August 17, 2012

Apakah teman-teman pernah berkunjung ke blog lain dan pernah merasakan berat loading dari blog yang teman-teman kunjungi sehingga harus menunggu lama? ya itu sudah pasti teman-teman  alami. Judul diatas merupakan pengalaman yang sangat menarik bagi saya, mengapa demikian? ketika saya ingin membuat judul tersebut, saya melakukan uji coba dengan cara sendiri dan membuat keputusan serta  mempertimbangkan beberapa hal yang harus saya lakukan.

Lebih menarik lagi saya harus minta ijin kepada kakek untuk berangkat ke Portugal, akhirnya kakek memberikan ijin kepada saya untuk pergi, hore.hore.hore kata saya sambil melompat-lompat diatas tempat tidur dan hampir jatuh dari tempat tidur aduh sialan kata saya lagi hehe, pasti ada yang bertanya kenapa harus jauh-jauh ke Portugal untuk melakukan uji coba tersebut?  Jawabannya rahasia saya donk, santai saja tidak perlu penasaran hhhhhh ketawa lagi. Sebelum berangkat saya harus kursus kilat satu malam belajar menghafal bahasa Portu hhhhh…caranya mudah tinggal buka kamus saja, tapi kalau belum punya kamus beli dulu di Toko buku saran saya. Launsung ke topik pembahasan saja nanti saya kasih jawaban kenapa harus jauh-jauh ke Portugal, Ok?

Dengan adanya perkembangan seperti saat sekarang ini, untuk mencari suatu informasi yang paling mudah adalah melalau media masa salah satunya adalah internet. Banyak masyarakat yang melakukan pencarian informasi dengan menggunakan fasilitas seperti hp yang telah disediakan aplikasi didalamnya dan modem tanpa harus mengeluarkan tenaga untuk pergi ke tempat yang menyediakan fasilitas internet untuk malakukan browsing melalui warnet, selain menghemat biaya tanpa untuk membayar Speedy yang begitu mahal.

Saat melakukan pencarian informasi melalui hp dan fasilitas computer dengan memakai modem tentu akan terasa sangat lambat, ya kenyataannya memang yang terjadi di lapangan seperti itu, dari hasil uji coba saya pergi ke Portugal saya membuka suatu web/blog ternyata loading blog tersebut sangat berat, begitupun beberapa blog yang lainnya termasuk pengguna internet di Indonesia ada beberapa blog, jika dikunjungi loadingnya sangat lama dan berat setelah saya uji coba. Sampai sekarang saya masih menggunaka modem untuk ngeblog atau mencari informasi penting melalui internet, ya itu tadi lebih hemat menurut saya, namun  saya tidak tahu apakah teman-teman menggunakan Speedy, kalau menggunakan Speedy saya pikir bukan menjadi suatu persoalan tanpa macet, ngebut dan kencang seperti saat balapan mobil dan motor. Tapi bagaimana bagi mereka yang begunakan hp dan modem? itu yang perlu kita pikirkan.

Untuk menguji coba dan mengetahui seberapa banyak pengunjung yang ada di web/blog yang telah saya kunjungi walaupun loading blog terasa berat menurut saya dan harus menunggu lama dan kata saya syukur ternyata bisa kebuka juga, saat itupun saya melihat pengunjung yang ada di beberapa blog tersebut cuma satu orang saja yang online, tentu itu saya. Saya melakukan uji coba lagi dengan cara harus menunggu lama dan merefresh halaman dari web/blog tersebut apakah masih ada pengunung yang sedang online, ternyata tidak ada sama sekali, ya itu tadi mungkin karna loading blognya berat sehingga membuat para pengunung untuk pergi ke blog lain yang menurut mereka loading lebih cepat dan mudah untuk diakses. Setelah saya melihat sudah hampir ribuan postingan yang telah di bikin oleh pemilik dari web/bloh ternyata tidak begitu banyak pengunjung yang meninggal komentar, saya hitung satu (1) artikel satu (1) komentar yang ada di dalamnya. Apalagi membuat satu artikel saja untuk di posting ke halaman web/blog merancang kata-kata bagi pembaca sangat menghabiskan tenaga dan waktu menurut saya, saya pikir teman-temanpun mengalami hal demikian.

"Singkatnya begini, sebelum teman-teman merancancang atau memasang widget untuk mempercantik blog, setidaknya teman-teman harus mengukur seberapa beratkah jika dipasang widget-widget ini atau yang berupa gambar, video,musik pada blog? sehingga dapat mempertimbangkan hal-hal yang penting saja agar loading dari web/blog teman-teman terasa ringan dan mudah untuk diakses oleh pengunjung blog ketika dibuka, damana mereka akan sering dan terus berkunjung jika mereka merasa nyaman dan tertarik dengan blog teman-teman, apalagi kalau isi artikel menarik dan bagus tentunya semakin hari pengunjung  akan semakin bertambah banyak, karena menurut saya bukan dari tampilan saja yang diutamakan tapi isi dari postingngan tersebut yang lebih penting dan bagus untuk menarik pengunjung, walaupun fakta lain menunjukkan dari hasil statistik blog yang sudah berumur tua dan lama tentu banyak pengunjungnya. Tapi dari hasil uji coba saya belum tentu, mengapa saya katakan demikian? karena yang selalu mengunjungi web/blog yang sudah berumur tua dan lama hanyalah orang-orang yang sama dan kebanyakan dari pengguna blogger itu sendiri, benar tidak? tapi itu menurut saya. Oleh karena itu ini merupakan suatu pembelajaran bagi kita semua dan perlu kita terapkan."

Oh,ia lupa untuk menjawab pertanyaan yang tadi, saya ke Purtugal kalau tidak salah, aduh sudah mulai lupa-lupa ingat, ia benar Portugal, soalnya malas harus membaca ulang lagi heheheh.....kenapa harus jauh-jauh ke Portugal untuk melakukan uji coba tersebut? saya pergi lewat internet dengan mengkur berat loading web/blog yang dibahas tadi, saya coba 1/1 sampai kemabali ke Indonesia tercinta, dunia maya gto loh' kalau ingin melihat portugal pake saja Google Earth, mudah bukan? ciehhhhh!!! tinggal buka program Google Earth ketik nama kota yang ingin di lihat, lalu enter, pasti akan muncul bentuk dari kota tersebut, tanpa harus mengeluarkan biaya banyak, kecuali yang sekarang lagi di perantauan, pingin mudik dan berkunjung ketempat keluarga, itu lebih penting hehehehe.....

Demikian pembasan singkat ini, silahkan melakukan uji coba untuk mengukur berat loading blog anda. Cara Mengukur Berat dan Loading Blog dapat anda baca disini. Semoga bermanfaat, Sekian dan terima kasih.


Posted by : Kraeng Francisco | Tuturial Blog | Tips and Trik Komputer | Tips and Trik Internet | SEO

Artikel Pengaruh Berat Loading Blog Terhadap Jumlah Aktifitas Pengunjung diposting oleh Kraeng Francisco pada August 17, 2012. Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar.. Jika diperlukan Artikel ini bisa disebarluaskan melalui blog sobat, dan atau mohon sebutkan sumbernya dengan tautan link aktif ke postingan ini atau letekkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Terima Kasih. Salam...


Artikel Terkait

7 comments:

  1. . . bener banget kawan. kayak nya gak boleh egois. demi kesenangan kita, kita memasang widget gitu. namun efeknya kasihan di pengunjung yg terkesan lola gitu . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Justru itu dan untuk sekarang saya masih mempertimbangkan banyak hal demi kemajuan blog yang baru ini. trima kasih kawan...salam

      Delete
  2. NIce share kawand, oy udah saya folbek jga Sob blognya happy blogging yak....

    ReplyDelete
  3. ternyata ada juga pengaruhnya berat loading blog ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia sih mas itu menurut hasil uji coba saya. Trima kasih mas. salam

      Delete