September 6, 2012


Sejak awal pertama kali blog ini jadi dan setelah 2 minggu kemudian saya sempat memikirkan untuk mengganti akun blog, hal tersebut berawal dari keinginan saya sendiri walaupun pada dasarnya pengalaman saya pribadi mengalami berbagai kesulitan dan tentu sangat susah, namun setelah saya coba dan terus berusaha pada akhirnyapun bisa. Pergantian akun blog blogger yang dimaksudkan adalah mengganti akun email misalkan teman-teman awalnya membuat blog dengan menggunakan email yahoo dan ingin mengganti menggunakan gmail, maka sebelum mengganti akun yang harus sobat semua persiapkan adalah email baru yang nantinya akan diganti.

Untuk membuat email baru mungkin perlu sobat baca Mendaftar Email di Gmail, Mendaftar Email di Yahoo, bagi yang sudah biasa membuat langkah tersebut dilewatkan saja, namun perlu diketahui mengganti akun blogger tidak mudah yang kita pikirkan karena perlu melakukan beberapa trik dengan cara menyatukan dua akun email sebagai penulis atau pengguna blog, agar nantinya dapat memudahkan teman-teman dalam melakukan pergantian akun.

Jika sudah punya akun baru dan sobat yakin ingin mengganti, ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Pertama, masuk ke akun blog blogger sobat.

Kedua, klik menu pengaturan, klik menu setelan, Dasar, Izin Penulis Blog, lalu klik Tambah Penulis, kemudian ketik atau masukkan email baru yang baru saja sobat buat sebelumnya.

Ketiga, periksa kembali alamat email baru yang sudah dimasukkan tadi jika tidak terjadi kesalahan pengetikan klik Undang Penulis yang ada dibawahnya, selanjutnya klik Simpan Pengaturan.

Sekarang anda memiliki 2 penulis blog atau 2 akun dalam satu blog, namun pada tahap ini belum selesai, lantas bagaimana supaya email yang sudah kita satukan tadi untuk diganti. Maka sobat perlu melakukan cara berikutnya untuk pergantian akun baru.

Keempat, keluar atau log out dari akun blogger sobat, pada proses ini sebaiknya sobat membuka 2 halaman browser dengan menggunakan Mozila, Internet Explorer atau Google Chrome untuk mempermudah membuka email yang baru saja diundang oleh misalnya pengguna atau penulis A kepada B.

Kelima, buka email yang telah diundang oleh penulis Blog A yang telah dikirim kepada Email B, cek kotak masuk, maka akan terdapat pesan seperti berikut 'Anda telah diundang untuk menyumbang keakun blogger A' dengan  isi pesan sebagai berikut :

“Untuk memberi komentar ke blog ini, kunjungi:
http://www.blogger.com/
Anda harus masuk log dengan Akun Google terlebih dahulu untuk mengkonfirmasikan undangan dan mulai mengepos ke blog ini. Jika belum memiliki Akun Google, kami akan menunjukkan bagaimana mendapatkannya dalam beberapa menit.
Untuk mendalami Blogger dan memulai blog Anda (gratis), kunjungi http://www.blogger.com.

Sebenarnya pada langkah kelima bisa kita abaikan saja, tapi setelah saya memikirkan lebih matang akan kurang lengkap jika cara ini tidak disampaikan kepada teman-teman, karena sebenarnya setelah saya uji coba lansung mengganti akun blogger baru dengan mengabaikan pada langkah kelimapun ternyata bisa, namun pada tahap kelima tersebut ternyata jika diurutkan secara bertahap maka pada langkah selanjutnya akan lebih mempermudahkan dalam proses mengganti akun blogger. untuk itu kita lansung menuju ke tahap selanjutnya.

Keenam, Klik pada alamat http://www.blogger.com/ yang terdapat pada kotak masuk email pada langkah  kelima diatas, akan terbuka tab baru dan klik URL link lihat gambar dibawah



Tab berikut masukkan sandi alamat email baru, lihat gambar, kemudian klik masuk.


Tab lanjutan Pilihan Opsi Profil pilih buat profil google terbatas, lihat gambar.


Kemudian pada tab selanjutnya Nama Pengguna Profil Blogger, isi nama profil yang akan ditampilkan misalnya AAA. Perhatikan gambar dibawah ini, lalu enter, secara otomatis lansung masuk ke menu pengaturan.


Ketujuh, pilih Opsi Penulis, Segera publikasihkan email lihat gambar dibawah, lanjutkan dengan klik Simpan Pengaturan yang berada pada samping pojok kanan atas, pada tahap ini lansung klik log out atau keluar.



Kedelapan, masuk kembali ke akun blog blogger sobat dengan menggunakan akun lama.
Kesembilan, klik menu Setelan, Dasar, Izin Penulis Blog, kemudian untuk mengganti akun blogger baru sebagai admin klik Penulis perhatikan gambar dibawah, setelah itu ganti sebagai admin pada akun email baru, maka akan secara otomatis tersimpan.


dan perubahan yang telah aktif pada akun email baru dapat sobat perhatikan pada gambar dibawah, terdapat dua pemakai dalam satu blog.


Pada tahap ini klik tanda silang pengguna profil akun lama yang tadinya mau diganti dengan akun baru lihat gambar diatas samping tombol admin klik tanda silang, secara otomatis akun email lama akan terhapus, dan sekarang sobat bisa mulai mengunakan akun blogger baru. Untuk membuktikan silahkan keluar dan masuk kembali dengan akun blogger baru yang telah aktif.

Kesebelas. Sampai disini dulu ya, Mata sudah hampir 5 watt, mau tidur hehehe…Ngantuk++++

Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat. Sekian dan Trima Kasih

Posted by : Kraeng Francisco | Tuturial Blog | Tips and Trik Komputer | Tips and Trik Internet | SEO

Artikel Cara Mengganti Akun Blogger diposting oleh Kraeng Francisco pada September 6, 2012. Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar.. Jika diperlukan Artikel ini bisa disebarluaskan melalui blog sobat, dan atau mohon sebutkan sumbernya dengan tautan link aktif ke postingan ini atau letekkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Terima Kasih. Salam...


Artikel Terkait

6 comments:

  1. mantap sob....
    ijin save dulu,nanti coba praktek.baru tahu aq cara mengganti akun blogger.
    suer...salut aq ma posting ini,sangat bermanfaat.
    mksh infonya

    ReplyDelete
  2. wahhh baguss niee sobb... infonya

    ReplyDelete
  3. informasi yang sangat menarik dan tutorialnya juga mudah dipahami...keep happy blogging sobat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trima kasih mas....dan maaf kalau saya tidak bisa membalas dengan cepat berhubung banyak kerjaan di dunia nyata...Salam

      Delete