November 26, 2012

Halo sobat blogger yang saya kasihi, dari judul diatas mungkin anda bertanya dalam hati mengapa saya membuat judul Kelebihan Menggunakan Internet Explorer Dalam Mengedit Template Blog. Dari pernyataan tersebut banyak para blogger yang sudah tahu tentang hal yang akan saya bahas, namun para blogger pemula seperti KF banyak yang belum mengetahui kelebihan mengedit template menggunakan Internet Explorer. Oleh karena itu mungkin sobat blogger perlu membaca lanjut artikel yang akan saya sampaikan dibawah ini.

Sebenarnya dari judul yang saya terbitkan ini sudah lama saya ingin membahas hal tersebut, berhubung banyaknya aktifitas didunia nyata sehingga menjadi kendala bagi saya untuk menyampaikan kepada saudara semua. Jadi begini jika anda membuat blog tentu anda menginginkan tampilan blog jauh berbeda dengan blog lain sesuai selera anda, munculnya pemikiran tersebut sehingga anda harus mengerjakan beberapa hal untuk desain template blog yang anda dikelola. 

Apabila anda menggunakan template standar dan atau template yang disediakan garatis oleh pihak ketiga walaupun template sudah memenuhi syarat itupun anda masih merasa belum puas dengan template yang anda kelola dan mahu tidak mahu seorang pengguna blog harus membiasakan diri mengedit template agar blognya jauh lebih bagus. Selain itu juga membiasakan diri mengedit template sendiri jauh lebih menguntungkan karena dengan terbiasa melakukan maka anda akan tahu banyak tentang manfaat belajar dasar-dasar dari pengggunaan kode yang ada dalam template blog melalui mereka yang menyediakan artikel tentang cara atau teknik seputar tutorial blog. Sampai disini saya berharap anda membaca lanjut walupun artikel yang saya bahas ini sangat begitu panjang, dari situ anda akan menemukan titik akhir yang tepat dari judul diatas, silahkan baca. 

Awal membuat blog yang KF kelola, setelah mendapat hasil yang memuaskan walaupun tidak begitu bagus dimata pengunjung, itupun KF sudah merasa puas. Tetapi yang menjadi persoalan blog yang KF kelola membuka dengan menggunakan Internet Explorer, wao kata KF tampilannya kenapa bisa berantakan? saat itu KF pun bingung kenapa bisa terjadi seperti ini dan KF membuka blog ini menggunakan IE atau Intenet Explorer ketika itu tanpa disengaja, namun apabila dibuka menggunakan Mozila, Google Chrome atau yang lainnya tampilan blog ini biasa saja karena KF sering mengedit template menggunakan Mozila.

Jika dilihat dari tampilan contoh seperti background header dan lain-lain, mungkin anda perlu membuka blog ini dengan menggunakan IE dan lihat background header blog yang KF kelola tidak akan nampak, hal ini sengaja KF lakukan pada kode CSS yang KF gunakan tampilan akan berbeda-beda jika membuka blog ini menggunakan IE dan tampilan blog inipun masih dalam perbaikan karena ada beberapa hal yang tidak sesuai, atau boleh coba membuka blog yang anda kelola dengan IE dan lihat apakah tampilan blog anda sudah sesuai atau sama? silahkan dibuka. 

Bagi mereka yang sudah master dalam mengedit template blog (bukan KF) hehe, salah satu cara agar tampilan blog sama ketika dibuka menggunakan semua browser biasanya telah dilakukan uji coba sebelum template siap di pajang atau sengaja diberikan download gratis bagi yang membutuhkan, karena salah satu kriteria blog yang memenuhi syarat adalah blog yang tampilannya biasa saja tetapi mempunyai tampilan yang sama dan sudah support dengan semua browser, sehingga dalam membuat template web/blog tidak hanya asal dilihat dari tampilannya saja pada satu browser dan perlu disamakan pada semua tampilan browser lainnya. Lanjut membaca….

Dari pengalaman yang sudah pernah saya lakukan dan sengaja saya uji coba, ternyata tidak semua template yang disediakan oleh pihak ketiga tampilan web/blog mendukung pada semua browser, hal ini dikerenakan mungkin atas kelalaian oleh pembuat template sehingga tidak melakukan uji coba dan lansung diberikan download gratis, tetapi saya yakin bahwa biasanya template yang disedikan oleh atau pihak ketiga rata-rata sudah support pada semua browser. Walaupun demikian apakah anda sudah mencobanya sendiri membuka blog anda dengan IE atau Internet Explorer? jika sudah dan tidak menjadi soal dengan tampilan blog anda dan bagaimana bagi blog pemula yang suka editing template blog dengan satu browse saja, saya sarankan coba sekali-kali periksa tampilan blog anda dengan Internet Explorer, apakah sudah pas tampilan blog yang anda kelola sesuai keinginan atau selera anda.

Dengan demikian KF sarankan apabila anda ingin mengedit template blog agar mempunyai tampilan yang sama dan atau memiliki struktur yang bagus dan rapi dalam template blog yang anda kelola gunakanlah browser yang paling tepat yaitu Internet Explorer. Dimana dalam menggunakan Internet Explorer untuk mengedit template blog yang anda kelola akan jauh lebih bagus, maka ketika anda membuka blog tampilan yang dihasilkan dari blog sobat akan sesuai atau sama pada semua browser, itulah Kelebihan Menggunakan Internet Explorer Dalam Mengedit Template Blog.

Sekian dan Terima Kasih.


SALAM…
@2012 Oleh Kraeng Francisco

Posted by : Kraeng Francisco | Tuturial Blog | Tips and Trik Komputer | Tips and Trik Internet | SEO

Artikel Kelebihan Menggunakan Internet Explorer Dalam Mengedit Template Blog diposting oleh Kraeng Francisco pada November 26, 2012. Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar.. Jika diperlukan Artikel ini bisa disebarluaskan melalui blog sobat, dan atau mohon sebutkan sumbernya dengan tautan link aktif ke postingan ini atau letekkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Terima Kasih. Salam...


Artikel Terkait

10 comments:

  1. kunjungan siang genk. trmakasih bnyak infonya gen

    ReplyDelete
  2. maaf sob baru sempat berkunjung lagi nih....hehe
    aq malah belum pernah buka blog aq dari internet explore,selalunya aq pake chrome.
    info yg bagus nih sob,aq pelajari dulu nih sob.
    thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama sobat Reo...blog saya setelah dibuka menggunakan IE berantakan, dan sedikit demi sedikit sudah diperbaiki walaupun tidak semuanya. Terima kasih sob.

      Delete
  3. bagaimana cara ngedit pakai IE mas? saya belum pernah pakai IE soalnya. terimakasih infonya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti biasa yang sobat lakukan mengedit template blog lewat Editing HTML...

      Delete
  4. selamat malam..blogku juga sekarang masih belum sempurna tampilan di IE,biasa pake FF,kalau dulu malah berantakan,lalu kuganti semua pengatur jarak agar tidak menggunakan auto..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, semoga dengan tips diatas dapat membantu sob, untuk sementara satu per satu blog ini juga masih dalam proses jika ada pembenahan ulang...karena faktor utamanya adalah saat kita mengdit dan atau memasukkan kode yang tidak support dan pasti akan mempengaruhi semua tampilan disetiap browser.

      Delete