December 1, 2012

Beberapa hari terakhir jarang update artikel berhubung KF banyak kesibukan, untuk itu pada perjumpaan kita kali ini KF akan menyampaikan Apa itu Alexa Rank. Banyak teman-teman yang belum tahu apa itu alexa rank jadi sangat tepat dengan artikel yang KF terbitkan ini mungkin dapat membantu para blogger sebagai salah satu panduan bagi pengguna website atau blogger Indonesia maupun didunia sehingga apa yang mereka cari dapat mereka ketahui melalui blog ini.


Berikut adalah tentang apa itu alexa rank? yang Kraeng Francisco kutip lansung Alexa.com.

The traffic rank is based on three months of aggregated historical traffic data from millions of Alexa Toolbar users and data obtained from other, diverse traffic data sources, and is a combined measure of page views and users (reach). As a first step, Alexa computes the reach and number of page views for all sites on the Web on a daily basis. The main Alexa traffic rank is based on a value derived from these two quantities averaged over time (so that the rank of a site reflects both the number of users who visit that site as well as the number of pages on the site viewed by those users). The three-month change is determined by comparing the site's current rank with its rank from three months ago. For example, on July 1, the three-month change would show the difference between the rank based on traffic during the first quarter of the year and the rank based on traffic during the second quarter.

Sampai disini mungkin ada yang bingung atau mungkin tidak tahu sama sekali menterjemahkan Apa itu alexa rank dalam bahasa inggris dan bagi mereka yang mengerti dilanjutkan saja, karena saya juga tidak mengerti sama sekali tentang bahasa inggris jadi walaupun demikian KF akan coba memberikan pengertian tentang apa itu alexa rank yang KF ketahui, mumpung KF lagi baik hati hehe….

Apa itu Alexa rank?
Alexa Rank adalah peringkat yang di buat oleh Alexa.com dan diberikan kepada website atau blog terhadap peringkat yang didapat dari data hitungan berdasarkan data lalu lintas atau jumlah trafik yang beragam. Maksudnya disini jumlah kunjungan dari hasil lalu lintas terhadap website atau blog tersebut dan jumlah trafik didasarkan pada pengguna alexa toolbar yang memasang pada browse di komputer bagi pengguna internet, singkatnya seperti itu. Saya berharap anda paham sampai disini hehe…

Bagaimana Alexa.com dapat mengetahu jumlah trafik dan atau jumlah tampilan halaman dari website atau blog itu sendiri?
Jumlah trafik dan jumlah tampilan halaman dari website atau blog dihitung dari jumlah halaman yang dibuka oleh pengunjung situs yang mengarah pada website atau blog tersebut. Dalam arti tampilan halaman dari pengguna adalah angka rata-rata jumlah halaman unik yang dilihat oleh pengguna internet setiap harinya oleh pengunjung situs didalam sebuah website atau blog, sehingga setelah semua jumlah rata-rata dihitung oleh alexa maka alexa akan memberikan rangking terhadap website atau blog. 

Dengan cara apa alexa.com menghitung jumlah trafik?
Alexa.com menghitung jumlah trafik seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya yaitu bagi pengguna website atau blog yang memasang toolbar di browse pada komputer sehingga segala sumber informasi bisa di ketahui dan dapat dihitung oleh alexa.com secara akurat.

Seberapa pentingkah alexa rank bagi pengguna website atau blog?
Penting tidak penting tergantung pemahaman oleh pengguna website atau blog itu sendiri, karena jika anda memiliki website atau blog sangatlah penting saya katakan hal ini karena semakin kecilnya angka atau rangking yang diberikan oleh alexa.com, maka sebuah situs dari website atau blog dapat dikatan populer. Selain itu juga alexa.com dikatakan sangat begitu penting oleh peneliti terdahulu, karena menurut mereka semakin populer sebuah situs website atau blog maka website atau blog anda bisa menghasilkan uang jika anda fokus melakukan bisnis secara online, dalam arti alexa rank sebagai salah satu tolak ukur bagi sebuah website atau blog.

Setelah berpikir-pikir dan sudah pasti anda bertanya bagaimana cara agar blog anda mendapatkan rangking dari alexa.com. Tentu anda harus mendaftarkan akun terlebih dahulu di Alexa, sehingga jika blog anda masih dikatakan baru dan belum sama sekali pernah mendaftar di alexa.com, maka sudah tidak salah lagi jika anda membaca artikel yang telah KF terbitkan, silahkan baca disini.

Dengan demikian semoga dari pembahasan singkat yang telah KF sampaikan diatas dapat bermanfaat bagi anda. Sekian dan Terima Kasih.

Salam.
@2012 Oleh Kraeng Francisco

Posted by : Kraeng Francisco | Tuturial Blog | Tips and Trik Komputer | Tips and Trik Internet | SEO

Artikel Pengertian Tentang Apa Itu Alexa Rank? diposting oleh Kraeng Francisco pada December 1, 2012. Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar.. Jika diperlukan Artikel ini bisa disebarluaskan melalui blog sobat, dan atau mohon sebutkan sumbernya dengan tautan link aktif ke postingan ini atau letekkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Terima Kasih. Salam...


Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment