January 25, 2013


Apabila suadara memiliki windows 8 lalu masih bingung cara mengistalnya, disini saya akan sedikit memberikan anda gambaran secara umum dalam uraian yang akan disampaikan nanti. Kebetulan tepat tanggal 21 januari 2013 yang lalu, seperti biasanya saya selalu update artikel, tetapi beberapa hari terakhir sibuk cari DVD / disk Instalasi windows 8 dan akhirnya menemukan dari salah satu sahabat baik saya.

Setelah dipinjamkan, karena begitu rasa penasaran terhadap versi windows terbaru yaitu windows 8 yang selama ini memang saya butuhkan dan untuk mengetahui prosedur cara penginstalan, ternyata tidak jauh berbeda dari versi windows sebelumnya yaitu windows 7. Namun mungkin diantara sebagian pengguna windows ada yang masih dalam proses tahap belajar mencoba install sendiri, maka anda bisa mengikuti pada pembahasan ini.

Cara instal windows 8 pada hasil uji coba, saya menggunakan windows 8 Release Priview, jika anda memiliki DVD / disk windows 8 asli caranyapun masih tetap sama. Tetapi apabila anda masih memiliki versi developer preview, consumer preview dan windows 8 Release Priview, saya sarankan sebaiknya menggunakan DVD / disk windows 8 yang asli dan mungkin bisa membeli di tempat yang terdekat di kota anda. Dalam hal ini untuk menjaga kemanan komputer anda dan bisa dipergunakan sampai kapanpun setiap kali membutuhkan untuk menginstal kembali tanpa perlu aktivasi menggunakan crack, karena sudah dinyatakan resmi.

Sebelum memulainya? apakah saudara sudah siap menginstal sendiri? jika ya silahkan lansung ikuti uraian dibawah ini, namun apabila masih ragu sebaiknya cari pendamping atau teman yang bisa agar anda dapat dituntun dengan benar. Walaupun demikian jangan panik, karena saya sudah memberikan petunjuk yang jelas. Perlu diketahui saya tidak sediakan dengan gambar, karena kamera memang tidak punya sendiri hehehe. Jadi malu, ok lansung saja.

1. Kemampuan komputer anda harus memenuhi kriteria berikut :
Hardware Requirement :
Processor : 1 GHz
Memory “RAM” : 1 GB
GRAPHICS CARD DIRECTX 9 GRAPHICS DEVICE WITH WDDM 1.0 OR HIGHER DRIVER
STORAGE 16 GB.

2. Catat serial number terlebih dulu biasanya sudah terdapat didalam disk. Pada windows 8 yang saya gunakan serial numbernya seperti ini : serial number windows 8 TK8TP-9JN6P-7X7WW-RFFTV-B7QPF.

3. Anda harus memiliki DVD Rom untuk bootable.

4. Mengatur bios, agar booting melalui DVD Rom. Karena saya memberikan tutorial khusus bagi pemula. Maka saya sarankan sekali lagi untuk bertanya ke teman yang bisa dalam hal ini, bagaimana cara mengatur bios agar booting melalui CD/DVD Rom.

5. Masukkan DVD / disk windows 8 kedalam DVD Rom, masih dalam menu bios tekan F10 lalu akan muncul pilihan NO dan YES, pilih YES. Setelah komputer restart tunggu sampai muncul perintah booting lalu tekan ENTER pada keyboard.

6. Tunggu beberapa detik setelah muncul jendela instalasi, maka anda akan melihat beberapa pilihan seperti dibawah ini:
• Language to install : pilih English.
• Time and currency format : pilih Indonesia.
• Keyboard or input method : pilih US.

7. Kemudian klik next atau melanjutkan.

8. Selanjutnya klik (Install Now) dan setelah itu muncul permintaan product key, memasukkan serial number. Ketik serial number yang telah di catat sebelumnya dan klik next.

9. Pada tahap License Terms, beri tanda centang I Accepts The License Terms. Kemudian klik next.

10. Berikutnya lagi pada jendela Mode Instalasi, pilih Custom : Install Windows Only dan akan muncul jendela konfirmasi lokasi penginstalan.

11. Pada tahap ini harap berhati-hati, dimana dalam jendela konfirmasi lokasi penginstalan apabila hardiks telah dipartisi sebelumnya menjadi misalkan 1, 2 atau 3 partisi. Perhatikan untuk sistem yang terdapat paling atas dan tertulis seperti ini: (Partition 1). 2, 3 dan setrusnya itu merupakan tempat penyimpanan data misalnya pada komputer anda partisi 2 diberi nama DATA dan yang ke 3 MULTIMDIA, sampai disini pahamkan? dan atau sebaiknya coba berpikir misalnya partisi 1 atau tempat untuk sistem berkapasitas 100 GB, 2 dan setrusnya sudah jelas berbeda, karena tidak semua partisi kapasitasnya sama.

12. Jika sudah yakin klik next.

13. Setelah klik next, proses instal akan berjalan. Tunggu sekitar 20 menit tergantung baik dan atau buruknya hardware komputer anda. Biasanya apabila hardware komputer anda diatas kriteria pada point pertama saya pikir tidak harus menunggu lama, paling kurang 15 menit selesai dan komputer akan restart.

14. Kemudian selesai restart pada saat diminta booting melalui DVD, harap jangan menekan tombol ENTER, itu sama saja anda melakukan penginstalan dari awal. Tunggu sampai muncul jendela untuk memilih warna pada dekstop dan pilih warna yang diinginkan, lalu klik next.

15. Setelah klik next, pilih Use Express Setting dan ketik nama USER atau nama anda.

16. Berikutnya tunggu dan akan muncul jendela Start.

17. Jika sudah selesai sampai ke Desktop saya ucapkan selamat anda berhasil.

NB :

Pertama, dalam uraian yang saya sampaikan diatas adalah benar tetapi perlu dikoreksi kembali apabila saat anda menginstal ada yang tidak sesuai.

Kedua, jika terjadi kesalahan saat menginstal saya tidak bertanggung jawab atas semua kerugian, sehingga pada pembahasan diatas, selalu saya sarankan untuk didampingi oleh teman anda yang bisa dalam hal ini.

Ketiga, untuk sementara hard drive telah saya format kembali dan diganti dengan windows XP, jadi jika anda bertanya bagaimana cara setting untuk segala keperluan belum bisa saya jawab. Karena disini saya hanya mencoba dan bagaimana cara menginstal windows 8 yang benar. Namun tetap diusahakan nanti untuk perbarui informasi terbaru apabila telah saya lakukan uji coba.

Demikian saya pikir cukup sampai disini dulu, semoga Cara Intall Windows 8 pada artikel ini dapat bermanfaat bagi semua pengguna windows yang membutuhkannya.

Sekian dan Terima Kasih.
Salam...

Posted by : Kraeng Francisco | Tuturial Blog | Tips and Trik Komputer | Tips and Trik Internet | SEO

Artikel Cara Install Windows 8 diposting oleh Kraeng Francisco pada January 25, 2013. Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar.. Jika diperlukan Artikel ini bisa disebarluaskan melalui blog sobat, dan atau mohon sebutkan sumbernya dengan tautan link aktif ke postingan ini atau letekkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Terima Kasih. Salam...


Artikel Terkait

18 comments:

  1. mantab sob sharenya, sayang ak pke w7. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia, sob terima kasih telah berkunjung dan memberikan komentarnya. Salam...

      Delete
  2. siplah...tutorial yang sederhana buat yang pingin mengenal W8 lebih jauh...dan sangat mudah dipahami :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tentu sobat....semoga bagi mereka yang ingin menggunakan windows 8 tuturial ini dapat dijadikan referensi yang bisa dimengerti oleh pembaca, apabila ada yang membutuhkan.

      Delete
  3. Pertamax gan, Penasaran nih ama Win 8, katanya sih lebih enteng dari 7 yah gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia sob lebih enteng setelah saya mencobanya....semua program yang berjalan didalamnyapun menarik sob untuk dicoba.

      Delete
  4. terimakasih mas tutorialnya. saya juga perna install win8 di compi saya. tapi saya balikin lagi ke win7 dan xp..hehehe

    saya masih nunggu win8 yang asli belum dapet..hehehe

    Oke mas, salam sukses aja ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ternyata sudah pernah menginstalnya. saya juga masih menggunakan windows XP dan sekarang windows 8 sudah saya instal kembali pada komputer lain sebagai percobaan.

      Delete
  5. met mlm mas wah trmksih banyak mas ilmunya. kpn2 kami coba mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat pagi, ok sob apabila dibutuhkan silahkan dibungkus artikel ini. salam....

      Delete
  6. saya mau tanya ni kalau notebook bisa gak di kasih windows 8, kalau bisa caranya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa sobat....apabila yang sobat maksudkan cara instal windows 8, silahkan ikuti cara diatas...

      Delete
  7. ternyata tidak sulit ya, makasih..

    ReplyDelete
  8. nice tutorial gan
    sangat berguna utk aku yg newbie ini
    thx y

    ReplyDelete
  9. mudah--mudahan aja bisa . ......

    ReplyDelete