March 20, 2013


Sering kali kita mendengar partisi hardisk namun mungkin dan sangat tidak sering kita mendengar partisi flashdisk, karena kenyataannya dilapangan saya jarang-jarang menemukan mempartisi flashdisk, oleh pemakai. Sehingga bagi yang baru mendegarnya atau sudah lama mengatahui namun belum sempat menerapkan teknik yang dimaksud anda bisa mengikuti uraian yang akan disampakan setelah ini.

Dalam teknik ini sekaligus sebagai kelanjutan dari artikel terdahulu, dimana artikel terdahulu sudah dijelaskan dengan lengkap dan karena artikel yang begitu panjang saya bagi dalam bentuk terpisah.  
 
Dan sebenarnya pada pembahasan dalam artikel sebelumnya lansung dapat membagi ruang partisi melalui Disk Management yang terdapat pada bawaan windows, namun karena setiap pengguna windows berbeda, maka saya memilih untuk menggunakan program pihak ketiga agar tidak membingungkan.

Kemudian untuk menerapkan teknik yang dimaksud, pertama silahkan buka artikel terdahulu disini dan kedua menggunakan program MiniTool Partition Wizard. Lalu Bagaimana Cara Partisi Flashdisk? silahkan saudara ikuti uraian dibawah ini secara berurutan.

1. Buka artikel terdahulu.
2. Download softwarenya disini. Size 10 MB.
3. Setelah selesai download, file dalam bentuk format ZIP, ekstrak terlebih dulu dengan winrar.
4. Setelah itu buka tempat file hasil ekstrak lalu install dan masukkan serial number.
5. Selanjutnya colok atau sambungkan flasdisk ke komputer.
6. Kemudian buka program MiniTool Partition Wizard.
7. Apabila sudah muncul jendela window, klik kanan flash disk lalu klik delete. Perhatikan gambar dibawah.


8. Buat partisi baru, caranya masih sama seperti langkah ke 7. Klik kanan pada FlashDisk > klik Creted dan akan muncul seperti gambar dibawah ini.


Keterangan :
File system saya merekomendasikan pilih FAT32.
Partition Label, ketik nama drive misalnya Kraeng 1.
Partition Size, rubah dan pastikan saudara memilih nilai yang lebih kecil dari kapasitas maksimal, sehingga sisanya untuk partisi selanjut nanti.
• Lainnya biarkan saja, lalu klik OK.
• Setelah klik OK hasilnya lihat gambar dibawah yang diberi kotak merah.


9. Ikuti kembali langkah ke 8 setelah membuat partisi pertama dan lakukan hal yang sama. Caranya klik kanan pada sisa space di flashdisk. Yang perlu anda rubah adalah File System FAT 32 dan Drive Letter, misalnya pertama tadi drive letter J dan selanjutnya sudah lansung otomatis terbaca sebagai drive letter K. Jika telah selesai hasilnya akan nampak seperti gambar berikut.


10. Untuk beberapa partisi yang telah anda buat pada  langkah diatas agar dapat tampil menjadi 2 bagian di windows, klik menu Apply yang terdapat dibagian kiri atas atau lebih mudahnya perhatikan gambar. Kemudian muncul Apply Changes? dan bla.bla.bla Klik Yes.


11. Selanjutnya tunggu proses penerapan hasil partisi berlansung, Perhatikan Gambar.

 
12. Apabila hasil penerapan telah Sukses klik OK.

 

13. Tutup program MiniTool Partition Wizard dan lihat hasilnya. Untuk lebih jelas hasil dari yang saya terapkan, lihat gambar dibawah ini yang dilingkar dalam bentuk kotak.

 

14. Selesai.

Perlu diketahui, apabila kapasitas flashdisk yang anda pakai memiliki dan atau ruang yang tersedia isinya besar anda dapat membaginya menjadi beberapa ruang, jika ingin ditambahkan dan kemudian lakukan seperti pada uraian diatas dengan benar.

Selamat mencoba, sekian dan terima kasih.
Salam...

Posted by : Kraeng Francisco | Tuturial Blog | Tips and Trik Komputer | Tips and Trik Internet | SEO

Artikel Bagaimana Cara Partisi Flashdisk? diposting oleh Kraeng Francisco pada March 20, 2013. Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar.. Jika diperlukan Artikel ini bisa disebarluaskan melalui blog sobat, dan atau mohon sebutkan sumbernya dengan tautan link aktif ke postingan ini atau letekkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Terima Kasih. Salam...


Artikel Terkait

23 comments:

  1. waduuh ukuran Filenya 10 MB yaa sob,,,hm nanti saya download di warnet saja sob karena Kuota Internet saya sudah mau habis,,hehehe....wah jadinya FD kita nanti keren yaa karena ada Partisinya mirip dengan Partisi pada Komputer...terimakasih atas Ilmu Barunya Sob...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia sob seperti yang tertulis hehe....Ok sob sama2 dan terima kasih kembali.

      Delete
  2. kalau masalah mempartisi saya agak ngeri mas, coz pernah ada pengalaman buruk soal itu, hahhayyy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga tidak terlulang kembali, tetapi dengan cara yang saya uraiakan diatas saya yakin akan aman. Namun perlu dilakukan dengan teliti agar tidak salah.

      Delete
  3. cocok ini, buat praktek ilmu baru sob
    keren flasdisk ada partisinya.
    salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya sudah pasti flashdisk kita memiliki nuansa tersendiri.

      OK, Salam...

      Delete
  4. oke sobat,,sebelum melakukan pembuatan partis baru sprti di atas,sy harus punya flashdisk dulu,,makasih infonya sob..

    ReplyDelete
  5. makasih sobat sharenya, syang nih flasdiskq sudah rusak kmren, mau beli dulu yg baru. ntar sya coba trialnya

    skalian mmpir nih lama g maen ksini, hehe
    sya tunggu koment2nya dpostq :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok sob, silahkan dan terima kasih untuk kunjungannya.....

      Delete
  6. mudah juga ya cara mempartisi FD setelah membaca penjelasannya di blog super ini, tapi FD kan sizenya terlalu kecil, jadi agak kurang sreg kalau di partisi, beda dengan Harddisk yang ukurannya bisa sampai terrabyte, kalau di partisi pun tak apa2.... :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mungkin seperti itu, tetapi dilain hal apabila satu partisi yang terkena virus maka 1 partisinya dapat diselamatkan datanya. terlebih bagi teman2 yang menyimpan tugas dan lain sebagainya dengan memanfaatkan flashdisk.

      Delete
  7. SIMPANGblogger hanyalah seorang blogger pemula yg mau terus belajar dan berbagi,Maaf sobat SIMPANGblogger butuh ide dan pikiran yg cemerlang untuk mengkompanyekan ( Cara menghargai karya orang lain ) Sobat Kraeng Fransisco ini kaya nya gak kehabisan materi yg SIMPANGblogger perhatikan,Bagai mana sobat kalau kita ini menyebarkan baner untuk dipasang diblog,Cuman SIMPANGblogger gak bisa bikin kata kata yg cantik Mohon bantuan nya..Trims sobat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh ide yang bagus....tujuan membuat banner yang akan disebarkan ke setiap blog dalam hal apa dulu sob?

      Delete
  8. ternyata caranya sangat mudah bgt ya . thanks udah di share artikel nya . salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, seperti yang dijelaskan, karena sudah diberikan uraian yang lengkap tentu akan mempermudah bagi yang ingin menerapkan cara partisi flashdisk.

      Delete
  9. penjelasan dari tutorialnya mas KF...sangat komplit dan gamblang....mas
    terima kasih sdh berbagi ilmu nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 mas....dan terima kasih kembali atas waktu dan komentarnya pada artikel ini.

      Delete
  10. blogwalking gan..

    ditunggu folbacknya ya gan :)

    SitusTopInfo

    ReplyDelete
  11. wah, baru tau aq tenyata bisa dipartisi flashdisk tuw. ntar dah ane coba,,,

    ReplyDelete
  12. terimakasih banyak kang frans,sangat membantu.

    ReplyDelete