January 28, 2013


Pertanyaan ini muncul dari hasil pemikiran saya selama ini bahwasannya setiap kali kita mencari kata kunci sesuai keperluan yang dibutuhkan, pada judul artikel yang sering masuk urutan 10 besar dalam SERP adalah judul artikel yang banyak komentar dengan isi posting yang menarik, tetapi itu tidak menentukan bahwa pada setiap judul artikel dengan jumlah banyak komentar selalu masuk urutan 10 besar dan ada salah satu penentu utama yang perlu kita cari tahu bersama. silahkan lanjut membaca…

Jadi begini setelah saya membaca dan yang saya ketahui bahwa, banyaknya jumlah kata dalam posting blog yang baik, jika saya yang tidak salah menulis harus melebihi diatas 500 kata dan minimal 500. Namun mungkin ada yang berpendapat angka 500 kata dalam sebuah artikel/konten tidak menjadi tolak ukur untuk meningkatkan kualitas blog yang kita miliki, agar mendapatkan ranking pada SERP.

Hal yang terpenting dan menjadi tolak ukur agar blog kita mampu bersaing dengan blog lain dalam posisi 10 besar adalah dengan banyaknya komentar pada blog. Lalu komentar apa saja yang bisa dijadikan sebuah tolak ukur untuk menentukan judul artikel masuk urutan 10 besar di mesin pencari  seperti google, yahoo dan bing? 

Jawab, komentar yang mampu membuat judul artikel masuk 10 besar dalam SERP adalah komentar hasil diskusi antara pemilik blog dengan visitor yang meninggal komentar berupa pertanyaan, jawaban yang panjang dan bermutu.

Mengapa tulisan pada artikel/konten yang panjang melebihi 500 kata kadang tidak selalu dinyatakan sebagai tolak ukur terhadap peringkat website / blog? jawab, tulisan yang panjang jika isi pembahasan yang kita sampaikan tidak berkualitas itu artinya sama saja kita membalik fakta dalam kata lain tidak ada kesusuaian antara judul artikel, kata pembukaan dan sampai pada penutup. Kenyatannya memang ada yang seperti itu, ini sering kali mungkin kita temukan ketika berkunjung kesetiap website setelah membaca pembahasan ternyata tidak sesuai.

Lalu apa saja yang perlu diiutamakan? yang perlu diutamakan adalah artikel/konten yang cukup namun isinya padat. Menurut saya sangat logis dan itu benar, tetapi kesimpulannya apakah mesin pencari terbesar seperti google, yahoo dan bing lebih mengutamakan artikel/konten yang cukup tetapi isinya padat dengan jumlah komentar yang banyak dari hasil diskusi sebagai penentu utama, sehingga judul artikel masuk urutan atau posisi 10 besar dalam SERP?

Jika demikian, silahkan memberi masukkan, pertanyaan, saran dan lain sebagainya agar kita dapat menemukan kunci jawaban tersebut.

Sekian dan Terima Kasih…
Salam.

Posted by : Kraeng Francisco | Tuturial Blog | Tips and Trik Komputer | Tips and Trik Internet | SEO

Artikel Apakah Banyaknya Komentar Berpengaruh Terhadap Peringkat Website / Blog diposting oleh Kraeng Francisco pada January 28, 2013. Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar.. Jika diperlukan Artikel ini bisa disebarluaskan melalui blog sobat, dan atau mohon sebutkan sumbernya dengan tautan link aktif ke postingan ini atau letekkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Terima Kasih. Salam...


Artikel Terkait

15 comments:

  1. saya pikir, konten yang berbobotlah yang diperhitungkan. entah bagaimana asalnya, tapi saya berpendapat demikian, soal komentar yang banyak, itu saya rasa tidak berpengaruh. Karena pada dasarnya tolak ukur dari search engine adalah Traffic. *Eh, berarti komentar yang banyak juga berpengaruh ding ... tetapi jika 1 komentar adalah 1 visitor . :)

    ReplyDelete
  2. biyuh.. berarti postinganku nggak ada yg bakal masuk urutan pertama di SERP google nih, lha wong komentarnya hampir semuanya OOT

    ReplyDelete
  3. menurut saya pribadi gan, konten berkualitas yang dapat memberi nilai yg baru dan postif (berguna) bagi visitor dan itu pengaruh bgt, namun benar kata Anda kata yg banyak tidak menjamin berkualitas.
    komentar yg banyak paling tidak menujukkan site/blog itu populer, traffik, itu pun hrs disortir jg krn banyak yg hanya berkomentar untuk cari backlink aja (tidak benar2 care sama artikel)
    apalgi artikel yg diposisi 10 besar
    tapi semua berawal dari konten
    thanks
    salam dari
    problogiz

    ReplyDelete
  4. Terkadang juga kata kunci yang muncul di serp berupa kalimat yang terdapat pada diskusi di komentar

    ReplyDelete
  5. makasih mas infonya sangat membantu banget :D

    ReplyDelete
  6. Saya sepakat dengan sobat soal komentar yang banyak dan bersifat interaktif... karena sy juga buktikan sendiri... dan kalau tidak salah, artikel populer juga ditentukan salah satunya melalui banyak sedikitnya komentar yang diberikan ...

    Nice post sobat ...

    ReplyDelete
  7. Konten yang berkualiatas adalah Raja...yaa jika konten yang kita buat berkualitas, dalam hal ini bukan copy paste dan isinya berbobot di mata search engine maka postingan kita kemungkinan besar bisa duduk manis di halaman pertama google, seperti halnya judul postingan saya "rahasia search engine" teman teman bisa ketikkan keyword "rahasia search engine" dimesin pencarian google, Insya Allah kalau Artikel saya tidak tergeser akan berada pada halaman pertama urutan ke 3.
    Akan lebih bagus lagi jika komentar yang masuk berbobot juga, dalam hal ini tentunya bukan komentar SPAM...itu menurut saya pribadi,,kalau menururt teman teman yang lain bagaimana ?

    ReplyDelete
  8. mlm mas. wah postingannya sangat mantap mas,. klu menurut kami kmtr trlalu banyk jga membuat berat karna terlalu banyak Linik,si Comtar.
    Postiungan Terlalu banyak kyk aq yng bikin postingan panjang jga mmbuat berat juga. intinya di manah kita haris bikin judul postingan itu yang sering di cari sama orang banyak pasti mlh jdi urutan 5 atau 1. kalu kita bikin judul postingan yang tidak bisa di cari oleh si pencari artikel itu dah pasti urutan ke,100 heheheh. jadi menurut kami tergantung judul postingan kita harus yang mudah di artikelkan oleh oranglain jangan sma yng sering berkunjung di blog kita. kalu yng sering berkunjung di blog kita walu di kasih judul postingan apapun dia berkunjung kalu pngunjung lain kan cari nya yng di butuhkan hahahaha. jadi jurnalis,ni kami maaf sob comen panjang xixixix.

    ReplyDelete
  9. kalo soal itu sih saya gtw sob ... hehehe maklum blogger newbie

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sob, saya juga masih niwbie. terima kasih telah meninggalkan komentarnya, mari kita belajar cari tahu bersama sob dari judul yang saya terbitkan ini.

      Sekian dan terima kasih.

      Delete
  10. sebenarnya semua itu terserah kepada Mbah Google saja..karena standar mbah Google selalu berubah-ubah sich....
    btw-ada yang saya mau tanya kepada admin, kenapa tulisan postingan ini ada yang berbunyi demikian "diskusi antara pemilik blog dengan visitor yang meninggal"...
    tentunya ini hanyalah salah tulis belaka, karena ngeri juga membayangkan saat diskusi dengan visitor yang meninggal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, benar jika demikian, karena saya juga berpendapat sama seperti yang mas Hariyanto katakan "standar Google selalu berubah-ubah", itu sudah pasti.

      jadi begini mas, menanggapai pertanyaan tersebut, selama ini saya sering menemukan ketika mencari kata kunci yang ditargetkan dan dari hasil pencarian pada posisi 10 besar dalam SERP, selalu munculnya pada sebuah hasil diskusi diberbagai forum tanya jawab. saya ambil 1 contoh misalkan pada forum diskusi disitus-situs besar seperti http://answers.yahoo.com, begitupun saya sering menemukan di berbagai website yang menyediakan tempat atau diskusi tanya jawab.

      sehingga saya berpikir bahwa dari sebuah hasil diskusi antara admin dan visitor yang meninggal komentar dimata mesin pencari seperti google dan yang lain mungkin dapat diberikan nilai plus baik itu diskusi yang kita anggap biasa saja maupun diskusi penting untuk mendapatkan hasil yang pasti.
      tidak lupa saya ucapakan terima kasih pertanyaan dan masukkan yang ditinggalkan, karena di sini saya berharap dari semua agar kita bisa mendapatkan jawaban yang pasti dan mohon kerja sama.

      Salam…

      Delete
  11. .: menurut ane konten penting, cuman judul harus unik...^_^

    ReplyDelete
  12. berkunjung malam mas,. di minum dulu kopinya biar tambah semangat hehehe.

    ReplyDelete
  13. Komentar yg banyak pada artikel namun tak satupun yg relevan dengan topik pembahasan justru akan lebih memperburuk kualitas artikel tsb sob. Tapi ketika komentar2 yg sdh masuk dan relevan dengan topik pembahasan, saya kira akan lebih memperkaya kualitas postingan tsb. Itulah yg saya pahami sob....

    ReplyDelete