasih atas informasinya sob...

    ReplyDelete
  2. Silahkan Copy baner sobat yg ada DiSIMPANGblogger mungkin untuk tukar baner sama sobat yg lain kalau ada yg mau diganti, seperti icon nya siapa tau mau pakai foto sendiri silahkan tinggal kontek saya, Kalau Boleh usul baner SIMPANGblogger simpan nya dibawah alexa saja karena sesuai baner sobat juga diposisi bilah samping trims sobat..

    ReplyDelete
  3. Selamat Pagi sobat Kraeng Franscisco,,,saya sependapat dengan sobat,,,terkadang Artikel yang kita Publish masih perlu untuk di edit atau di Update sehingga mungkin kita belum siap untuk menerima Komentar dari pengunjung sehingga kotak komentar Perlu disembunyikan untuk sementara waktu...

    ReplyDelete
  4. saya cenderung lebih memilih jangan bolehkan, tunjukkan yang ada untuk postingan yang lama, tapi untuk postingan terbaru saya pasti memilih "Izinkan" :-)

    ReplyDelete
  5. selamat pagi :)
    masuk referensi bookmark dah, tidak perlu searching lagi di google , jika pengen kotak komentar bisa hilang langsung menuju blog mas kraeng francisco.

    ReplyDelete
  6. ini sudah sy terapkan mas, memang hal ini diterapkan utk hal2 yg bersifat pribadi/tidak di perkenankan utk berkomentar

    ReplyDelete
  7. trmksih genk infonya top markotop hehehehe

    ReplyDelete
  8. Terima kasih Anda sudah berbagi dengan gratis :)

    comment back ya

    ReplyDelete
  9. nice info bro, tapi dah enak defaultnya

    ReplyDelete
  10. sipp kawan tipsnya,, salam blogwalking..

    ReplyDelete
  11. waahh,,,pembahasan kita hari ini hampir mirip sob,,,tentang komentar pokoknya,,hee
    oh iya,knapa URL/NAME nya ditiadakan sob?

    ReplyDelete
  12. kunjungan siang , liaht2 blog kok belum update tulisan :)

    ReplyDelete
  13. Sangat membantu mas, terima kasih ya :D

    ReplyDelete
  14. Simple jelas dan mudah di terapkan ...

    ReplyDelete
  15. Cara ini yang belum pernah saya coba mas...
    Karna masih blm tahu percis caranya...hehe
    ternyata cukup sederhana dan ndak begitu sulit ya mas :)
    Sip mas..trims bgt ya :)

    ReplyDelete
  16. terima kasih atas info yanga sangat berharga.

    ReplyDelete