January 26, 2013


Apabila sebelumnya anda telah membaca Cara Install Windows 8¸ pada artikel tersebut telah saya janji bahwa akan menyampaikan segala informasi yang pasti merupakan kebutuhan dasar kita dalam menggunakan windows 8. Apa saja kebutuhan dasar yang kita perlukan? salah satunya adalah memunculkan start menu programs pada windows 8, karena yang kita ketahui bahwa pertama kali windows 8 diinstall pada komputer tidak muncul start menu programs seperti pada windows versi sebelumnya yaitu windows 7.

Perbedaan tersebut tentu sangat membuat kita bingung karena vitur yang terdapat pada versi windows 7 sangat berbeda nyata dengan versi terbaru windows 8 yang telah dirancang khusus oleh microsoft. Start Menu programs yang terdapat pada windows 8, sebenarnya lebih profesional jika kita bandingkan dari versi windows sebelumnya, karena apabila kita mengklik menu Start maka akan muncul menu programs seperti pada gambar diatas.

Dan walaupun lebih profesional dan terkesan menarik tampilan tersebut, mungkin kadang ada sebagian pengguna windows 8 yang ingin merubah tampilan menu programs sehingga dapat tampil pada taskbar dan sering disebut sebagai sistem tray. Untuk keperluan dalam hal ini apabila anda membutuhkan, silahkan ikuti trik dibawah ini dan selesaikan secara berurutan.

• Klik kanan pada taskbar > arahkan pandangan anda dan cari tulisan toolbar > lalu klik pada new toolbar.
• Masukkkan perintah berikut pada kotak Folder : %ProgramData%\Microsoft\Windows\Start Menu\Programs.
• Selanjutnya klik Select Folder, maka akan muncul seperti pada gambar dibawah dan untuk melihatnya silahkan klik pada sistem tray icon Programs.


Cara yang dilakukan pada uraian diatas menu programs akan tampil dan berada di posisi kanan dari layar monitor anda pada taskbar, untuk dapat merubah dan atau ditempatkan pada bagian kiri anda perlu menyelesaikan trik berikut :

• Klik kanan pada area taskbar.
• Kemudian hilangkan tanda ceklis pada Lock the Taskbar.
Selanjutnya tinggal arahkan cursor atau geser menu programs ke kiri dan ke kanan sesuka hati, karena dapat pula ditempatkan tepat berada ditengah. Iihat gambar, dari hasil yang telah dirubah.

Gambar diupdate dan mohon maaf atas tidak kenyamanan anda.


Demikian trik yang saya sampaikan semoga dapat bermanfaat dan selamat menikmati windows 8 anda.

Selamat mencoba.
Salam...

Posted by : Kraeng Francisco | Tuturial Blog | Tips and Trik Komputer | Tips and Trik Internet | SEO

Artikel Cara Memunculkan Start Menu Programs Pada Windows 8 diposting oleh Kraeng Francisco pada January 26, 2013. Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar.. Jika diperlukan Artikel ini bisa disebarluaskan melalui blog sobat, dan atau mohon sebutkan sumbernya dengan tautan link aktif ke postingan ini atau letekkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Terima Kasih. Salam...


Artikel Terkait

18 comments:

  1. Pagi sobat Kraeng Fransisco,,,waduh saya belum bisa praktek sob karena saya masih pakai windows 7,,,,belum punya CD Installnya sich,,,sobat Kraeng Fransisco mungkin punya CD Install windows 8 ? bagi DOOOOOOOOOOOOOOOOONGGGGG.....hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Windows 8 memang sampai sekarang belum beredar sampai ke seluruh wilayah diindonesia seperti pada kenyataannya didaerah saya ( DVD/disk Windows 8 yang original). Namun mungkin sudah banyak yang menyediakan link untuk mendownloadnya diinternet secara gratis, saya pikir untuk mempermudahnya sobat download saja. walupun saya punya sendiri itupun dari hasil backup dan windows 8 yang saya miliki seperti pada pembahasan di artiekel sebelum yaitu windows 8 Release Priview.

      Delete
  2. met siang mas. wah dpt ilmu lgi,ni kami di sini trmksih'y mas dah berbagi ilmunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. pagi sobat...ilmu perlu dibagikan supaya kita dapat ketahui bersama dan terima kasih kembali untuk kunjugan dan komentarnya sob....

      Delete
  3. nice share gan, jadi pengen nyoba win8

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok, silahkan sob dan semoga trik diatas bisa dipergunakan dikemudian hari.

      Salam....

      Delete
  4. Khehehe, nyimak aja sob, ditunggu kunbalnya loh :)

    ReplyDelete
  5. saya suka sekali membaca posting ilmu dengan penjelasan yg sederhana dan gamblang adanya...mudah untuk di pahami... di sini :)

    mohon ijin..untuk ta simpen ya mas...berhubung pc sy masih xp..dan sering ngadat...kelak artikel ini bermsnfaat buat sy..trims mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. o.iya terima kasih banyak sob, silahkan apabila dibutuhkan dengan senang hati saya berikan. Salam

      Delete
  6. waaah saya windows 7 aja belum kelar sob..
    hihihi
    ijin sima aja yaaaa
    :D

    ReplyDelete
  7. info yang sangat cemerlang sekali

    ReplyDelete
  8. info yang sangat cemerlang sekali

    ReplyDelete
  9. This site is excellent and so is how the subject matter was explained. I also like some of the comments too. Waiting for the next post.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you for visiting bro ..... that's what I expected to provide any information I ever publish it already understood.

      Delete