December 5, 2012

Halo sobat Blogger, dalam pembahasan yang Kraeng Francisco terbitkan kali ini masih tentang alexa rank. Apabila anda telah membaca artikel yang pernah KF terbitkan sebelumnya Pengertian Tentang Apa Itu Alexa Rank? baca disini dan Cara mendaftarkan akun  di Alexa baca dan klik disini. Pada tahap-tahap pendaftaran di alexa.com tidak saya terbitkan sekaligus berhubung pembahasan yang sedikit panjang dan waktu yang tidak cukup dan juga sengaja saya lakukan seperti ini agar setiap prosedur pendaftaran dapat dilakukan dengan benar seperti yang telah di jelaskan pada artikel sebelumnya.

Oh,iya ada beberapa pengunjung blog ini yang mengajukan pertanyaan tetapi tidak sempat saya balas dan menanggapi semua pertanyaan anda, saya mohon maaf karena selain membuat dan menulis artikel dan serta melakukan kegiatan blogwalking ke blog tetangga, KF banyak kegiatan didunia nyata yang harus diselesaikan terlebih utama. Oleh karena itu untuk menjawab segala pertanyaan yang telah diterbitkan akan KF jawab di beberapa artikel berikutnya pada waktu dekat ini tetapi sekali lagi mohon maaf jika tidak secepat yang anda inginkan. Cah.cah.cah sudah sampai dimana tadi pembahasan KF? Cuhui…hampir lupa kebanyakan cerita. Oke lansung saja pada pokok pembahasan.

Adapun beberapa cara yang harus anda lakukan dibawah ini adalah sebagai berikut :

Bagaimana Cara Verifikasi Blog Di Alexa.com?

Pertama, Sebelum melakukan verifikasi blog di alexa.com terlebih dahulu masuk ke situs resminya klik disini.

Kedua, klik login lalu login menggunakan alamat email atau nama pengguna yang telah didaftarkan.

Ketiga, masuk kemenu dashboard dan perhatikan pada tulisan seperti ini kalau KF yang tidak salah “Add sites to get certified metrics, run site audits, or edit site information” klik  pada add a site yang berada disebelah kanan tulisan tersebut.

Keempat, setelah itu anda akan masuk pada halaman berikutnya dan di situ terdapat pendaftaran yang free dan berbayar jika anda ingin melakukan dengan cara berbayar silahkan, tetapi saya pikir sebaiknya pilih yang free dulu.

Kelima, pilih dan klik tulisan free dan klik sign up selanjutnya masukkan alamat website atau blog sobat dan klik continue.

Keenam, pada tahap proses claim your site/ klaim situs anda disitu terdapat 2 pilihan. 1). Mengupload sebuah file dihosting ke blog, 2). Memasukkan kode verifikasi/claim dibawah tag <head>. Maksudnya disini bahwa  bila anda menggunakan sefl hosting akan lebih mudah bila verifikasi/claim blog menggunakan pilihan 1. Dan bagi anda yang menggunakan platform gratis seperti blog pilih pilihan yang ke 2.

Ketujuh, copy code verifikasi pada pilihan ke 2. Contoh kode verifikasi : Disitu terdapat 3 pilihan adalah sebagi berikut :

  <title>The title of your home page</title>
<!-- NB9M9LqnRPlfAvJjEWX3UkRpNvk -->

  <meta name="alexaVerifyID" content="NB9M9LqnRPlfAvJjEWX3UkRpNvk" />
  <meta name="keywords

content="keyword1,keyword2, NB9M9LqnRPlfAvJjEWX3UkRpNvk" />

Keterangan : dari ketiga pilihan kode verifikasi diatas silahkan pilih antara salah satu yang sesuai selera anda, apabila menggunaka kode pada No 1 yang berwarna merah ganti dengan judul blog anda. No 2 bisa lansung dipakai dan tempatkan pada template blog, di bawah kode <head> dan No 3. Masukkan keyword atau kata kunci blog anda yang diberikan warna dan ingat bukan kode verifikasi diatas yang anda pakai tetapi kode verifikasi yang sudah didapat tadi.

Kedelapan, setelah pada tahap ketujuh telah dilakukan kemudian masuk kemenu template, klik edit HTML dan jangan lupa untuk centang buckup template, selanjutnya simpan verifikasi diantara kode <head>….</head>, agar tidak membingungkan simpan kode verifikasi tepat dibawah kode <head>, lalu klik simpan template.

Kesembilan, setelah template disimpan kembali ke alexa.com dan masih pada tahap Claim Your Site, klik tombol verify my ID yang berada dibawahnya, tunggu poreses claim/klaim beberapa detik sampai selesai, jika berhasil maka akan muncul pesan “Your site is successfully claimed” artinya situs anda berhasil diklaim.

Kesepuluh, selesai. Selanjutnya…

Bagaimana cara memasang widged alexa rank di blog?

Setelah semua langkah diatas selesai sekarang saatnya anda menambahkan widget alexa rank pada blog, ahahaha…tunggu sebentar mahu bikin kopi dulu hehe….yahoo siapa yang mahu minum kopi Flores hehe KF jualan kopi ya? Bukan…cuma tawarin dan sekedar promosi kopi Flores saja siapa tahu ada yang berminat kebetulan dikasih gratis hhhhh…..Ok mari kita lanjut. Adapun tahap pemasangan widget alexa rank pada blog adalah sebagai berikut :

Pertama, klik menu Product dan untuk mempersingkat lansung buka klik disini

Kedua, silahkan pilih model atau bentuk widget alexa rank sesuai selera anda dan kemudian masukkan alamat URL blog anda pada kolom kotak dan klik tombol Build Widget.

Ketiga, pilih ukuran widget mulai dari : Button  (120 x 95), Vertical Banner  (120 x 240), Banner  (468 x 60) sesuai selera, dan copy kode button dan siap diletakkan pada halaman blog anda.

Keempat,  masuk ke menu tata letak dan selanjutnya pilih add gadget/Tambah Gadget > HTML/JavaScript klik tombol  Plus, lalu masukkan kode button yang telah di copy tadi > klik Simpan. Untuk tempat anda menyimpan widget dapat di letakkan pada bagian halaman sidebar atau footer halaman blog anda atupun dimana saja yang telah disiapkan sebelumnya.

Kelima, cukup sampai disini dulu dan selesai.

Selamat mencoba dan Semoga bermanfaat.
Salam.

@2012 Oleh Kraeng Francisco

Posted by : Kraeng Francisco | Tuturial Blog | Tips and Trik Komputer | Tips and Trik Internet | SEO

Artikel Cara Verifikasi Blog Di Alexa.Com Serta Cara Memasang Widged Alexa Rank Di Blog diposting oleh Kraeng Francisco pada December 5, 2012. Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar.. Jika diperlukan Artikel ini bisa disebarluaskan melalui blog sobat, dan atau mohon sebutkan sumbernya dengan tautan link aktif ke postingan ini atau letekkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Terima Kasih. Salam...


Artikel Terkait

21 comments:

  1. Wah keren sob, makasih buat ilmunya, sebagai blogger pemula bermanfaat sekali buat ane.

    Salam sukses selalu sob...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama sob, indahnya berbagi ilmu hehe...

      Salam sukses juga untuk sobat dan sehat selalu...

      Delete
  2. mantap sob....semakin baik alexa nya
    links in aq baru 146,sobat punya dah 181.
    oke lanjut sob.....salam sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sob dan sebaliknya sukses juga buat sobat.

      Delete
  3. kalau verifikasi saya sudah. tapi pasang widget yang belum saya pasang...hehehe
    berpengaruh gak mas kalau gak pasang widget alexa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi begini sekarang sobat tinggal menentukan. menurut saya memasang widget alexa setelah dilakukan verifikasi sangat penting, dimana sangat akan berpengaruh terhadap penilaian oleh visitor atau pengunjung blog sobat dengan melihat nilai rank yang diberikan oleh alexa pada blog yang sobat kelola, maka jika pengunjung melihat semakin kecilnya nila rank bahwasannya pengunjung akan menilai blog sobat bagus dimata mereka. lainnya halnya jika semua komputer memasang alexa toobar, otomatis tanpa sobat pasang widget alexapun mereka sudah bisa tahu dari alexa toolbar yang sudah terinstal pada browse yang mereka gunakan.

      Delete
  4. wah..link in nya byk banget brow. ngiri nih...hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe...asal Fokus aja sob pasti akan mendapatkan Link In sebanyak itu, walaupun saya bilang itu masih sedikit hhe

      Delete
  5. Wah, benar-benar bermanfaat buat semua. Nice sharing. Keep blogging bro! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama sob, terima kasih telah memberikan komentar untuk posting ini.

      Delete
  6. keren sob rank alexanya wih bikin ngiler aje hehehe oh ya sob follow back blog ane ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok sob, sudah saya folback blog sobat dan Terima kasih sudah berkenan folllow blog ini.

      Delete
    2. iya nih ngiler banget om link nya..

      Delete
  7. sama-sama silahkan diimplemantasikan pada blog yang sobat kelola..

    Sekian dan terima kasih...

    Salam

    ReplyDelete
  8. Thanx bgt sob, berkat jawabanya ane lebih tau tentang alexa

    ReplyDelete
  9. Makasih kang infonya...keep posting...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama dan sebaliknya. terima kasih juga atas komentar dan kunjungannya sob...

      Salam...

      Delete
  10. Tks artikelnya sangat membangun, salam blogger indonesia.

    ReplyDelete