March 14, 2013


Mengedit template blog untuk mendapat tampilan desain halaman yang bagus dari bagian Header sampai dengan Footer, membuat kesibukan paling besar oleh seorang pengguna blog. Hal tersebut tidak terlepas dari keinginan sekedar rasa ingin tahu sampai begitu mahir dalam mengutak-atik sebuah template blog yang awalnya sering mencari tutorial dan bertanya sampai ke akar sehingga mendapatkan hasil yang memuaskan.

Namun ketika kita merencanakan misalnya Cara Membuat Menu navigasi Breadcums, apabila mencari kode css dan xhtml pada editor template kadang ada sebagian kode yang tidak ditemukan pada struktur kode HTML blog kita dan mau tidak mau sering berkunjung dan bertanya berulang kali, contoh : kenapa dalam editor template yang dimaksud tidak menemukan kode misalnya <div class='post hentry'> pada umumnya yang saya ketahui seperti itu dan sering mendapatkan pertanyaan dalam kotak komentar.

Dari kenyataanya saat kita ingin mengedit template blog ada salah satu hal yang terlupakan, dimana yang dimaksud kata terlupakan tersebuat adalah memberi tanda centang atau ceklis pada kotak Expand Template Widget. Kegunaan dari mencentang kotak Expand Template Widget tersebut untuk menemukan semua kode yang tersembunyi pada editor template anda.

Kemudian pada contoh kasus berikutnya lagi, ketika kita ingin menambahkan artikel terkait dibawah posting dan lainnya membuat kotak form berlangganan email di bawah posting, pasti kita akan menemukan uraian untuk mencari kode <data:post.body/> untuk meletakkan srtuktur kode dibawahnya, nah kemudian saya mendapatkan pertanyaan lagi lewat obrolan di google plus kira-kira seperti ini “kenapa kode <data:post.body/> tidak kami temukan pada editor template?

Perlu kita ketahui bahwa semua uraian yang di bahas pada sebuah artikel pasti sudah dilakukan uji coba terlebih dulu, dan intinya perintah untuk menempatkan kode css dan html selalu ada dalam template yang pada umumnya menjadi kebutuhan kita sebelum mengedit template. Maka solusi yang paling tepat sebelum mencari kode HTML dalam editor template blog, caranya bagi yang belum tahu ikuti uraian dibawah ini secara berurutan.

1. Masuk terlebih dulu pada blog anda.
2. Pada halaman dashbor klik Template.
3. Selanjutnya klik Edit HTML.
4. Setelah layar editor terbuka coba cari dan copy kode berikut <div class='post hentry'> dan <data:post.body/> dengan menekan tombol pada keyboard, Ctrl F lalu Ctrl V, bagaimana apakah anda menemukan kode tersebut? jika tidak….
5. Solusinya adalah jangan lupa selalu beri tanda ceklis atau centang pada kotak Expand Template Widget seperti pada gambar dibawah ini.


6. Apabila sudah ceklis pada kotak, lakukan pencarian ulang kode yang dimaksud, maka otomatis kode <div class='post hentry'> dan <data:post.body/> pasti ada dalam editor template blog yang anda kelola.
7. Selesai.

Jadi inti dari Tidak Menemukan Kode HTML Pada Editor Template Blog, Solusinya adalah selalu ceklis dan atau centang kotak Expand Template Widget. Maka sebelum kita menerapkan sebuah tekhnik perlu memperhatikan dan lakukan secara berurutan uraian pada sebuah tutorial yang berhubungan dengan desain template blog yang kita kelola, sehingga memproleh hasil yang pasti.

Selamat mencoba dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semua yang membutuhkannya.
Salam…

Posted by : Kraeng Francisco | Tuturial Blog | Tips and Trik Komputer | Tips and Trik Internet | SEO

Artikel Tidak Menemukan Kode HTML Pada Editor Template Blog, Inilah Solusinya diposting oleh Kraeng Francisco pada March 14, 2013. Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar.. Jika diperlukan Artikel ini bisa disebarluaskan melalui blog sobat, dan atau mohon sebutkan sumbernya dengan tautan link aktif ke postingan ini atau letekkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Terima Kasih. Salam...


Artikel Terkait

14 comments:

  1. benar sobat..sering saya mengalami hal tersebut dan ternyata memang lupa dicentang :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap, hal inipun saya alami sendiri juga awalnya sob dan setelah menemukan solusi yang tepat ternyata hanya karena lupa mencentang pada Expand Widget Template untuk membuka kode html yang tersembunyi.

      Delete
  2. Ass.Gak apalah lupa Centang, yang Penting jangan lupa saja yg lima waktu,Pokoknya terus berkarya-yg berkarakter diri sendiri... Salam kenal saja...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok sob, terima kasih......diharapkan pula sebaliknya.

      Delete
  3. selamat Pagi sobat Kraeng Fransisco....betul sekali yang sobat katakan, memberikan Tanda ceklist pada Expand Template Widget wajib kita berikan jika mencari kode kode dalam template blog karena terkadang ada kode yang tersembunyi sehingga kalau kita tidak memberikan Ceklist pada Expand Template Widget maka kode yang tersembunyi itu tidak akan muncul...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya sob, sebenarnya telah banyak yang bertanya-tanya selama ini namun, belum sempat saya balas, karena sekaligus ingin menguraikan secara jelas seperti pada pembahasan diatas agar kedepannya bisa menjawab solusi bagi teman2.

      Delete
  4. bener sob,,,intinya adalah centang kotak kecil yg ada di pojok kiri atas..hee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, benar karena jika tidak dilakukan hal tersebut maka akan membingungkan kita ketika mencari kode yang diuraikan pada sebuah tutorial akan kesulitan.

      Delete
  5. Mantap kk, tinggal di ruteng ya? Saya tinggal KUPANG

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya sobat....saya diruteng. Salam kenal dan terima kasih atas kunjungannya.

      Delete
  6. ini termasuk mengingatkan saya yg selalu lupa centang kotak kecil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga tidak terlupakan lagi ya hehehe

      Delete
  7. saya kira kode html yang seperti apa mas yang susah di temukan.
    ternyata lupa centang...hehehe

    mantep pembahasanya. memang banyak sekali blogger yang masih baru, dan setiap mau edit template pasti lupa atau tidak tau untuk menyentang expand widget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe. ya sobat, sekaligus artikel ini untuk menjawab semua pertanyaan lewat Google + dari semua teman2 blogger yang merasa kesulitan ketika mengedit template blog dibeberapa waktu yang lalu.

      Delete