January 20, 2013



Sempat bingung menentukan judul blog yang tepat, tetapi saya pikir judul artikel diatas merupakan pilihan yang bagus pada pembahasan ini. Sudah lamanya bergaul dengan dunia blogging ternyata banyak mendapatkan manfaat. Dari hal tersebut banyak pula ilmu yang harus dibagikan secara gratis setelah banyak tahu. Sehingga pada kesempatan ini ada yang perlu dan harus kita ketahui bersama, mengapa saya memilih judul Hilangkan Budaya Kuno Pada Kotak Komentar Blog?

Budaya kuno yang saya maksudkan disini adalah memberi komentar dengan tujuan Spam yang paling tidak disukai oleh Google. Namun masih banyak yang ingin mempromosikan website/ blog mereka dengan meninggalkan link aktif berupa promosi iklan dan lain sebagainya. Tetapi saya pikir itu adalah cara kuno yang tidak perlu kita terapkan mulai saat ini. Walaupun yang pernah saya baca meninggal komentar Spam merupakan suatu tekhnik SEO untuk promasi web/ blog sehingga bisa mendapatkan banyak kunjungan balik.

Pertanyaan saya apa iya itu adalah salah satu dari tekhnik SEO yang harus kita terapkan saat ini? hmmm….menurut saya tidak, alasan yang tepat cara tersebut merupakan budaya kuno dan atau cara lama yang masih saja kita lakukan hingga saat ini dari beberapa tahun yang telah kita lewati. Bukankah begitu dan bagaimana menurut tanggapan anda? jika benar yang saya katakan bahwa itu adalah cara kuno. Ok mari dilanjutkan untuk membaca.

Ketika kita meninggalkan komentar Spam pada blog yang tidak mengaktifkan moderasi komentar tetapi komentar tersebut tetap masuk dalam kategori Spam, oleh sebab itu kenapa ada tertulis seperti ini : Kami telah mengaktifkan deteksi spam otomatis untuk komentar. Sebaiknya Anda sesekali memeriksa komentar di kotak masuk spam. Pernyataan ini telah ditetapkan oleh tim Google dan sudah otomatis Google tidak menyukai cara yang dimaksudkan, karena google tidak menganggap bahwa komentar yang kita tinggalkan tersebut akan berpengaruh positif melaikan berdampak negatif bagi pemilik blog.

Oleh karenanya, apabila kita ingin mempromasikan website kenapa tidak melalui beberapa jejaring sosial yang menyediakan secara gratis maupun ada yang berbayar, karena cara tersebut merupakan cara yang paling cepat agar blog kita banyak mendapat kunjungan atau traffic, sehingga jika telah mendapatkan banyak kunjungan iklan yang kita promosikan juga saya pikir akan cepat mendapatkan hasil. Maka dari itu buatlah konten yang bagus sebelum mempromosikan website anda, dengan maksud dan atau bisnis anda dapat menarik perhatian banyak orang.

Lalu coba anda pikirkan sekarang Google telah menghadirkan Google Plus, disanalah tempat yang tepat untuk anda mempromosi iklan dan lain sebagianya, kenapa harus menggunakan budaya kuno berupa komentar spam? Jika telah ada jejaring social tersebut dan yang lain seperti Facebook, Twitter dan masih banyak lagi. Dengan memberikan komentar spam saya pikir cara tersebut percuma saja, selain itu akan membuang-buang waktu anda.

Begitupun bagi kita semua yang masih belajar dalam hal ini termasuk saya, tolong perhatikan kembali, bagaimana tanggapan anda meninggalkan link dikolom komentar blog lain? lalu meminta kunjungan balik dan atau supaya anda mendapatkan banyak visitor. Saya pikir tinggalkan cara kuno tersebut mulai sekarang, karena tanpa anda meminta kunjungan balikpun mereka akan tetap mengunjungi blog anda apabila punya waktu yang cukup atau tepat.

Ada sebagian dan hampir seluruh pengguna blog tidak menyukai cara yang dimaksudkan diatas, cukup dengan melakukan kegiatan blogwalking apa adanya dan berikan komentar yang baik, boleh perlu lakukan berulang kali terhadap blog yang anda kunjungi. Dengan cara ini ketika anda membuat posting yang menarik perhatian banyak orang maka, dengan sendirinya pengguna web/blog lain atau bahkan bukan pengguna blog sekalipun akan berbondong-bondong mencari kata kunci dalam target mereka dengan judul artikel yang anda publikasikan.

Satu hal yang sangat penting dan harus anda ketahui, mungkin ada sebagian komentar yang tidak saya terbitkan pada blog ini, karena saya menganggap itu akan menurunkan reputasi anda ketika ada yang membaca komentar yang pernah anda tinggalkan. Artinya saya menjaga nama baik anda dan blog yang anda kelola, bukan berarti saya menganggap komentar anda tidak bermutu. Mengapa saya melakukan hal itu? alasannya, saya tidak mahu anda dan blog yang anda kelola dianggap remeh oleh pengguna web atau blog lain. Dengan demikian saya mohon maaf yang sebesar-besarnya, apabila salah kata dalam tulisan ini.

Semoga Bermanfaat. 
Sekian dan Terima Kasih...

Posted by : Kraeng Francisco | Tuturial Blog | Tips and Trik Komputer | Tips and Trik Internet | SEO

Artikel Hilangkan Budaya Kuno Pada Kotak Komentar Blog diposting oleh Kraeng Francisco pada January 20, 2013. Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar.. Jika diperlukan Artikel ini bisa disebarluaskan melalui blog sobat, dan atau mohon sebutkan sumbernya dengan tautan link aktif ke postingan ini atau letekkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Terima Kasih. Salam...


Artikel Terkait

39 comments:

  1. saya hanya tahu saat berkomentar yang paling utama adalah niat menyapa pemilik blog, kemudian kalau sempat tentunya berkomentar mengenai apa yang ditulis...meskipun singkat tapi yang penting tetap menjaga silaturahmi dan silaturahim sesama blogger ...salam :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sobat, sebab hal itulah yang perlu kita terapkan. blogwalking untuk saling menyapa dengan niat yang baik tentu akan membuat pemilik blog merasa dihargai atas tulisan yang ia terbitkan....

      Terima kasih atas tanggapan untuk artikel ini.

      Salam

      Delete
    2. sejuk baca komentar...dari dua orang bijak nih... :)
      salam mas :)

      Delete
  2. bener apa kata diatas mas. memakai cara kuno berkomantar menyertakan link hidup. pemilik blog sekarang kalau ada link hidup di kolom komentar pasti di hapus. percuma orang yang berkomentar pakai link hidup kalau komentarnya di hapus. jadinya sia-sia berkomentar, bukanya dapet kunjungan malah tidak dapet sama sekali.

    terimakasih infonya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Justru itu sob yang harus kita perhatikan. sudah menghabiskan waktu mengetik, menguras pikiran untuk memberi komentar dan lain sebaginya, tetapi tidak ditanggap dan sampai dihapus. turut prihatin atas semuanya, sehingga saya sekarang lebih mempelajari karakter pengguna blog lain sebelum meninggalkan komentar agar komentar sayapun ditanggap secara baik.

      Delete
  3. .: ane setuju Mas Broo, komen sesuai topik...^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, saya sependapat dengan pemikiran sobat...

      Delete
  4. Tulisan yang sangat menarik ... pasti ditulis dengan pemikiran yang sangat dalam :)

    Nice post ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sob, sayapun berharap demikian pada blog sobat sehingga bisa menarik perhatian pembaca.

      Delete
    2. Iya sob .. saya juga berusaha kok :) tapi tidak saya tutup-tutupi juga kalau saya juga sering copas :)

      Oh iya sob, saya sudah follow blog sobat .. follow back yah ...

      Delete
    3. hehe bagus jika punya prinsip seperti itu sob...

      ya sob, sudah saya follow back. Terima kasih sob

      Delete
  5. Replies
    1. sama-sama sob dan terima kasih atas kunjungannya.

      Delete
  6. mlm mas itu betul jga mas apa lgi ane klu cmen janji ketik heheh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. malam juga sob...hehe tidak apa2 tetap semngat saja ngeblognya.

      Delete
  7. Kunjungan Perandana Kraeng Francisco sepertinya anda memiliki keahlian Khusus dalam bidang ini semoga semoga saya bisa mengikuti jejak Kraeng dalam hal Blogging.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh,iya sob. sebenarnya saya tidak memiliki keahlian khusus, hanya berdasarkan pengalaman saja dari hasil membaca, uji coba dan praktek. mungkin dari tulisan ini bisa muncul masukkan, saran, kritikan dan lain sebagianya agar blog ini bisa maju dan bersaing dengan blog lain...itulah sebabnya saya sengaja terbitkan artikel Hilangkan Budaya Kuno Pada Kotak Komentar Blog, untuk memancing respon pembaca hehehe...

      Terima kasih dan salam.

      Delete
  8. hahaha seumur umur selama saya ngeblog saya nggak pernah pake cara comentar kuno sobat. yang ninggalin link hidup di komentar. bukan apa apa sech, karena saya nggak bisa buat link hidup di komentar.hahahaha

    ternyata ketidak tertarikan saya untuk belajar membuat link hidup pada comentar sangat berguna juga hehehehe

    sukses selalu sobat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia sob, benar saya pernah meninggalkan link hidup pada salah satu blog sahabat yang membutuhkan bantuan dan waktu itu juga saya sempat, berkata maaf jika saya meninggalkan link aktif pada kolom komentar. setelah itu saya suruh hapus karena akan berdampak negatif pada blog tersebut, seperti pada pembahasan diatas. itupun cuma 1 kali saja dan sampai sekarang tidak lagi saya terapkan cara tersebut.

      Ok, yang diharapkan sebaliknya sukses juga sob...

      Terima kasih.

      Delete
  9. lha saya ini suka becanda dengan para admin blog blogger lainnya, apa itu bisa diartikan spam dan bisa menurunkan reputasi blog saya komentari di mata mbah google?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya pikir begini sob, walaupun kita suka bercanda selagi komentar tersebut menggunakan bahasa yang baik tidak jadi masalah dan atau jika komentar yang diberikan tidak masuk dalam deteksi komentar spam otomatis.

      dan apabila masih diberikan tanggapan yang baik oleh blog tempat kita meninggalkan komentar., wajar saja, karena mungkin karakter pengguna blog yang bersangkutan orangnya juga suka bercanda.

      dari pengalaman selama ini, justru komentar yang dianggap biasa saja, ditandai otomatis sebagai komentar spam oleh mesin. saya sendiri sampai bingung, sementara komentar yang berbau spam tidak ditandai sebagai komentar Spam itu sendiri oleh mesin Google.

      nah untuk reputasi yang dimaksudkan, oleh mesin saya katakan tidak, karena mesin itu sendiri tentu dibuat oleh manusia, maka yang menentukan bukanlah mesin, tetapi manusia itu sendiri.

      pada pembahasan diatas juga telah saya jelaskan bahwa saya tidak mahu komentar yang pernah ditinggalkan pada blog ini dianggap tidak baik atau bermutu oleh pengguna web/blog lain. Karena ada yang meninggalkan komentar dan pernah saya dapat seperti ini : wwwwkkkkkk mantap. Lalu dalam hati bertanya apa maksudnya? Maka sudah jelas saya berkata komentar tersebut akan menurunkan reputasi dimata pembaca yang lain.

      Sekian dan terima kasih.

      Delete
  10. Saya sangat suka Sob dengan artikel ini yang begitu menarik perhatian para pengguna blog agar jangan pernah meninggalkan link hidup pada kotak komentar.
    Sukses slalu sob.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya sob. semoga kedepannya yang diharapkan seperti itu tidak meninggalkan link pada kolom komentar.

      Sebaliknya sukses juga.

      Salam...

      Delete
  11. Pagi Sobat Kraeng Fransisco,,,wah kalau membahas mengenai Comment SPAM, saya biasanya GALAU tingkat tinggi sob karena banyak pengunjung blog saya yang meninggalkan link aktif saat berkomentar, di tambah lagi fitur terbaru blogger yaitu Filter SPAM, entah mengapa terkadang ada komentar dari Pengunjung blog yang komentarnya bagus dan sesuai dengan postingan, eh malah masuk dalam Filter SPAM blogger, apa Filter SPAM blogger kurang efektif yaa sob...?

    ReplyDelete
  12. ternyata sobat juga mendapatkan hal yang sama, saya jga sering menemukan seperti yang sobat maksudkan. komentar yang kita anggap baik tetepi terjaring SPAM. bisa jadi karena dalam komentar terlalu besifat promosi iklan dan lain sebaginya sob, sehingga komentar yang ditinggalkan masuk dalam filter SPAM.

    ReplyDelete
  13. waha, amppe selektif gitu ya sob. Tapi baru tau gue ternyata memang komen" spam dan semacamnya kontraproduktif sama blog kita sendiri. Nice

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, seperti yang telah tertulis diatas sob. Terima kasih untuk komentar daj kunjungannya.
      Salam....

      Delete
  14. terkadang komentar yang dibuat hanya sebatas meninggalkan jejak pada sebuah blog (contohnya:infonya bagus gan jangan lupa kunjungan baliknya ya ) tanpa membaca isi artikel didalamnya..padahal tujuan dari blogwalking selain menambah persahabatan tentu juga menambah pengetahuan tentang banyak hal yang belum kita tahu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya setuju dengan pendapat saudara, sayapun berpikir demikian.

      Delete
  15. saya alami blm lama ini mas...ada yg berkomentar di salah satu posting saya...bahkan ga cuma satu link hidup yg ia sisipkan jumlahnya lebih dari sepuluh...

    jelas langsung saya ambil tindakan... hanya agar dia tidak mengulanginya...di tp lain..nantinya

    terima kasih mas...utk saling mengingatkan... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ternyata sama, semua komentar spam yang masuk pada blog ini awalnya saya terbitkan saja, namun mengingat hal-hal yang tidak disukai oleh Google, saya ingin menyeleksi dan menghapus semuanya.

      sama-sama mas.

      Delete
  16. setuju sekali penjelasanya sob,
    komen sepam justru merusak reputasi kita sebagai blogger.
    tapi untuk urusan bercanda di blogku memang bebas,tapi bukan berarti saya tidak memperhatikan mana komentar yg nyepam,jika betul2 nyepam saya karantina atau hapus selamanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya sob, ternyata sependapat. memang betul, artinya kita bisa memperhatikan kembali seperti yang sobat maksudkan, dimana komentar yang bersifat spam dan mana yang bukan.

      Terima kasih sob sudah bertukar pikiran pada artikel ini. Salam....

      Delete
  17. Bikin penasaran aja nih sob judulnya dan ternyata enak dibaca dan dipahami. Hmmm... sehubungan dengan cara kuno dalam meninggalkan komentar di blog yang kita kunjungi cuman sekedar untuk mempromosikan sesuatu, saya sepakat dengan sobat bahwa untuk saat ini kayaknya tempat promosi yg lebih efektif adalah di layanan2 jejaring sosial seperti facebook, google +1, twitter dan lain sebagainya. hany saja yg mau promosi tsb ingin mendapatkan yg lebih gitu loh sob. Yang saya maksud disini adalah backlink dari blog dmn pemromosi tsb meninggalkan jejaknya. Tapi itu semua tergantung dari admin blog juga sih untuk menanggapi hal2 seperti itu. Saya bantu sobat aja deh untuk menyuarakan ini, Mari kitahilangkan budaya kuno pada saat berkomentar"... :D

    ReplyDelete
  18. ya sob benar, jika berbicara soal backlink itu sudah pasti. tetapi saya tidak setuju meninggalkan link dikolom komentar, sementara yang tertulis dibawah ini dengan segala kata maaf Harap Jangan Tinggalkan Link di Kolom Komentar, namun kadang tidak dibaca, sehingga mungkin dengan artikel seperti ini kita bisa membaca aturan yang telah ditentukan oleh pemilik blog sebelum kita meninggalkan komentar. Terima kasih untuk dukungannya sob, sayapun berharap kerja sama ini tetap berjalan dengan baik pula.

    Salam...

    ReplyDelete
  19. Saya berusaha memahami tulisan dari blog yg saya kunjungi dan mencoba memberikan pendapat sebisa mungkin. Yang terpenting juga silaturahmi antar blogger.

    Salam,
    Adi pradana

    ReplyDelete
  20. komentar harusnya untuk menyapa pemilik blog dan menghargai hasil tulisannya, jangan numpang tenar dengan menyertakan link hidup bukan begitu sob...

    ReplyDelete
  21. makasih Bro saya pertama berpikir seperti itu untuk blogg walking saya juga newbie di dunia blogg, tapi begitu saya baca artikel kamu, wa..h betul juga kita harus kerja keras dan usaha itu pasti ada hasilnya, apa lagi kita mau ke puncak itu semua melalui kerja keras kita dan itu pasti kita dapat hikmahnya.thank's berat.

    ReplyDelete