December 24, 2012


Sebelumnya saya ingin mengucapkan " Selamat merayakan Malam Natal 24 Desember & Esok Hari 25 Desember 2012. Semoga Damai selalu menyertai kita semua. Merry Christmas &  Happy New Year. Semoga di tahun yang baru lebih diberkati dalam kesehatan, keluarga, pekerjaan, serta lebih dewasa dan bijak. GBU ".

Sering kali kita menyebutkan kata SEO, SEO dan SEO, tetapi sudahkah kita paham tentang SEO? itulah yang akan menjadi pertanyaan dalam diri setiap pengguna blog di dunia dan khususnya di Indonesia. Setiap kali saya menuliskan tekhnik SEO yang pernah saya terbitkan disini, menurut saya semuanya masih dalam tahap yang paling dasar di dalam penerapannya. Sehingga sayapun menganggap tidak salahnya kalau saya menerapkan apa yang telah saya ketahui untuk dibagikan kepada yang lain, karena ilmu bukan untuk disimpan simpan saja tetapi perlu dibagikan kepada yang belum tahu.

Belajar SEO Bukanlah Hal Yang Mudah, namun SEO merupakan sebuah kewajiban kepada pengguna website/blog agar web/blog yang dimilikinya mendapat peringkat dan atau trafik yang tinggi. Apabila anda pernah atau sudah sering mendengar kata SEO ( Search Engine Optimization ), mungkin anda menganggap itu adalah hal yang mudah untuk diterapkan. Tetapi bagi saya SEO bukanlah hal yang mudah dan bagaimana menurut pendapat anda?

Belajar SEO bagi mereka yang telah sukses didunia online dan layak disebut mereka adalah para master dalam bidang ini, sampai merekapun menulis tekhnik dasar dalam bentuk sebuah buku, untuk diberikan unduh secara gratis, itu karena mereka menganggap ilmu yang meraka dapat sudah mereka uji coba berdasarkan pengalaman yang mereka miliki, sehingga mereka yakin apa yang mereka berikan tidaklah salah untuk kita terapkan. Hal ini terbukti dari semua ebook yang pernah saya baca bahwa mereka telah sukses dalam usaha dibidang online di dunia dan khususnya di Indonesia tanah air tercinta ini.

Kenapa saya katakan Belajar SEO Bukanlah Hal Yang Mudah? sudah pasti saya punya alasan sendiri. Dalam hal mengutak-atik sebuah template mungkin itu sudah biasa dan sering kita lakukan walupun itu merupakan hal yang sulit, tetapi saat berhadapan dengan ilmu SEO saya bahkan sampai bingung sendiri dan sering berkata minta AMPUN, sulitnya luar biasa!!!??? dengan tanda “Seru” dan tanda “Tanya” di kepala, hampir blank total.

Belajar seo bagi meraka yang master dalam hal ini bukanlah mudah dan untuk untuk sukses di dunia online mereka belajar sampai bertahun-tahun (1,5 s/d 8 tahun), bahkan sampai hari inpun tidak pernah ada habisnya. Itu karena mereka merasa sulit dalam memecahkan sebuah permasalahan yang menurut mereka adalah hal yang tersulit. Ya sudah pasti sayapun beranggapan demikian, karena orang yang pernah duduk di bangku kuliahanpun untuk mendapat gelar sarjana harus melalui sebuah proses yang luar biasa. Sayangnya saya sendiri tidak pernah duduk di bangku kuliah, tetapi dengan adanya perkembangan di dunia internet dari hari kehari saya ingin menambah wawasan saya untuk bersaing secara pelan-pelan melalui sebuah proses belajar.

Mungkin dan sudah banyak orang gagal, entah siapun mereka yang terburu-buru dalam menerapkan tekhnik seo karena mereka sendiri belum mengerti dan paham lebih jelas dalam penerapan sehingga tidak membuahkan hasil yang baik. Hal ini sudah banyak terbukti saya mengenal dunia internet sejak tahun 2007 yang lalu, fakta! alasan yang paling logis menurut saya bahwa mereka tidak mendapatkan trafik yang tinggi.

Kenapa tidak mendapatkan trafik yang tinggi sehingga membuat gagal?

1. Tidak konsisten.
Anda membuat jadwal untuk kapan membuat sebuah postingan, memberi komentar, membangun backlink dan lain sebagainya. Tetapi anda hanya akan bertahan dalam beberapa hari saja setelah seminggu atau sebulan lamanya anda sudah merasa bosan mengenal dunia internet karena merasa malas ataupun alasan lain, inilah yang membuat anda gagal. Maka untuk merubah semuanya jika anda ingin sukses, konsisten adalah kunci utama untuk keberhasilan anda di dunia internet.

2. Terlalu banyak ide.
Terlalu banyak ide kadang membuat kita bingung mana yang harus diselesaikan terlebih dulu, karena saya sendiri pernah merasa demikian. Punya banyak ide yang bagus tetapi bingung untuk menentukan mana yang harus direalisasikan terlebih dulu. Salah satu cara yang terbaik jika anda punya banyak ide buatkan sebuah daftar atau cacatan khusus dan mulai pilih mana yang harus diprioritaskan.

3. Banyak belajar.
Hmmm….sampai disini mungkin anda merasa aneh pada poin ketiga ini, tetapi jangan disalah artikan dulu. Belajar itu baik, tetapi kalau anda sering belajar, kapan anda mempraktekkannya? contohnya : ini fakta dan saya sendiri merasakan demikian, setiap hari saya hanya membaca buku yang saya unduh secara gratis dari internet, baik itu tentang SEO dan lain sebagainya. Semua buku yang saya baca disusun dengan cara oleh si pembuat berbeda-beda, tetapi intinya tetap sama. Jika anda ingin sukses dan sudah mengetahui inti dari pokok permasalahan, anda hanya perlu melakukan artinya praktek dan praktek.

Itulah beberapa alasan mengapa orang gagal dalam belajar SEO, maka sangat jelas kalau saya katakan Belajar SEO Bukanlah Hal Yang Mudah. Maka mulai dari sekarang walaupun SEO bukanlah hal yang mudah untuk kita belajar, mulailah berusaha dan perlu kita mencoba secara pelan-pelan dan jangan sampai terburu-buru, kerana terburu-buru akan membuat orang gagal. Walupun hal ini sangat begitu sulit, jika anda konsisten, anda akan mendapatkan hasil yang baik.

Semoga Bermanfaat.
Happy Blogging.

Posted by : Kraeng Francisco | Tuturial Blog | Tips and Trik Komputer | Tips and Trik Internet | SEO

Artikel Belajar SEO Bukanlah Hal Yang Mudah diposting oleh Kraeng Francisco pada December 24, 2012. Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar.. Jika diperlukan Artikel ini bisa disebarluaskan melalui blog sobat, dan atau mohon sebutkan sumbernya dengan tautan link aktif ke postingan ini atau letekkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Terima Kasih. Salam...


Artikel Terkait

13 comments:

  1. bener skali, tp lama kelamaan juga bakal menguasai sob, hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya dan tentu membutuhkan proses yg panjang tetapi tergantung pehaman seseorang saja.

      Delete
  2. trmksi banyak bang atas ilmuyng di berikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama sobat...semoga ilmu yang saya berikan dapat bermanfaat untuk semuanya. Terima kasih

      Delete
  3. Saya sangat sepakat dengan artikel di atas bahwa belajar SEO itu kadang membingungkan, membosankan, tapi mengasyikan.. Hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip, itulah proses dalam sebuah pembelajaran...hehe

      Delete
  4. teknik SEO memang gak ada habisnya. belajar tentang seo kita harus sabar.

    terimakasih sob infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama sob, banyak sabar dan membutuhkan ketekunan sehingga memproleh hasil yang baik pula. Terima kasih kembali.

      salam

      Delete
  5. tak ada yang mudah dalam hidup ini kawan, namun dengan niat yang kuat maka semua ada jalan untuk mempelajari segala sesuatunya...keep happy blogging always :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul dan Terima kasih atas dorangan yang diberikan untuk membangaun semngat...

      Delete
  6. Bljar seo tu ribet mas.. sudah byak cara saya terapkan, tp belum ada efek, maklum Nubitol

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya benar, perlu mencoba dan terus mencoba, pasti sobat akan menemukan kunci yg tepat.

      Delete
  7. Izin nyimak aja, lagi dikejar waktu ane, kunjungan baliknya yah

    ReplyDelete