December 7, 2012

Saudara punya komputer dirumah, apabila komputer tersebut mengalamai kerusakan hal pertama yang dilakukan adalah dengan cara menganalisa penyebab kerusakan yang telah terjadi. Kemudian untuk menanggapi salah satu pertanyaan melalau komentar yang diajukan pada artikel Cara Memperbaiki CPU FAN Atau Kipas Processor Macet, bagaimana cara memperbaiki VGA Card? perlu diketahui bahwa sebelum VGA diperbaiki tidak dapat saya katakan bahwa memperbaikinya harus dengan cara atau teknik dan atau hasil experimen saya (penulis) seperti yang saya sampaikan dan apabila saya telah punya gambaran bahwa kerusakan yang terjadi misalkan VGA tidak kedetect mungkin akan saya sampaikan dengan cara atau kemampuan yang  saya bisa. 

Kerusakan pada VGA mulai dari masalah yang ringan atau sederhana seperti yang pernah kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari baik itu masalah tampilan yang dihasilkan oleh hasil output dari CPU ke monitor tidak normal maupun kerusakan lain yang terjadi VGA mati total sehingga tidak menampilkan layar visual ke monitor laptop atau PC. Untuk melakukan hal tersebut, dalam arti menganalisa kerusakan pada VGA saya akan sedikit membantu memberikan gambaran secara umum dan menganalisa kerusakan pada VGA onboard dan eksternal, jadi apabila anda sudah menganalisa kerusakan maka akan akan lebih mudah untuk memperbaikinya.

Adapun cara menganilsa kerusakan pada VGA adalah sebagai berikut :

    1. CPU hidup tetapi monitor tidak bisa mengelurkan gambar, trik yang harus dilakukan anda bisa mencoba dengan menggunakan cpu pada cpu milik teman atau apabila anda punya 2 cpu coba sambungkan kabel layar monitor yang mengarah pada port vga card cpu tersebut apabila monitor punya tanda Sinyal analog ke monitor mengerluarkan gambar artinya monitor masih bagus. Selanjutnya.

   2. Monitor normal saat komputer dihidupkan, ketika berada di desktop pas saat ingin mengklik atau melakukan refresh komputer tiba-tiba restar sendiri, hal ini biasanya terjadi ketika komputer selesai diinstal baru dan saat mengintal driver vga komputer mati atau restart sendiri, itu artinya antara perangkat lunak dan perangkat keras terjadi crash. Hal ini mungkin bisa saja anda salah menginstal driver VGA dengan versi terbaru dari hasil download sebaiknya gunakan driver asli atau driver lama dan sebaliknya ketika menginstal driver VGA lama tidak cocok dan perlu di upgrade dengan versi terbaru.

    3. Sambungkan kembali cpu yang anda curigai rusak tadi dengan monitor, perhatikan sambungan kabel dari monitor ke VGA karena bisa jadi kaki pin koneksi dari kebel monitor yang mengarah pada port VGA longgar atau mungkin salah satu diantaranya patah kerena sering mencabut kaber monitor yang mengarah ke post vga dengan kasar, berikutnya.

     4. Periksa beberapa solderan bola-bola timah kaki Ic VGA card pada mainboard, lihat dan perhatikan baik-baik apakah ada beberapa solderan sudah mencair, hal ini dikarenakan suhu panas yang berlihan, ataukah mungkin beberapa solderan hangus (bila benar solderan mencair atau hangus, cara yang harus dilakukan adalah lakukan pada bagian tersebut dengan membuang sisa solder yang masih melekat pada bagian belakang maindboard dan lakukan solder ulang).

    5. Pada langkah keempat jika solderan masih dalam keadaan normal, coba pinjam VGA external punya teman dan pasang VGA card External pada slot dimainboard yang cocok, lalu sambungkan kabel monitor pada port VGA card dan coba hidupkan komputer, sampai disini apabila monitor dapat mengeluarkan gambar itu artinya VGA onboard anda benar-benar sudah tidak berfungsi lagi atau mati. 

Itulah beberapa cara menganalisa kerusakan VGA pada komputer yang dapat anda lakukan dan saya sarankan jika anda tidak bisa memperbaiki dalam hal tersebut sebaiknya beli VGA card baru atau bisa lansung dibawa ketempat service terdekat dikota anda dan jangan sekali-kali memaksa keadaan jika tidak tahu sama sekali cara memperbaiki karena akan berakibat lebih fatal. Walaupun demikian cobalah belajar secara pelan-pelan cara memperbaiki yang menurut anda lebih mudah untuk dilakukan sehingga secara tidak sadar anda akan terbiasa untuk memperbaiki komputer sendiri, dalam hal ini mungkin perlu baca artikel yang pernah saya terbitkan sebelumnya klik disini.

Sekian dan Terima Kasih.
Salam...

Posted by : Kraeng Francisco | Tuturial Blog | Tips and Trik Komputer | Tips and Trik Internet | SEO

Artikel Cara Menganalisa Kerusakan Pada VGA diposting oleh Kraeng Francisco pada December 7, 2012. Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar.. Jika diperlukan Artikel ini bisa disebarluaskan melalui blog sobat, dan atau mohon sebutkan sumbernya dengan tautan link aktif ke postingan ini atau letekkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Terima Kasih. Salam...


Artikel Terkait

7 comments:

  1. ilmu baru nih sob,ijin sve mau aq pelajari dulu ini penting buat aku.
    mksh infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok sobat, dengan senang hati silahkan apabila diperlukan.

      Terima kasih sob.

      Delete
  2. waah sepertinya VGA kompi saya lagi rusak nich sob,,,kebetulan ada artikelnya sobat jadi bisa membantu

    ReplyDelete
  3. jika gambar bercak, bagian mana yang harus di cek?

    ReplyDelete
  4. bagaimana ketika gambar bercak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kira2 langkah percobaannya sudah sampai dimana? kemudian gambar monitor tersebut laptop atau PC? jika PC baca pada langkah ke tiga diatas. Lalu apabila kabel monitor yang mengarah ke Port VGA dikancing kuat dan masih ada tanda bercak pada monitor, coba longgarkan kancingan dan masukkan kembali dengan pelan2, sambil dites dan cari posisi kaki pin yang tepat, karena bisa jadi ada sebagian kaki pin yang ditancap tidak benar, atau bisa jadi lubang colokan kaki pin longgar.

      Semoga membantu sob.....

      Delete