December 17, 2012



Pada artikel sebelumnya saya sudah pernah terbitkan cara meningkatkan pengunjung blog baca disini, dimana apabila ketika kita ingin mengetahui agar jumlah pengunjung dalam waktu 24 jam terakhir berapa jumlah pengunjung yang telah mengunjungi dan membaca artikel dalam blog kita, tentu diperlukan beberapa situs layanan gratis maupun berbayar yang menyediakan hal tersebut. Seperti yang kita ketahui bahwa Mengetahui Jumlah Pengunjung Blog dapat dilakukan dengan memasang widget statistik blog beberapa diantaranya dan salah satu dari yang saya ketahui disini adalah histats.com.

Histats.com adalah sebuah layanan yang dapat digunakan secara gratis dan berbayar atau alat pelacakan untuk memantau aktifitas di blog anda, dimana dengan menggunakan histats.com kita dapat mengetahui berapa jumlah pengunjung dalam waktu 24 jam terakhir, 1 mingggu terakhir, sebulan terakhir dan bahkan 1 tahun terakhir jika sudah mendaftarkan blog di histats.com. Bagaimana menurut pendapat anda menarik bukan? ya sudah pasti jelas. Semua pengguna blog didunia sudah banyak yang menggunakan layanan ini dan khusunya di Indonesia sudah tidak asing lagi dengan yang satu ini.

Selain menggunakan histats.com yang begitu lengkap, kita juga dapat menggunakan salah satu layanan milik google yaitu google analytics dan masih banyak lagi yang membahas tentang hal tersebut apabila anda mencari di search engine. Jika kita memasang widget jumlah pengunjung di blog, maka bagi suatu perusahaan kecil maupun besar yang bergerak dibidang usaha online dan atau pengguna web/blog lain akan merasa mudah melihat jumlah pengunjung pada blog yang kita kelola sehingga bagi mereka akan lebih mudah untuk memasang iklan jika pengunjung blog anda sangat begitu banyak dalam waktu sehari dan masih banyak lagi kegunaannya.

Apabila anda ingin memasangnya, anda dapat mengikuti penjelasan yang saya sampaikan pada langkah-langkah dibawah ini secara berurutan.

CARA MENDAFTAR AKUN DI HISTATS.COM

Pertama, silahkan buka halaman histats.com dan klik pada menu REGISTER.

Kedua, pada halaman Control panel > Create New Account/buat akun baru > isi semua forum pendaftaran seperti : email dan password 

Ketiga, kemudian pada additional information/informasi tambahan isikan nama lengkap anda dan nama samaran/julukan anda contoh : aaaa. > lalu pilih Time Zona/wilayah waktu anda, contoh : 1. Select current time 04:17 pm > 2. Select your time zone Asia/Jakarta.

Keempat, klik pada kotak I have read and agree Publisher Agreement Terms dan beri tanda centang > selanjutnya isikan code captcha yang berada dibawahnya > klik Register untuk melanjutkan pendaftaran.

Kelima, setelah berhasil pada langkah keempat diatas anda akan mendapatkan pemberitahuan seperti berikut : REGISTRATION DONE ! please check your mailbox!, untuk melakukan aktifasi dan menggunakan email dan cek pada kotak masuk email yang anda gunakan pada langkah kedua diatas.

Keenam, melakukan aktivasi akun > klik link yang di kirim pada kotak masuk email dan setelah itu akan mendapatkan pesan your account is now active, please login now and start using histats.com! klik link www.histats.com dibawahnya. 

Ketujuh, selesai dan selanjutnya.


CARA MENDAFTAR BLOG DI HISTATS

Pertama, login terlebih dulu > pada control panel klik tombol + Add a website > masukkan ulr blog anda > pilih bahasa yang digunakan sebelah kanannya.

Kedua, pilih Time Zona/wilayah waktu anda seperti pada penjelasan sebelumnya > berikutnya memilih ketegori blog pada bagian Type contoh : Computers & Electrinics dan Caetegory contoh : Hardware.

Ketiga, isi judul blog anda pada kotak title dan Description blog anda > pada  Page views start value dan Visitors start value silahkan isi angka yang diinginkan dan batas maximal dibawah 10 juta.

Keempat, pada Stats visibility disitu terdapat 2 pilihan Site stats are visible everyone (Statistik situs dapat dilihat oleh semua orang) dan site stats are visible only to you (statistik situs hanya dapat dilihat oleh Anda sendiri ketiga login), pilih antara salah satu dan saran saya sebaiknya pilih yang dapat dilihat oleh semua orang.

Kelima, beri centang pada kotak bagian  Terms of use & Privacy Policy yang ada dibawahnya.

Keenam, isi kode captcha pada kotak dan klik tombol Continue. Selesai dan dilanjutkan lagi dengan.


CARA MEMASANG WIDGET HISTATS DI BLOG

Pertama, klik Nama Blog Anda/URL Blog Anda dan akan muncul pop up window PRIVACY POLICY UPDATE lansung klik Send.

Kedua, klik link Counter CODE > dan akan dibawa kehalaman berikutnya klik add new counter.

Ketiga, pada halaman berikutnya lagi silahkan pilih jenis widget histats atau Pilih model penghitung yang akan anda pasang pada blog.

Keempat, setelah jenis widget histats dipilih pada halaman berikutnya lagi Pilih informasi yang akan ditampilkan pada counter, centang semua kotak untuk menampilkan misalkan disitu jumlah visitors today/pengunjung hari ini, total visitor, Page views today, Total page views, Users online dan klik tombol Save.

Kelima, pada halaman selanjutnya Counters > Standard counter > klik counter id untuk mendapatkan kode Script, misalkan punya saya counter id : 1234567.

Keenam, copy kode Script selanjutnya anda tinggal memasang widget histats di blog anda. 

Ketujuh, apabila sebelumnya anda sudah login pada blog blogger > pada menu dasbor klik Tata Letak.

Kedelapan, klik Tambah Gadget > lalu klik tanda + HTML/Java Script > Isi nama judul misalkan Statistik > paste kode kedalamnya > klik Simpan.

Kesembilan, selesai dan lihat hasilnya.

Demikian artikel tentang Cara Mengetahui Jumlah Pengunjung Blog dan semoga artikel yang saya terbitkan ini bermanfaat bagi anda. 

Sekian dan Terima Kasih.
Salam…

Posted by : Kraeng Francisco | Tuturial Blog | Tips and Trik Komputer | Tips and Trik Internet | SEO

Artikel Cara Mengetahui Jumlah Pengunjung Blog diposting oleh Kraeng Francisco pada December 17, 2012. Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar.. Jika diperlukan Artikel ini bisa disebarluaskan melalui blog sobat, dan atau mohon sebutkan sumbernya dengan tautan link aktif ke postingan ini atau letekkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Terima Kasih. Salam...


Artikel Terkait

23 comments:

  1. kalo histats saya juga pake sob,,,mantap emang tuh histats ngitung nya selalu valid.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya benar sekali sob, sehingga sampai dengan sekarang saya selalu gunakan histats untuk melihat jumlah pengunjung baik di blog ini maupun blog tetangga untuk memastikannya, karna lebig mudah digunakan. Terima kasih.

      Salam...

      Delete
    2. setuju sob,,malah bisa di bilang kalo sama webmaster google,,histas itu partner nya statistik untuk blogger.

      Delete
  2. Tutornya bagus mas... saya juga pake histats ...
    Cuma, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Yaitu jangan semua stats diset Publik, ada beberapa hal yang perlu menjadi privacy...
    Contohnya, di blog saya ... bisa dicek deh ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih masukkannya sob, saya senang saling berbagi ilmu seperti ini sehingga apa belum saya ketahui dapat sobat semua memberi masukkan agar lebih bagus kedepannya. Terima kasih sob.

      Delete
  3. trmkasi banyak sobat. atas ilmu dan triknya yng tlah mau berbagi buat pngunjng blog ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama sob, semoga Artikel yang saya terbitkan dapat berguna bagi semua yang membutuhkannya. Terima Kasih.

      salam....

      Delete
  4. wah nambah wawasan saya nih sob, terimkasih ijin nyimak.

    ReplyDelete
  5. Saya pun udah pasang widget ini mas... :)

    ReplyDelete
  6. mau tanya gimana caranya supaya tidak terlihat oleh orang lain, ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. parmaisi@DiPrivacy sob... dan coba sobat baca kembali pada CARA MENDAFTAR BLOG DI HISTATS poin keempat... dan setelah saya melihat pada blog yang sobat kelola histatsnya tidak dapat dilihat oleh orang lain sob...

      Delete
  7. mantap infox sobat, terimakasih. salam kenal...!

    ReplyDelete
  8. terima kasih banyak gan sangat bermaanfaat infonya saya akan peraktekan buat ningkatis blog usaha dan bisnis aye salam kenal dari buat agan2 saya seorang pemula di http;//profesional-bisnis.blogspot.com

    ReplyDelete
  9. Replies
    1. sama-sama dan terima kasih kembali untuk komentar dan kunjungan.

      Salam....

      Delete
  10. Nebeng belajar gan!
    Tlng saran dan kritiknya tentang http://naam78.blogspot.com
    Trimaksih

    ReplyDelete
  11. terima kasih infoonya gan sangat membantu.,,,

    ReplyDelete
  12. Thanks, Mas Fransc.......
    Sekarang dah bisa lihat pengunjung di bLog Ni

    ReplyDelete