March 12, 2013


Membuat google pencarian kustom masih sama dengan menambahkan kotak pencarian melalui Tata Letak, add gadget. Jadi disini kita akan membuat kotak pencarian sendiri dan tampilannya lebih terkesan menarik dibandingkan kotak pencarian yang dihasilkan atau ditambahkan lansung dari yang telah tersedia melalui daftar tambah gadget. Contohnya anda bisa melihat pada gambar diatas yang pernah saya pasang pada blog ini.

Dan kemudian nanti kita bisa menyesuaikan tampilan kotak sesuai yang diharapkan pada edit mesin telusur. Lalu jika anda bertanya kenapa kita harus membuatnya sendiri? karena kotak atau box pencarian yang sudah ada di blogger kadang tidak bekerja dengan baik atau normal dan atau tidak bisa menampilkan daftar pencarian judul yang kita telusuri di blog kita. Contohnya anda bisa melihat pada gambar dibawah.


Untuk mengatasi masalah tersebut dan sekaligus membuat Widget Google Custom Search baru, maka silahkan saudara ikuti uraian dibawah ini, secara berurutan.

1. Klik URL berikut http://www.google.com/cse/.
2. Kemudian klik tombol Masuk Ke Mesin Telusur Khusus yang berada sebelah kanan dari layar monitor anda.
3. Masukkan alamat email gmail sobat.
4. Setelah muncul halaman seperti gambar dibawah ini, masukkan Nama Situs dan Pilih Bahasa, lalu klik Buat.


5. Pada halaman berikutnya lagi, anda akan mendapatkan ucapan Selamat, Mesin Pencarian Kustom Anda Telah Berhasil di Buat, seperti pada gambar dibawah dan klik Dapatkan Kode.


6. Copy kode script seperti pada gambar dibawah dan siap dipasang pada blog anda.


Selanjutnya kembali ke halaman dashbor blog anda untuk memasang atau menempatkan Widget Google Pencarian Kustom atau Google Custom Search di blog. Caranya adalah sebagai berikut :

• Seperti biasanya pada halaman dashbor, pilih atau masuk ke menu Tata Letak.
• Klik Tambahkan Gadget.
• Pilih HTML/JavaScript.
• Ketik nama widget, lalu paste kode script yang telah dicopy sebelumnya kedalam kotak yang tersedia dan klik Simpan.
• Selesai.

Dengan demikian apabila pengunjung ingin mencari artikel lainnya yang tidak ditemukan melalui Artikel Populer, Artikel Terkait dan atau Daftar Isi blog yang telah terpasang, maka dengan memanfaatkan Google Pencarian Kustom ketika memasukkan kata kunci misalnya seperti judul Pintasan Keyboard Google Plus, pengunjung akan menemukan judul tersebut pada tab menu baru seperti gambar berikut :


Tentu hal ini berbeda dengan, kotak pencarian blogger yang kita pasang melalui Tambah Gadget, apabila memasukkan kata kunci yang ditargetkan, semua judul yang ada keterkaitan antara kata kunci tersebut akan tetep muncul pada halaman blog kita.

Kemudian untuk mengubah atau menyesuaikan tampilan kotak Google Pencarian Kustom, klik pada menu Edit mesin telusur > Tampilan dan nuansa. Dengan maksud merubah Tata Letak, Tema dan lain sebagainya, sehingga bisa mendapatkan kotak penelusuran sesuai selera.

Bagi yang telah menggunakan Google Adsense, dalam hal ini sangat cocok dengan bisnis anda, dimana anda dapat menampilkan Iklan dihasil laman pencari. Oleh karena itu silahkan membuka dan dapatkan informasi selanjutnya dari daftar menu Bantuan. Tetapi ini hanya sekedar menyampikan informasi karena saya juga belum mencobanya dan silahkan bereksperimen sendiri.

Selamat Mencoba.
Salam...

Posted by : Kraeng Francisco | Tuturial Blog | Tips and Trik Komputer | Tips and Trik Internet | SEO

Artikel Cara Membuat Google Pencarian Kustom diposting oleh Kraeng Francisco pada March 12, 2013. Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar.. Jika diperlukan Artikel ini bisa disebarluaskan melalui blog sobat, dan atau mohon sebutkan sumbernya dengan tautan link aktif ke postingan ini atau letekkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Terima Kasih. Salam...


Artikel Terkait

3 comments:

  1. google pencarian ini beda yaa sob dengan google pencarian pada google Adsense ? di blog saya ada google pencarian yang saya pasang tapi dari google adsense...

    ReplyDelete
  2. keren bro tipsnya, dah coba dan sukses. kunjungi balik gan.

    ReplyDelete