February 18, 2013


Dalam waktu 24 jam atau sehari, satu komentar masuk sama dengan satu visitor atau pengunjung blog dan banyaknya pengunjung perhari bukan berarti banyak pula komentar yang masuk, semua tergantung pengunjung apakah mereka harus selalu meninggalkan komentar pada blog yang kita kelola, itu tidaklah mungkin. Dimana setiap blog mempunyai tujuan yang berbeda dalam menyampaikan informasi. Informasi yang disampaikan tentu terupdate sesuai kata kunci yang banyak disukai dan dicari oleh pengunjung itu sendiri.

Dan sehingga apabila yang kita sampaikan benar-benar dibahas dengan singkat, padat isinya serta dapat diambil guna dan manfaat sesuai kebutuhan pengunjung, maka pengunjung akan merasa senang dan tidak pernah bosan untuk selalu kembali ke blog kita. Kalaupun pengunjung mahu meninggalkan komentar mungkin yang ia pikirkan adalah sebagai rasa ucapan terima kasih atau salam, kepada blog yang bersangkutan.
 
Lalu yang menjadi pertanyaan untuk apa tujuan kita membuat blog? sudah pasti kita sendiri yang tahu jawabannya, karena walupun kita tahu banyak tujuan membuat blog dengan masing-masing pendapat. Baik sebagai sarana tempat belajar, mencari uang, mengisi waktu dan hanya sebagai kesenangan dan atau lain sebaginya, tetapi yang paling utama kita harapkan adalah popularitas, tentu harus bisa mendatangkan banyak visitor ke blog kita dengan berbagai cara. Bukankah itu yang diharapkan untuk bersaing di dunia maya? kecuali bagi blog pribadi yang membuat blog hanya sebagai tempat menyimpan tugas dan tidak ingin adanya komentar dan diketahui banyak orang.

Dulu awalnya sekitar 5 tahun yang lalu, ketika saya sendiri masih baru dalam dunia blogging, yang saya harapkan banyaknya komentar, setelah dipikir-pikir, kalau tidak ada pengunjung apa bisa ada komentar masuk? ini yang perlu kita pahami baik-baik dan pada waktu itu saya gagal dalam blogging, karena tidak konsisten dan baru mulai kembali bergabung ditahun 2012 yang lalu.

Kemudian jika dalam waktu sehari kita membuat 1 posting berharap postingan kita banyak komentar, tentu yang mendasarinya adalah apakah posting yang kita buat bisa menarik perhatian visitor untuk mengklik judul yang sudah diterbitkan, apabila sudah diindeks dan selalu masuk urutan 10 besar dalam SERP. Bagaimana jika belum terindeks oleh mesin pencari? salah satu cara untuk mendapatkan komentar yaitu blogwalking dan meminta kunjungan balik dari blog lain atau mempromisikan lewat media sosial seperti google plus, facebook dan twitter.

Namun untuk masuk urutan 10 di hasil mesin pencari terbesar seperti google, yahoo dan bing tidaklah mudah, semua membutuhkan waktu yang lama jika blog kita tidak didasari dengan tekhnik SEO. Lalu apa tekhnik SEO yang harus kita pelajari? mulailah dari dasar baru ke jenjang yang lebih tinggi. Salah satu tekhnik SEO yang paling dianjurkan adalah membuat template blog kita ramah dengan lingkungan atau yang sering disebut SEO friendly, baca disini, kemudian mendaftarkan blog ke webmaster google dan lain sebaginya, akan dibahas kemudian hari.

Setelah anda membuat template yang ramah dengan lingkungan dan mendaftarkan blog di alat webmaster milik google dan lainnya, kemudian yang paling utama adalah buat konten yang sebanyak mungkin dan atur jadwal posting anda secara teratur. Selanjutnya silahkan menanti kehadiran pengunjung yang datang dari search engine ke blog anda. Semakin hari semakin bertambah pengunjung ke blog anda, komentarpun sedikit demi sedikit akan bertambah pula, jika ada yang meninggalkan komentar. Oleh sebab itu siapkan diri anda dengan matang sebelum menghadapi kritik pertanyaan ataupun masukkan dari pengunjung.

Dengan demikian, muncullah pertanyaan dari judul diatas Butuh Banyak Pengunjung Atau Komentar Di Blog ? jawaban dari pertanyaan tersebut sudah pasti keduanya merupakan yang diharapkan oleh seorang blogger, maka silahkan tentukan pilihan anda mulai sekarang. Terpenting menurut saya bukan hanya mengutamakan banyak komentar, tetapi konten yang harus diprioritaskan terlebih dulu untuk mendatangkan banyak pengunjung, lalu sesuaikan informasi dengan tema blog anda, sehingga informasi tersebut dapat diambil guna dan manfaat bagi orang lain.

Jadi bagaimana menurut pendapat anda? silahkan memberi masukkan, saran dan lain sebagainya melalaui kotak komentar apabila dalam penyampaian pada pembahasan ini masih ada kekurangan ataupun kurang tepat.

Sekian dan Terima Kasih…
Salam…

Posted by : Kraeng Francisco | Tuturial Blog | Tips and Trik Komputer | Tips and Trik Internet | SEO

Artikel Butuh Banyak Pengunjung Atau Komentar Di Blog? diposting oleh Kraeng Francisco pada February 18, 2013. Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar.. Jika diperlukan Artikel ini bisa disebarluaskan melalui blog sobat, dan atau mohon sebutkan sumbernya dengan tautan link aktif ke postingan ini atau letekkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Terima Kasih. Salam...


Artikel Terkait

16 comments:

  1. selamat Pagi sobat Kraeng Fransisco....,,,waah kalau bisa sich ke dua duanya,,,banyak pengunjung dan pengunjung rajin memberikan komentar dan tentunya dengan komentar yang berkualitas pula...bagaimana sob ?

    kesebelah yaa sobat mengambil ulang Awardnya karena kemarin saya ada kesalahan sedikit dalam menyimpan Format gambar Awardnya dengan memakai Ekstensi .png, barusan sudah saya simpan ulang dengan format .gif sehingga Awardnya kelihatan lebih keren dan aduhai...hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju sob...oh ia terima kasih informasinya ya.

      Delete
  2. Saya juga pada awalnya menggeluti dunia blogging dengan mulai mengurus blog yang saya kelola saat ini yaitu Blog Share With Agung Talaga, saya berharap akan banyaknya komentar yang masuk pada setiap postingan yang saya publish namun seiring dengan perjalanan waktu blogging, ternyata semua itu tidak gampang untuk mendatangkan komentar dari pengunjung blog. Yang penting tetap fokus aja dengan topik blog yang sementara kita kelolah dan jangan lupa untuk mendalami ilmu seo yang telah disarankan oleh para master-master seo. Komentar yang banyak belum tentu mendatangkan pengunjung yang banyak tiap harinya ke blog karena bisa saja komentar yg banyak itu hanya dilakukan oleh dua atau tiga orang yang berkalikali komentarnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya benar, akhir2 ini saya hanya tetap fokus seperti yang telah sobat katakan....Terima kasih ya untuk tambahannya. salam.

      Delete
  3. Wuihhh .....mantap banget mas, sy juga heran byk Blog Lama tapi sepi pengunjung. Mungkin dari pengelola kurang memberikan sentuhan di dalam Blognya. Yg aneh di Statistiknya visitor byk banget sampai ribuan, tp Buku tamu dan Komentarnya sepiiii banget. kok bisa yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, setiap komentar tidak harus selalu publikasi oleh admin yang mengelola suatu blog dan kadang banyak komentar yang dihapus pula. kemudian blog lama yang sepi pengunjung tentu diakaitkan dengan perubahan update algoritma terbaru oleh goggle itu sendiri, namun bagaimanapun juga blog lama sesuai yang saya amati selama ini, pengunjungnya justru bertambah.

      Delete
  4. beberapa hari terakhir ini saya penasaran sekali terhadap jumlah pengunjung di blog saya, mas KF. Saya penasaran bagaimana caranya meningkatkan jumlah pengunjung hingga diatas 2000 seperti yg pernah saya baca di beberapa blog.

    bukannya saya down, kecewa, atau bahkan menyerah bahwa pengunjung blog saya cuma sedikit, tp saya justru merasa tertantang.. jika mereka bisa, kita juga pasti bisa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga selama ini sering down jumlah pengjung yang ada sudah hampir minggu, itu semua karena banyak perubahan yang saya lakukan pada blog ini. Namun kedepannya akan saya perbaiki kekurangan yang telah terjadi.

      Pengunjung diatas 2000 menurut saya susah juga ya, tetapi memang ada yang telah membuktikan demikian...dan menurut pengamatan selama ini, yang membuat suatu blog banyak pengujung bahwasannya blog tersebut sudah banyak memiliki postingan yang ribuan pula, kemudian target kata kunci yang dicari rata2 kemungkinan besar mengarah pada blog yang dimaksud....

      Harus bisa mas dan itu yang diharapkan.

      Delete
  5. sepertinya saya memilih banyak komentar sob... :D
    tapi komentar dari pengunjung asli bukan komentar sendiri...

    kalau komentarnya 10.000 perhari, otomatis pengunjung juga 10.000 bisa lebih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya itu tergantung pilihan sobat dan tentunya harus diimbangkan juga sesuai harapan yang dimaksud dengan membuat banyak posting pula untuk mencapai target.

      Delete
  6. jujur saja..saya memang sangat senang kalau banyak yang berkunjung dan banyak yang memberikan komentar...itu pernah menjadi prioritas saya saat nge-blog, tapi sekarang itu bukanlah menjadi prioritas utama saya..karena saya sadar bahwa ngeblog itu tidaklah harus selalu mencari pengunjung dan komentar, bagi saya yang penting sudah berbagi di blog,,,,maka terpuaskanlah hati ini..apalagi kalau ada yang membacanya dan mengmentari ...:-)

    ReplyDelete
  7. Iya saya setuju sama darmawan saputra. Visit balik ya sob faktaoftheworld.blogspot.com

    ReplyDelete
  8. hemmm kalau menurut saya sih 2-2nya sob .. kalau blog banayak pengunjung otomatis SERP naik terus. Dan kalau komentar banyak, kesannya blog kita itu rame sob .. :D

    ReplyDelete
  9. Wah thx mas infonya, dulu saya juga begitu.
    Mau ngepost dengan berharap banyak komentar yang masuk, tapi hasilnya malah komen masuk cuma 5-10 aja.

    Btw kunjungin balik ya, www.stevlimteddy.blogspot.com

    ReplyDelete