February 28, 2013


Setelah beberapa waktu yang lalu membahas tentang Cara Baru Menggunakan Google Webmaster Tools, maka pada kesempatan ini merupakan kelanjutan sesudah anda menerapkan cara pada posting terdahulu. Dengan tujuan untuk menganalisa semua aktifitas diblog, serta mengumpulkan semua data yang dikaitkan dari webmaster tools google. Oleh karena itu setelah kita mendaftar blog di Google Analytics perlu dikaitkan ke webmaster tools google yang akan disampaikan sebelum akhir posting ini.

Jadi Google Analytics itu sendiri merupakan sebuah layanan milik google untuk memantau statistik pengunjung di blog kita yang dapat dilihat lansung pada daftar semua data situs web, seperti : jumlah pengunjung, jumlah tayangan laman, durasi kunjungan, asal negara dan kota, system operasi windows dan serta alat browser dan atau masih banyak lagi kegunaanya.
 
Kemudian Cara Daftar Di Google Analytics dapat anda ikuti uraian dibawah ini secara berurutan.

1. Buka halaman Google Analytics.
2. Klik pendaftaran.
3. Kemudian anda akan menemukan halaman seperti dibawah ini;


Keterangan :
• Ketik nama situs web anda (1).
• Masukkan URL situs web (2).
• Pilih Kategori Industry, contoh : Teknologi (3).
Rubah ZOna Waktu Pelaporan, pilih Negara Indonesia (4), dan waktu misalnya (GMT+07:00 Jakarta), atau Makasar dan Jayapura (5).
• Isi nama akun anda, misalnya Kraeng Francisco (6).
• Klik tombol dapatkan ID Pelacakan (7).

4. Setelah itu akan muncul pemberitahuan Perjanjian Persyaratan Layanan Google Analytics, klik Saya Setuju. Perhatikan gambar.


5. Selanjutnya pada halaman berikut, tab menu Info Pelacakan copy kode ID Pelacakan yang ada dibawah, sebagai contoh : ID Pelacakan UA-36611002-2 lalu simpan pada notepad. Lihat gambar.


6. Scrool kebawahnya lagi copy kode pelacakan dalam bentuk script yang akan pasang kedalam editor template, lalu simpan pada notepad. Lihat gambar.


7. Kemudian pada langkah ini kita diwajibkan memasang kode kode script google analytics diblog.  Masuk ke halaman draf blogger anda klik menu Setelan > Lainnya > Google Analytics > ID Properti Web Analytics > copy dan paste Id Pelacakan seperti yang dijelaskan pada langkah 5 diatas ke dalam kotak dan klik Simpan Pengaturan, selalu perhatikan gambar.


8. Masih pada halaman draf blogger.
• Klik menu Template.
Edit HTML.
• Beri tanda ceklis pada kotak Expand Template Widget.
• Lalu cari kode </head> copy kode script pada langkah keenam seperti dalam contoh gambar, paste tepat diatasnya </head>.
• Jika sudah Simpan Template.

9. Kembali ke halaman Google Analytics > Info Pelacakan > klik tombol Simpan yang berada diatas kode script.


10. Selesai.

Seperti yang telah saya sampaikan bahwa, hubungan yang dimaksud setelah mendaftar di google analytics, maka yang perlu dilakukan adalah menghubungkan atau mengaitkan Properti Google Analiytics di Google Webmaster Tools dan atau sebaliknya mengaktifkan google webmaster tools di google analytics.

Maksud dari menghubungkan atau mengaktifkan Google Webmaster tools dengan Google Analytics untuk melihat data webmaster tools di laporan google analytics serta mengaktifkan alat webmaster untuk menautkannya langsung dengan laporan yang terkait di google analytics (sumber : Webmaster Tools), yaitu dengan cara, silahkan ikuti uraian singkat dibawah ini :

• Masuk ke Google Webmaster Tools.

• Pada menu beranda klik Kelola Situs, lalu klik Properti Google Analytics.

Beri ceklis atau centang pada kotak disamping nama blog, lihat gambar dibawah dan klik simpan, lalu akan muncul pop up window baru tambahkan ikatan klik OK.

• Setelah itu anda akan mendapatkan pesan pada kotak masuk di halaman beranda Google Webmaster Tools dan silahkan dibaca.

• Selesai.

Untuk menggunakan Google Analytics akan dijelaskan dikemudian hari dan atau pembahasan selanjutnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda.

Sekian dan Terima kasih. 

Update Tanggal 28 Februari Jam 07:06. Mohon maaf sebelumnya, karena ada sedikit kesalahpahaman dalam penulisan artikel. 

Posted by : Kraeng Francisco | Tuturial Blog | Tips and Trik Komputer | Tips and Trik Internet | SEO

Artikel Cara Daftar Di Google Analytics diposting oleh Kraeng Francisco pada February 28, 2013. Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar.. Jika diperlukan Artikel ini bisa disebarluaskan melalui blog sobat, dan atau mohon sebutkan sumbernya dengan tautan link aktif ke postingan ini atau letekkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Terima Kasih. Salam...


Artikel Terkait

10 comments:

  1. pagi sobat,,,,pembahasan mengenai cara daftar di google analytic sampai ke akar akarnya ini di bahas sob...ini yang saya suka kalau Kraeng Fransisco buat Tutorial, di samping pembahasannya yang detail, screenshoot gambarnya juga lengkap....Alhamdulillah saya juga sudah memasang ID google Analytic di blog saya sob sejak tahun 212 yang lalu

    ReplyDelete
  2. luarbiasa, spertinya blog super ini membahas tuntas semua all about google, dengan sajian yang lengkap dan akurat :)

    ReplyDelete
  3. saya malah jarang ngecek tarffic blog saya di oogle analytics mas...hehe
    padahal kita bisa tau darimana aja asal visitor blog kita. dan conten apa saja yang sering di baca pengunjung...

    ReplyDelete
  4. memang sangat perlu banget nih, biar kita mengetahui statistik blog kita, Tutorialnya mantap mas

    ReplyDelete
  5. Ini udah saya terapin Mas,karena memang google analytics lebih bagus melakukan jelajah terhadap statistik blog kita.

    ReplyDelete
  6. This is a good site to spend time on .I just stumbled upon your informative blog and wanted to say that I have really enjoyed reading your very well written blog posts. I will be your frequent visitor, that's for sure.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you for the compliment .... I hope what I write in this blog may also be useful for all user sites. Please if you want to always come to visit this blog.

      Regards ....

      Delete
  7. Thansk gan, akhirnya berhasil juga ...

    ReplyDelete
  8. Ngilmu yang bermanfaat Gan...
    Maturnuwun and Sukses selalu.

    ReplyDelete