January 17, 2013


Jika kita sering menggunakan komputer, tentu sudah tidak asing lagi dengan program text editor dari windows yaitu NotePad. Dimana dalam penggunaannya banyak sekali manfaat dari NotePad tersebut untuk menulis sesuatu sesuai keperluan kita dan atau membuka sebuah file khusus yang dapat dibuka dengan NotePad itu sendiri. Khusus bagi pengguna website, NotePad untuk menulis kode HTML, CSS dan masih banyak lagi. Namun ketika kita menulis dalam editor NotePad tulisan akan memanjang kesamping kanan, jika terdapat banyak kalimat.

Dan yang kita ketahui tulisan yang memanjang kesamping kanan tersebut membuat kita harus menggeser scrollbar kekanan dan kembali kekiri, sehingga mengganggu proses kerja kita. Oleh karenanya untuk merapikan tulisan yang ada pada editor NotePad dapat kita rubah sehingga scollbar kekanan dan kekiri dihilangkan, seperti halnya kita menulis/mengetik pada editor Microsoft Office Word.

Salah satu trik yang saya sampaikan disini menggunakan Registry, karena dengan menggunakan Registri apapun masalahnya semua program yang berjalan pada system operasi windows, dapat kita atasi tanpa harus memiliki sebuah software khusus. Walaupun masih banyak cara atau tekhnik lain yang pernah anda temukan. Untuk merapikan tampilan notepad, anda dapat mengikuti uraian dibawah ini dan selesaikan secara berurutan. Lihat gambar dibawah dan bandingkan dengan gambar diatas.


1. Klik Start > Run > pada kotak Run > Open ketik “registry”.


2. Setelah jendela Registry Editor terbuka cari Key : HKEY_CURRENT_USER\Sotfware\Microsoft\Notepad.

3. Lihat pada samping kanan dan cari Nama Value/  Value Name: fWrap

4. Selanjutnya klik kanan pada Nama Value fWrap > Modify > rubah Value Data0” menjadi “1”. Perhatikan gambar.


Keterangan :

Data Valeu : 1 untuk mengaktifkan, sedangkan 0 untuk menonaktifkan. 

5. Terakhir klik OK. Tutup jendela Registry Editor dan lihat hasilnya dengan membuka program notepad, lalu masukkan tulisan hasil ketikan yang panjang.

Dengan demikian setelah anda melakukan trik diatas, maka setiap kali anda menulis/mengetik pada tampilan text editor notepad tidak perlu lagi mengarahkan scollbar didalamnya pada teks yang memanjang kesamping kanan. Dapat pula diketahui trik ini dapat berjalan pada semua windows seperti Vista, Seven dan windows Eight.

Selamat mencoba.
Sekian dan terima kasih.

Posted by : Kraeng Francisco | Tuturial Blog | Tips and Trik Komputer | Tips and Trik Internet | SEO

Artikel Cara Merapikan Tampilan NotePad diposting oleh Kraeng Francisco pada January 17, 2013. Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar.. Jika diperlukan Artikel ini bisa disebarluaskan melalui blog sobat, dan atau mohon sebutkan sumbernya dengan tautan link aktif ke postingan ini atau letekkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Terima Kasih. Salam...


Artikel Terkait

12 comments:

  1. Hooree... pertamax,,

    ok deh buat tutorial nya..

    Manstapp :D

    ReplyDelete
  2. Boleh juga nih triknya sob. Saya langsung praktekkan nih dan hasilnya mantap...

    ReplyDelete
  3. Kira2 kalau kita sdh terapkan hal di atas, apakah pilihan word wrap pada menu format tidak akan berfungsi lagi sob atau tetap berfungsi...??

    ReplyDelete
  4. dapet ilmu lagi nih saya.
    terimakasih sob tipsnya yang bermanfaat.

    ReplyDelete
  5. met mlm mas wah trmksih bnyk,ni mas ilmunya

    ReplyDelete
  6. Wah ini dia yg saya cari sob.. thanks ya.. siip deh

    ReplyDelete