February 15, 2013


Untuk menjawab pertanyaan yang anda cari dan mungkin anda sering menemukan tips bagaimana merawat komponen komputer atau yang sering disebut spek dalam istilah komputer seperti hardisk agar tetap terjaga dan tahan lama, tetapi belum menemukan jawaban yang pasti. Inilah solusi yang tepat bagi anda, karena saya akan menjawab semua yang anda butuhkan disini sesuai dengan pengalaman yang saya miliki dan ketahui.

Merawat hardisk artinya kita menjaga, dengan cara apa dan bagaimana kita mempraktekkannya? ya karena pertanyaan tersebut sering muncul dalam pikiran kita, maka jika kita banyak menimba ilmu selanjutnya praktek adalah kunci utama. Sehingga apabila anda menginginkan agar hardisk anda tahan lama anda bisa terapkan tips dibawah ini.

Sebelum dilanjutkan tidaklah salah untuk anda ketahui apa itu hardisk? hardisk adalah media penyimpanan semi permanen dan dapat dibagi menjadi beberapa partisi atau dinding pemisah dengan ukuran dan atau kapasitas yang berbeda-beda. Dinding pemisah tersebut untuk tempat berjalannya system komputer dan lainnya sebagai tempat penyimpanan data, singkatnya demikian.

Adapun isitilah didalam bagian hardisk tersebut yang dikatakan sebagai piringan cakram atau cakram keras, cakram itulah yang merupakan tempat menampung data. Ada yang berukuran tebal dan tipis dan mampu menyimpan data sebanyak mungkin dan dibuat menurut perkembangan jaman.

Kemudian cakram tersebut jika komputer dihidupkan sangatlah sensitif terhadap getaran dan karenanya hardisk memiliki sifat yang tidak tahan terhadap guncangan, sehingga kita perlu menjaga cakram agar tidak mudah pecah dan lain sebagianya dengan tips yang ada dibawah ini untuk menjaga pula keamanan data yang tersimpan didalamnya.

Bagaimana Tips dan Cara Merawat Hardisk Tidak Cepat Rusak? silahkan baca penjelasan berikut :

1. Arus listrik.
Hardisk dapat cepat rusak sebagian besar oleh arus listrik, jadi agar hardisk tidak cepat terjadi kerusakan yang sering disebut bad sector gunakan UPS dan Stavolt untuk menjaga arus listrik tiba-tiba putus dari PLN ( khusus pengguna PC dan begitupun bagi pengguna Laptop demikian, karena tidak menjamin selamanya saat arus listrik putus walaupun baterai terpasang listrik putus tiba-tiba akan tetap terjadi kontak arus yang besar, itu karena pada hardisk memiliki medan magnet yang besar pula).

2. Lokasi tempat tinggal anda.
Sepertinya mendengar kata lokasi tempat tinggal mungkin menurut anda aneh tetapi ini nyata yang telah saya jelaskan pada point pertama. Karena hardisk memiliki medan magnet, kemudian lokasi tempat tinggal andapun demikian, biasanya daerah-daerah tertentu dan pada dataran yang tinggi dengan medan magnetnya yang kuat, lalu mungkin daerah anda curah hujannya tinggi, segera berjaga-jaga saat cuaca mendung. Alasannya untuk menjaga kemungkinan terjadi petir tiba-tiba menyambar disekitar lingkungan tempat tinggal anda, karena target utama petir pada daerah yang memiliki medan magnet kuat, walaupun ada pemasangan penangkal petir dirumah, tempat kerja dan lain sebagainya. Contohnya banyak TV, Parabola, Tape dan barang elektronik lainya sering rusak terkena sambaran petir.

3. Power Suplay.
Untup pengguna PC power suplay minimal total output 500W, hal ini dimaksudkan karena power suplay output dibawah 500W membuat cara kerja komputer, pada hardisk kurang stabil jika pemakaian arus yang berlebihan seperti kipas pendingin dan lain-lain. Semakin besarnya output pada power suplay maka cara kerja hardiskpun akan semakin bagus dan yang dimaksudkan pembagian arus pada setiap hardware tidak melebihi besarnya output pada power suplay. Kemudian perhatikan pula kabel power yang mengarah pada hardisk misalnya anda menggunakan 2 hardisk yang sama jenisnya dan yang dimaksud adalah hardisk sata sebagai contoh. Kebel power suplay hardisk sata biasanya jika menggunakan 2 buah hardisk dalam satu arus kabel akan mengakibatkan hardisk cepat panas, saran saya sebaiknya gunakan 1 hardisk saja.

4. Suhu.
Pemakaian komputer yang terlalu lama akan menyebabkan hardisk sangat panas, sehingga saya sarankan bagi pengguna PC sediakan 1 kipas pendingin khusus untuk hardisk. Jika anda bisa merakit saya pikir dilewatkan saja cara ini dan bagi yang belum bisa (maaf), anda bisa meletakkan hardisk dekat tempat pemasangan kipas pendingin, namun masih ada cara lain apabila tempat penyimpanan hardisk jauh dari kipas pendingin. Misalnya ini adalah cara yang sering saya lakukan, lihat posisi tempat penyimpanan hardisk dan perhatikan bagian atas dan bawah pada casing, kalau masih ada tempat buat pemasangan kipas walupun tidak ada slot kancingan baut kipas, anda bisa menggunakan lem sebagai pelekat dari bagian bawah posisi hardisk atau dari atas, dan kalau bisa saya sarankan dari bagian bawah hardisk. Jika posisi tempat penyimpanan hardisk berada ditengah-tengah casing, ikat kipas pendingan gunakan kawat. Untuk pengguna laptop gunakan cooling fun laptop sebagai pendingin.

5. Debu/kotoran yang menempel.
Bersihkan pula debu dan kotoran yang menempel dengan penyedot debu, hal ini dimaksudkan agar setiap penghubung singkat pada komponen hardisk dapat bekerja dengan normal. Penghubung singkat yang dimaksud misalnya : kabel data dan power.

6. Goncangan.
Kerena hardisk tidak tahan terhadap goncangan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bagi pengguna laptop, saat anda membawa laptop ke tempat tujuan anda pergi gunakan tas khusus untuk laptop yang padat boleh perlu bila masih ada ruang gerak dalam tas bungkus pakai pakaian atau terserah anda dan jangan menekan bagian belakang bodi, karena pada umumnya posisi hardisk di laptop diletakkan pada bagian belakang penutup casing. Lalu saat laptop dalam keadaan hidup simpan pada tempat yang aman dan jangan sampai dengan tidak sengaja laptop anda jatuh dan terkena benturan yang keras. Hal ini akan menyebabkan hardisk cepat rusak, karena pada kenyataannya dilapangan yang sering saya temukan seperti itu.

7. Antara kapasitas hardisk dan data.
Penyimpanan data pada setiap hardisk usahakan free space pada setiap partisi 5 GB, karena jika data yang tersimpan di hardisk terlalu banyak akan membuat cara kerja hardisk lambat. Begitupun pada system jangan mengistal program yang berlebihan apabila program tersebut tidak sering digunakan, install program yang seperlunya saja, saran saya free space pada system minimal 8 GB.

8. Gunakan disk cleanup.
Disk cleanup adalah salah satu program bawaan windows untuk membersihkan komponen windows, instalan program dan lain sebagianya. Bersihkan setiap partisi hardisk secara berkala apabila punya waktu yang pas.

9. Defrag.
Fungsi defrag itu sendiri adalah mengatur kinerja hardisk dan mengatur kerapian file yang ada di hardisk, jadi sangat disarankan menggunakan system defrag pada semua partisi hardisk, lakukan 1 atau 2 minggu sekali.

10. Program atau software pihak ketiga.
Anda bisa menggunakan semua program atau software utilities yang mampu untuk mengoptimalkan system kerja hardisk, salah satu yang saya masih gunakan dari beberapa tahun lalu dan menurut saya masuk kategori terbaik saat ini adalah Tune-Up Utilities.

11. Instalasi windows.
Hardisk mempunyai batas waktu tertentu, dimana suatu ketika hardisk yang kita gunakan akan rusak dan hubungannya dengan instalasi windows yang dimaksudkan disini adalah jangan sesering mungkin menginstal ulang komputer apabila system masih berjalan normal, karena akan mempengaruhi performa hardisk yang makin lama cara kerjanya semakin lemah. Kecuali system komputer anda dalam kedaan kritis yang disebabkan oleh berbagai hal, misalnya system terjangkit virus dan lain sebagainya. Solusi yang paling tepat adalah mengambil langkah singkat untuk format ulang hardisk agar system komputer dapat berjalan kembali dengan normal, sehingga selanjutnya.

12. Gunakan anti virus.
Sangat disayang apabila komputer anda tidak menggunakan anti virus, maka ketika komputer terjangkit oleh virus yang tidak bisa kita atasi salah satunya cara adalah format ulang hardisk, namun apakah cara tersebut kita lakukan sesering mungkin yang telah dijelaskan pada point sebelas. Oleh karena itu install anti virus pada komputer anda untuk menjaga keamanan hardisk selain itu juga yang terpenting adalah data anda. Jangan lupa setelah menginstal anti virus, lakukan update secara berkala.

Dari 12 point diatas cukup untuk mewakili Tips dan cara Merawat Hardisk anda, karena tips dan cara tersebut sudah saya buktikan selama beberapa tahun lamanya, saya menggunakan 1 buah hardisk yang masih ada sampai sekarang dengan kapasitas 160 GB, dengan merek Seagate. Jadi bagaimana dengan hardisk anda? untuk merawatnya lakukan dengan mengikuti tips diatas, walupun mungkin masih banyak tips lain yang pernah anda temui pada intinya semua tetap sama.

Sekian dan Terima Kasih.
Salam...

Posted by : Kraeng Francisco | Tuturial Blog | Tips and Trik Komputer | Tips and Trik Internet | SEO

Artikel Merawat Hardisk Tidak Cepat Rusak diposting oleh Kraeng Francisco pada February 15, 2013. Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar.. Jika diperlukan Artikel ini bisa disebarluaskan melalui blog sobat, dan atau mohon sebutkan sumbernya dengan tautan link aktif ke postingan ini atau letekkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Terima Kasih. Salam...


Artikel Terkait

9 comments:

  1. Pagi sobat Kraeng Fransisco,,,waaah kebetulan Hard Disk saya suka sangat Tua sob,,,dari awal saya dulu kuliah sampai sekarang Hard Disk saya itu itu terus...siap laksanakan ke 12 tipsnya sob....

    ReplyDelete
  2. wah mantap nih sobat tipsnya..? tapi lumanyan banyak juga ya hehehehe. saya ijin simpan tipsnya sobat, karena saya belum punya komputer hehehehe

    ReplyDelete
  3. met pgi sob. Trmksh mas infonya sngat membantu mas.

    ReplyDelete
  4. Wah thx infonya ya sob..
    Sangat bermanfaat skali :D

    ReplyDelete
  5. terlalu sering defrag hardisk..kurang bagus juga ya mas...ternyata.... :)

    makasih ya mas buat tipsnya :)

    ReplyDelete
  6. info yang sangat bermanfaat sobat

    mudah2an hardisk saya akan sehat terus dengan tips2 dari sobattt

    ReplyDelete
  7. Pagi Sobat,,,waah belum ada postingan terbaru nich sob,,,saya tunggu yaa Postingan terbrunya.....

    ReplyDelete