March 21, 2013


Saudara memiliki sebuah flashdisk, lalu agar tampilan flashdisk tersebut ketika di colok dan atau dihubungkan ke PC atau laptop terdapat nuansa tersendiri, dimana sudah ditambahkan favicon seperti yang terdapat pada gambar diatas. Untuk lebih jelasnya jika ada yang baru mendengar kata vaficon, ketika anda mencari informasi di internet pada address bar terdapat icon kecil yang bermacam-macam apabila mengunjungi sebuah website/blog, seperti pada blog ini, itulah yang dinamakan favicon.

Pada flashdiskpun dapat kita tambahkan favicon dengan perintah yang akan dibuat setelah ini memalui program notepad. Namun perlu diketahui sebelum membuat favicon, anda sudah memiliki sebuah gambar yang nantinya akan diupload ke internet pada tools online untuk membuat favicon dan tidak harus mendaftar.

Untuk membuat gambar anda bisa menggunakan program bawaan windows seperti Paint atau pada Microsoft office picture manager dan akan lebih bagus gunakan program adobe photoshop. Lalu untuk menyimpan gambar yang nanti diupload baik dalam format GIF, JPEG dan PNG semunya bisa. Kemudian jika sebelumnya anda sudah memiliki sebuah desain gambar yang menarik, silahkan selesaikan dan atau kerjakan uraian dibawah ini secara berurutan.

1. Colok flashdisk atau hubungkan ke komputer.
2. Buka dan atau kunjungi alamat berikut : http://www.chami.com/.
3. Setelah berada pada halaman tersebut, klik atau masuk pada Favicon From Pic, untuk mempermudah klik disini.
4. Perhatikan gambar dibawah ini.


Keterangan :
• Klik Choose untuk memilih file gambar anda.
• Klik Generate Favicon.ico untuk membuatnya.

5. Setelah itu akan muncul halaman baru seperti pada gambar dibawah ini. Klik Download Favicon Package atau untuk merubah warna, text dan lain-lain klik Customize, tetapi untuk merubah tampilannya dilewatkan saja dulu, setelah ini bisa dapat anda melakukannya sendri. Hasil file download sudah secara otomatis dalam bentuk file Zip.


6. Ekstrak file yang sudah di download dengan program winrar atau sejenisnya.
7. Favicon tersebut ada yang dalam format GIF dan Icon, silahkan pilih dari salah satu yang ada, lalu copy dan paste atau simpan di flashdisk.
8. Buka program Notepad dan ketik perintah dibawah ini :

[autorun]
icon = favicon.ico

9. Selanjutnya simpan ke flashdisk dan beri atau ketik nama file ( File Name ), sebagai file “autorun.inf”, ingat hilangkan tanda petik.
10. Untuk melihat hasilnya, cabut flashdisk dan hubungkan kembali ke PC atau laptop, maka flashdisk anda sudah terdapat sebuah favicon seperti gambar pertama diatas.

Selama anda tidak perah menghapus kedua file yang telah tersimpan di flashdisk, ketika anda mencolok ke komputer lain milik teman, sahabat, keluarga dan lain sebagainya, akan tetap menampilkan favicon.

Kurang dan lebihnya demikian dan semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.
Salam…

Posted by : Kraeng Francisco | Tuturial Blog | Tips and Trik Komputer | Tips and Trik Internet | SEO

Artikel Membuat Favicon Pada Usb Flashdisk diposting oleh Kraeng Francisco pada March 21, 2013. Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar.. Jika diperlukan Artikel ini bisa disebarluaskan melalui blog sobat, dan atau mohon sebutkan sumbernya dengan tautan link aktif ke postingan ini atau letekkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Terima Kasih. Salam...


Artikel Terkait

14 comments:

  1. kalau masalah utak atik komputer sahabatku Kraeng Francisco memang Jagonya...dengan adanya Favicon pada Flashdisk jadinya kelihatan lebih keren dan mantap yaa sob,,,owgh iya sob saya mau tanya kenapa yaa kalau menggunakan Windows 7 kita tidak bisa memberikan Background kalau File FD di buka,sedangkan kalau menggunakan Windows XP bisa...???

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih ada yang lebih tau dari saya sob....benar memberikan nuansa yang berbeda.

      coba gunakan backgroundmaker sob....Semoga membantu....

      Delete
    2. ok sob, terimakasih atas bantuannya, nanti saya coba backgroundmaker...belum ada postingan baru nich sob ?

      Delete
    3. Ia sob...sialhkan. Belum ada...karena masih sibuk dengan pekerjaan lain heheh...

      Salam.

      Delete
  2. Maaf mas, OOT nih. Ada bingkisan dari saya, silahkan di ambil ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih informasinya ya, dan lansung menuju ke bloh Indah P

      Delete
  3. kalau di lihat2 bosen juga ya pakai ikon standar dari windows, ini ada solusi mengubahnya.
    patut diaplikasikan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar justru itu sob....perlu memberi nuansa tersendiri pada flashdisk yang kita gunakan.

      Delete
    2. kemarin kan sudah diberi ilmu mempartisi FD, kalau mau tambah kapasitas FD bisa apa tidak ya mas?misal di ganti chipsnya atau apa gitu. hehe

      Delete
  4. dpt ilmu lgi,ni dari siakang trmksih sobat

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 sobat dan terima kasih kembali atas partisipasinya.

      Delete
  5. Betul sobat masih banyak yg lain lebih tau salah satu nya guru2 dibidang IT tapi kita lebih hebat lagi langsung Praktek he he he Kalau kita mengandalkan cuman teori wah repot pasti nya...Kalau mengandalkan teori susah cari makan...itu buat SIMPANGblogger sobat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap saya setuju dengan pendapatnya...Teori juga ada manfaatnya kok hehe dan praktek adalah kunci utama. Kalau dibilang berdasarkan pengalaman sudah banyak juga yang tahu dan saya sendiri bukan karena sekolah sehingga tahu, semua yang saya buatkan disini berdasarkan pengalaman yang dimaksud.

      Delete
  6. kunjungan pertama lngsung dpt ilmu nih,,,

    makasih... salam kenal.

    ReplyDelete