January 27, 2013


Beberapa waktu yang lalu pada pembahasan terdahulu sudah saya jelaskan secara detail, namun ada sebagian pengunjung yang masih bingung setelah diberikan kemudahan, tetapi tidak menjadi soal, karena masih ada cara lain Membuat Password Di Microsoft Office Word 2007. Trik yang saya berikan kali ini lebih singkat dibandingkan cara sebelum, oleh karena itu apabila saudara ingin membaca cara yang saya uraikan pada artikel beberapa waktu yang lalu, silahkan klik disini.

Tujuan kita membuat password di sebuah file, sudah pasti anda mengetahuinya yaitu untuk menjaga keamanan data yang tersimpan pada sebuah hard drive baik itu file word seperti pada pembahasan dari judul yang saya sampaikan, maupun dapat pula diterapkan pada file Microsoft office excel dan power point.

Sebelum kita menerapkan trik tersebut, selanjutnya akan saya sampikan juga mengembalikan file document yang telah di protect atau diberi password. Hal ini sekaligus untuk menanggapi pertanyaan pada artikel terdahulu, dimana sudah jelas bahwasannya jika file sudah diberi password dan suatu ketika akan dihilangkan password tersebut anda bisa mengikuti pada uraian yang akan saya sampaikan nanti.

Untuk keperluan Cara Membuat Password Di Microsoft Office Word 2007, silahkan selesaikan langkah-langkah dibawah ini secara berurutan :

1. Perhatikan gambar berikut :


2. Dari contoh gambar diatas yang perlu anda lakukan :
- Klik tombol File Logo MS. Office ( 1 ).
- Arahkan kursor atau mouse pada Prepare ( 2 ).
- Klik Encrypt Ducument ( 3 ).

3. Setelah mengklik Encrypt Ducument, akan muncul jendela window baru dan pada kotak Encrypt Ducument, ketik password anda > lalu klik tombol OK.

4. Selanjunya masukkan sekali lagi password yang telah diketik sebelumnya untuk Confirm Password pada kotak Reenter password > klik OK. Silahkan lihat....

Gambar dari :


5. Selesai, untuk melihat hasilnya simpan terlebih dulu file hasil ketikan anda lalu buka kembali, maka akan muncul permaintaan password seperti pada contoh gambar yang pertama diatas.

Langkah-langkah pembuatan password sudah anda terapkan, kemudian untuk mengembalikan kesemula atau menghilangkan password tersebut, caranya masih tetap sama dan yang perlu dilakukan adalah :

1. Klik menu File Logo Ms. Office > Prepare > Encrypt Ducument. Setelah itu akan muncul gambar seperti dibawah ini.


2. Hapus password pada kotak Encrypt Ducument > Password dan Klik tombol OK.

3. Selesai dan jangan lupa klik tombol Save atau Ctrl+S.

Itulah beberapa trik yang saya ketahui dan untuk menambahkan password pada file Microsoft Excel dan Power Point langkah-langkahnyapun tidak berbeda, artinya sama. Oleh karena itu, silahkan bereksperimen sendiri.

Selamat mencoba.
Salam…

Posted by : Kraeng Francisco | Tuturial Blog | Tips and Trik Komputer | Tips and Trik Internet | SEO

Artikel Update Cara Membuat Password Di Microsoft Office Word 2007 diposting oleh Kraeng Francisco pada January 27, 2013. Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar.. Jika diperlukan Artikel ini bisa disebarluaskan melalui blog sobat, dan atau mohon sebutkan sumbernya dengan tautan link aktif ke postingan ini atau letekkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Terima Kasih. Salam...


Artikel Terkait

16 comments:

  1. pagi sobat Kraeng Fransisco,,,saya pakai Microsoft Office 2010 sob, apa caranya sama ? kalau beda minta uraiannya yaa sob...plus satu lagi buat postingannya sob...mantabbbb

    ReplyDelete
    Replies
    1. pagi juga sob. caranya masih tetap sama sob dengan office 2010, namun untuk office 2013 saya belum mencoba dan semoga saja sama.

      Delete
  2. Kang ... maf nih saya nanya diluar theme diatas .. kalau saya kan pakai Microsoft 2010, tapi kok gak bisa dibuka yah ? Apa mungkin microsoft saya tidak full version ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya sudah jelas, dan yang saya tahu setiap program yang bukan original masa aktifnya paling kurang 15 sampai dengan 30 hari, selebihnya tidak bisa digunakan lagi apabila telah melebihi tenggang waktu dan atau batas pemakaian. Namun masih bisa kita aktifkan dengan serial number atau crack yang cocok.

      Kemudian ada beberapa hal yang yang ingin saya tanyakan kembali, apakah program MS.office 2010 tidak bisa dibuka lagi atau berjalan pada PC dan Laptop yang sobat gunakan? dan atau file word yang tidak bisa dibuka menggunakan MS office word 2010?

      sehingga jika sudah jelas saya siap membantu.

      Terima Kasih.

      Delete
  3. ada juga Office 2013 sob /?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sedikit kurang paham pertanyaan Sobat, mungkin bisa diperjelas. jika yang sobat maksudkan apakah program office 2013 sudah ada? saya menjawab ya ada, banyak yang telah menyediakan secara gratis untuk kita download.

      Delete
  4. wah mantap mas, kebetulan sama kayak di sekolah saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus sekali jika seperti itu. Ternyata sekarang di tingkat SD, SMP dan SMA sudah ada pelajaran tentang komputer dan membuat Password seperti pada artikel ini. di Jaman saya dulu belum ada sob. maklum mungkin pada waktu itu, kurangnya guru komputer. dan semua yang saya terbitkan disini saya belajar mandiri. Pendidikan terakhir saya SMA, bergaul dengan dunia komputer sudah sangat lama, sehingga saya sedikit paham tentang komputer.

      Delete
  5. kunjungan pgim mas dpt ilmu lgi,ni trmksih'y mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama, semoga artikel yang saya terbitkan disini dapat bermanfaat bagi semua pengunjung dan terima kasih kembali untuk kunjungan sobat.

      Delete
  6. saya pernah memasang password di MSOffice, tapi kelupaan passwordnya, jadi sekarang tak pernah lagi pasang password...takut lupa lagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga pernah mengalami hal yang sama, namun dari kejadian yang pernah terjadi. setiap kali saya membuat password hanya menggunakan sandi yang mudah diingat dan cuma 1 sandi saja. memang repot kalau kita sendiri lupa, sementara file word yang dibuat password merupakan file penting.

      Ok terima kasih sharingnya mas dan hal ini mungkin bisa mengingatkan kita semua atas kejadian yang pernah terjadi.

      Salam...

      Delete
  7. Patut dicoba nih trik dari Sobat Karaeng, apalagi kalau data/file yang dianggap penting dan sangat rahasia!

    Sekalian cara membobolnya di share donk sob Hehehe, kidding sob :)

    Salam Tokotua Forex

    ReplyDelete
  8. cemerlang sekali infonya, boleh saya coba tipsnya

    ReplyDelete
  9. Saya pernah posting artikel seperti ini dulu pada blog Share With Agung Talaga tapi sekalian saya gabung dengan microsoft excelnya dengan topik Cara Mengamankan File Word Dan File Excel. Mengamankan data memang haru kita lakukan untuk mengantisipasi adanya tindakan dari teman atau orang yang ingin mengambil data2 pribadi tanpa sepengetahuan pemiliknya. Kalau dikasih password kan pasti dokumennya nda bisa dibuka. Iya kan sob...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap betul sekli sob...jika demikian berarti postingan sobat lebih lengkap dibandingkan posting ini heheh....tetapi untuk mengamankan data excel jarang ya sob dan kebanyakan yang kita ketahui pada office word. oh,ia mungkin dari artikel diatas tidak perlu lagi saya jelaskan pada excel karena sudah ada di postingan terdahulu, namun tidak diuraikan secara rinci.

      Delete