August 10, 2012

Pertanyaannya adalah bagaimana memilih warna blog atau website? cerita begini teman-teman, pada awal tahun 2006/2007 saya sempat memikirkan untuk membuat sebuah blog, akhirnya saya putuskan untuk membuat blog atau website saya sendiri, tapi pada waktu itu saya tidak sempat memikirkan seberapa pentingkah warna untuk blog sehingga dapat membuat pengunjung diblog saya nyaman? setelah saya mendaftar blog pertama kalinya saya menggunakan template bawaan blogger atau yang diberdayakan oleh blogger.

Namun saya masih merasa kurang puas dengan template yang diberdayakan oleh blogger tidak begitu bagus menurut saya pada waktu itu, maklum biasanya para blogger baru suka memilih template yang disedikan oleh pihak-pihak tertentu. Setelah saya cari tempat yang menyedikan download gratis atau free saya menemukan sebuah template yang warnanya serba gelap dan desain dari template tersebut sangatlah begitu bagus hehehe... perlu teman-teman ketahui saya suka memilih warna yang gelap, pakaian serba hitam hhhh...bukan mau promosi pakaian saya kepada teman-teman tapi memang kenyataannya seperti itu hehe curhat. Akhirnya dan akhirnya lagi saya ganti template dengan memakai warna gelap, karna menurut saya itu adalah pilihan yang terbaik menurut saya lagi hehehe.

Setelah saya ganti template dan mempostingkan artikel, semua berjalan lancar pada awal tahun 2008 saya tidak pernah membuka lagi blog yang sudah jadi dan mulai dari situ saya bosan dengan blogging, keputusan terakhir, saya hapus blog tersebut, ya begitulah cerita singkatnya, kalau saya pertanyakan lagi kenapa dihapus? maka ceritanya akan sangat panjang.

Oleh karena itu sebelum anda dapat mempertimbangkan poin-poin penting dari desain anda, anda perlu membuat keputusan besar. Beberapa keputusan yang lebih penting dari skema warna blog atau website yang anda akan digunakan.

1. Perhatian Untuk Kontras
Anda harus memilih warna yang memberikan kontras yang cukup untuk membuat teks anda menonjol dalam rangka untuk mempromosikan dan mudah dibaca. Jauhi menggunakan font berwarna terang pada latar belakang warna terang, karena akan menjadi sangat sulit untuk dibaca.

2. Tidak Terlalu Banyak Warna
Anda harus memilih 3 atau 4 warna untuk situs Anda, dan hanya menggunakan warna-warna (atau nuansa warna-warna untuk membuat pengunjung anda nyaman ). Tentukan terlebih dahulu warna yang anda akan gunakan.

3. Pelengkap Warna
Warna komplementer atau warna yang bersifat saling melengkapi paling umum adalah:
* Merah dan hijau
* Biru dan oranye
* Kuning dan ungu.
Warna-warna tersebut bekerja sangat baik jika digabungkan bersama. Warna komplementer juga merupakan cara yang baik untuk memilih warna yang akan mudah dibaca dengan latar belakang tertentu: mencari warna sebaliknya untuk memaksimalkan mudah dibaca.

4. Analog warna atau warna yang serupa
Pendekatan lain untuk mencoba adalah untuk memilih warna yang mirip dengan warna utama anda, yang berarti bahwa warna tersebut serupa mulai dari judul, isi posting sehingga warna tersebut ada kaitannya sama atau serupa. Merah, misalnya, berjalan baik dengan warna analog, oranye dan kuning. Jika berlebihan, ini dapat membuat tulisan anda terlihat terlalu terang, tapi jika disamakan hasilnya bisa terlihat baik.

5. Warna pilihan
Sebuah warna pilihan tentunya menggunakan nuansa yang berbeda dan warna dari 1 warna untuk desain seluruh tidak ada yang lain kecuali hitam dan putih. Sebagai contoh, Anda mungkin menggunakan cahaya biru, biru biru dan gelap yang cerah bersama. Hal ini menciptakan tampilan yang bagus dan profesional.

6. Ambil warna dari alam
Untuk skema/rancangan warna, nah disini teman-teman dapat menentukan warna dengan melihat tanaman, pemandangan alam, dan hewan, sebagaimana alam menyesuaikan dengan lingkungan menggunakan warna, ini adalah poin penting dan perlu teman-teman belajar dari itu.

7. Kebutaan warna
Mengapa saya katakan pada point tersebut dengan kata kebutaan warna? simak baik-baik dari semua poin diatas ini adalah yang paling penting menurut saya. Teman-teman perlu mencoba untuk memastikan bahwa desain  menggunakan warna untuk membuat blog dapat dinilai oleh pengunjung blog terhadap skema warna yang teman-teman pilih bagus, namun demikian tidak bergantung pada skema warna yang jelas dapat membuat pengunjung blog merasa nyaman. Statistik menunjukkan bahwa mungkin 10% dari pengguna web setidaknya sebagian buta warna (maaf bagi teman-teman yang buta warna), sehingga anda perlu mempertimbangkan orang-orang ini ketika anda merancang situs anda. Pastikan mereka setidaknya bisa membaca teks anda dalam isi postingan yang anda pajang di blog atau website.

Namun dengan demikian bukan berarti blog saya ini sudah memenuhi semua poin-poin diatas. Pernyataan ini untuk menjawab dari judul Pernahkah Anda Berpikir Untuk Memilih Warna Blog Atau Website Anda? karena semenjak awalnya blog ini jadi saya selalu memikirkan poin-poin tersebut untuk selalu diterapkan, jika teman-teman ingin menerapkan cara ini silahkan. 

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semua pembaca. Sekian dan Terima Kasih. Salam Blogger.


Posted by : Kraeng Francisco | Tuturial Blog | Tips and Trik Komputer | Tips and Trik Internet | SEO

Artikel Pernahkah Anda Berpikir Untuk Memilih Warna Blog Atau Website Anda? diposting oleh Kraeng Francisco pada August 10, 2012. Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar.. Jika diperlukan Artikel ini bisa disebarluaskan melalui blog sobat, dan atau mohon sebutkan sumbernya dengan tautan link aktif ke postingan ini atau letekkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Terima Kasih. Salam...


Artikel Terkait

8 comments:

  1. link sudah saya pasang disini http://cerita-cerita-agnespedrosa.blogspot.com/2011/12/banner-sahabat.html. mksh gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Planet Pengetahuan.Sama-sama sobat, link sobat sudah saya pasang pada Daftar Link Sahabat, silahkan di Cek. Trima kasih.

      Delete
  2. . . kalo aq sich udah pasti warna biru n pink. he..86x . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. @♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥, Pilihan yang bagus mbak, saran saya warna pink jgn terlalu terang, bisa mempengaruhi mata sesuai petunjuk pada poin 7 diatas. Trima kasih, salam.

      Delete
  3. kunjungan balik, yang pasti selera tiap orang berbeda, tapi kalau dilihat dari SEO, warna dasar putih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya sama-sama. betul kembali kepada selera, kalau soal SEO saya masih perlu banyak belajar lagi mas...Trima kasih

      Delete